Kisi-Kisi Penilaian Seleksi Wawancara Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10 Tahun 2023

Aleepenaku.com-Kisi-Kisi Penilaian Seleksi Wawancara Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10 Tahun 2023. Apakah para sahabat sudah melakukan Pendaftaran CGP Angkatan 10? Jika belum, segeralah mendaftar. Ikutilah alurnya dengan saksama. Jangan sampai ada yang tertinggal informasi.



Nah, sebagaimana dijelaskan pada tulisan sebelumnya, bahwa pada PGP ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan. Dimulai dari seleksi administrasi, Esai, Simulasi mengajar dan Wawancara. Menurut pengalaman, bagi sahabat yang sudah lolos di seleksi tahap 1, belum tentu lolos di seleksi  tahap 2. Oleh karena itu, pada seleksi tahap 2 berupa wawancara haruslah benar-benar disiapkan dengan baik.

Tata Cara Pelaksanaan Seleksi Wawancara

Sebelumnya telah dijelaskan tentang TIP Lolos Seleksi Wawancara CGP dan Cara Menjawab Essai yang Tepat. Kali ini disajikan Tata Cara Pelaksanaan Seleksi Wawancara pada PGP 10 ini dapat dibaca pada lampiran surat Ditjen GTK, lampiran tentang Tata Cara Pelaksanaan Seleksi Tahap 2 Simulasi Mengajar & Wawancara Calon Guru Penggerak.

Pada poinnya, untuk seleksi wawancara, dilaksanakan dengan tata cara sebagai berikut.

  • Peserta calon guru penggerak (CGP) angkatan 10 ini akan mengikuti seleksi wawancara sesuai jadwal wawancara yang diberikan.
  • Peserta calon guru penggerak (CGP) angkatan 10 ini akan menggunakan komputer atau perangkat elektronik yang mampu menangkap suara dan gambar peserta dengan baik.
  • Wawancara terhadap calon guru penggerak (CGP) angkatan 10 ini akan berlangsung sekitar 60 menit, dimana kandidat akan diwawancara oleh 2 orang tim asesor pada saat yang bersamaan.
  • Selama aktivitas wawancara, peserta calon guru penggerak (CGP) angkatan 10 ini diharapkan untuk memberikan jawaban berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki.

Jawaban yang Diharapkan dalam Wawancara

Sebagaimana yang dijelaskan dalam Lampiran 4 Surat Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan Nomor : 1770/B3/GT.00.08/2023 Tanggal : 19 Juni 2023, maka berikut adalah contoh jawaban yang diharapkan saat wawancara:

“Saya mengalami beberapa hambatan saat menjalankan program pola hidup sehat untuk anak murid. Pihak sekolah, orangtua murid, pihak kantin, tidak mendukung implementasi program ini karena beberapa kendala di masing-masing pihak. Selama dua tahun saya melakukan berbagai cara untuk merangkul masing-masing pihak, misalnya dengan memberikan pemahaman mengapa program ini perlu diterapkan, bagaimana cara menerapkannya, apa yang bisa didukung dari masing-masing pihak untuk keberhasilan program ini. Bagaimana mengatasi kekhawatiran yang ditakutkan masing-masing pihak, dan sebagainya. Hasilnya di akhir tahun kedua dan memasuki tahun ketiga ini masing-masing pihak menunjukkan dukungannya terhadap program saya.”


Kisi-Kisi Penilaian Seleksi Wawancara Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10 Tahun 2023

Kisi-Kisi Penilaian Seleksi Wawancara Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10 Tahun 2023 yaitu diharapkan CGP 10 memahami dan menguasai Kompetensi Seleksi Wawancara, sebagai berikut.

Pengambilan Keputusan: Yaitu sebagai pengajar atau seorang guru harus mampu mengidentifikasi dan memahami masalah serta peluang dalam berkarya. Diharapakn  guru menunjukkan cara mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi kuantitatif dan kualitatif; memilih tindakan terbaik dengan menetapkan kriteria keputusan yang jelas.

Inisiatif untuk Mengambil Tindakan. Artinya mampu bertindak segera untuk mencapai tujuan; melakukan tindakan untuk meraih sasaran yang melampaui persyaratan minimum; bersikap proaktif dan mandiri.

Membangun Hubungan yang Positif. Yaitu mengembangkan dan menggunakan hubungan secara kolaboratif untuk memfasilitasi pencapaian tujuan kerja sebagai pengajar.

Coaching. Guru mampu melibatkan diri dan berkomitmen dalam proses mengembangkan perilaku, keterampilan, atau pengetahuan spesifik yang dibutuhkan coachee.

Pembelajaran Berkelanjutan. CGP sadar akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki sebagai pengajar; aktif menemukan cara-cara efektif.

Daya Juang/ Resiliensi, yaitu mampu terus berupaya, fokus, dan positif saat mencapai tujuan yang ingin dicapai, serta bangkit kembali saat menghadapi kegagalan mencapai tujuan.

Kematangan Beretika.  CGP menunjukkan kematangan emosi dalam berkarya. Terbuka dan jujur berperilaku dengan kebijaksanaan serta kasih sayang, selaras antara perkataan dengan tindakan dan sesuai dengan petunjuk moral, spiritual, nilai, etika profesi, dan kebijakan yang ada.

Tujuan/ Misi. Menjalani panggilan hidup sebagai pengajar yang memberi dampak positif secara luas.\

Sumber informasi: 

https://penggerak-simpkb.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/portal-gurupenggerak/1770__Rekrutmen-Calon-Guru-Penggerak-A10.pdf


Demikian informasi tentang Kisi-Kisi Penilaian Seleksi Wawancara Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10 Tahun 2023. Salam guru penggerak.

Post a Comment for "Kisi-Kisi Penilaian Seleksi Wawancara Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10 Tahun 2023"