Link Registrasi dan Cara Pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru ANBK Tahun 2023

 Aleepenaku.com - Link Registrasi dan Cara Pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru ANBK Tahun 2023. Apakah bapak ibu guru semua sudah memahami Link Registrasi dan Cara Pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru ANBK Tahun 2023? Nah, mohon secara saksama informasi ini disimak agar dapat dengan mudah melaksanakan kegiatan Sulingjar 2023. Dapatkan pula Link Registrasi dan Cara Pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru ANBK Tahun 2023 di bawah ini.




Kepada para guru dan kepala sekolah di satuan pendidikan, bahwa pada kesempatan ini admin menginformasikan Link Registrasi dan Cara Pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru ANBK Tahun 2023. Terutam bagi kepala sekolah dan guru.

Ketahui tentang Survei Lingkungan Belajar

Survei Lingkungan Belajar atau lebih dikenal dengan sebutan Sulingjar merupakan instrumen yang berupa survey bagi kepala sekolah dan guru. Hal penting yang akan diperoleh adalah untuk mengetahui secara komprehensif profil sekolah atau profil satuan pendidikan. Apakah dengan demikian, setiap pihak lain akan mencampuri urusan satuan pendidikan tertentu? Tidak, profil pendidikan satuan pendidikan atau sekolah akan menjadi bahan evaluasi internal sekolah agar lebih baik lagi.

Sulingjar ini juga memotret profil sekolah dimulai dari input - proses - lalu output. Mengapa guru dan Kepala  Satuan Pendidikan (KS) penting untuk melakukan pengisian Sulingjar ini? Sebab, Kepala Sekolah dan Guru pada satuan pendidikan adalah pelaksana langsung proses pendidikan di sekolah. Sehingga, apa yang diisikan dalam survey lingkungan belajar ini merupakan kondisi nyata yang terjadi dan dialami oleh petugas terdepan pendidikan di sekolah. Maka, pengisian Sulingjar tahun 2023 ini harus jujur untuk mengetahui profil sekolah yang riil.

Sumber Gambar SS: https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login

Ketahui juga Tujuan Survei Lingkungan Belajar

Jika Sulingjar ini diisi oleh KS dan guru, lalu apakah tujuan dari Survei Lingkungan Belajar ini? Tujuan utama Sulingjar adalah untuk memotret berbagai aspek atau dimensi yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas, luar kelas dan atau di tingkat satuan pendidikan. Melalui survey lingkungan belajar tersebut akan diperoleh data hasil asesmen nasional secara komprehensif dan memberikan profil satuan pendidikan mulai dari input-proses-output secara nyata.

Setiap responden yang terdiri dari kepala sekolah dan ibu bapak guru diharapkan dapat menjawab dengan jujur sesuai dengan lingkungan belajar yang nyata. Gambaran jawaban hasilsurvey lingkungan belajar ini akan mencerminkan kondisi satuan pendidikan atau sekolah yang sebenarnya. Hasil rekam data asesmen ini juga menjadi informasi reflektif bagi KS, Guru dan Sekolah.

Sekali lagi, ketika KS dan guru akan melakukan pengisian Sulingjar ini diharapkan karakter; kejujuran, keaktifan, serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar. Sulingjar bukan mengukur lulus atau tidaknya murid. Bukan pula mengukur guru kompeten atau tidak. Namun, isian Sulingjar akan menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh sekolah tersebut.

Catat Prosedur Pengisian Survey Lingkungan Belajar/ Sulingjar

Sebagaimana yang dirilis dalam laman resmi Sulingjar: https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login dijelaskan tentang  mekasnisme dan prosedur Survey Lingkungan Belajar / Sulingjar adalah sebagai berikut.

  1. Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) wajib diisi oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah) dan Guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis
  2. Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah) dan Guru dapat login menggunakan data yang tercetak pada kartu Login Sulingjar
  3. Kartu login didapatkan dari proktor/ operator pada satuan pendidikan/ sekolah masing-masing yang ditunjuk untuk mengakses dan mencetak kartu login pada halaman dashboard Sulingjar.
  4. Halaman dashboard Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) dapat diakses proktor/operator satuan pendidikan di https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/
  5. Waktu pengisian akan aktif sesuai jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) di setiap jenjang pendidikan.
  6. Jika KS atau Guru bertugas di lebih dari satu sekolah/ satuan pendidikan, pastikan untuk mengisi survei lingkungan belajar untuk setiap tempat penugasan
  7. Kendala selama proses pengisian dapat disampaikan ke tim helpdesk Asesmen Nasional (AN) melalui proktor/operator satuan pendidikan/ sekolah.

Kata Kunci Penting ANBK

Juga banyak ditanyakan tentang informasi:

jadwal anbk 2023

pos anbk 2023

login anbk 2023

pos anbk 2023 pdf

kapan pelaksanaan anbk 2023

pelaksanaan anbk 2023

download vhd anbk 2023

simulasi anbk 2023

jadwal anbk 2023 sd

download pos anbk 2023

pengisian suling jar

jadwal sungkar

cara mengisi sulingjar 2023

cara cek suling jar

cara mengisi suling jar

apa itu sulingjar paud

sulingjar adalah

sulingjar anbk

suling jar artinya

sulingjar admin

apa sulingjar

alamat suling jar

sulingjar paud adalah

unduh akun suling jar

aplikasi suling jar

anbk sulingjar

suling jar adalah

suling kejar paket b

cek suling jar

cetak saring jar


Asesmen Nasional

Dalam Prosedur Operasi Standar Asesmen Nasional, (POS AN) dijelaskan 3 instrumen:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM):
  2. Survei Karakter (SK)
  3. Survei Lingkungan Belajar (SLB) 

 

Siapkan Data Pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar)

Data person yang perlu disiapkan: 

  1. NPSN
  2. Token
  3. NIK (sesuai pengisian data DAPODIK/EMIS)
  4. Tanggal Lahir, Tanggal, Bulan

LINK Pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru 

Bagi Kepala Sekolah dan Guru dapat mengisi Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru, KLIK Login di Bawah ini.

 

Sumber Gambar SS: https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login

 

Informasi rekomendasi lainnya, sebagai berikut:

Unduh Admnistrasi ANBK Lengkap






Demikian Informasi penting tentang Link Registrasi dan Cara Pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru ANBK Tahun 2023. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Link Registrasi dan Cara Pengisian Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi Kepala Sekolah dan Guru ANBK Tahun 2023"