Format Menarik Asesmen Awal Pembelajaran (Asesmen Diagnostik) Non Kognitif Jenjang SD Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023-2024

Aleepenaku.com. Format Menarik Asesmen Awal Pembelajaran (Asesmen Diagnostik) Non Kognitif Tahun Ajaran 2023-2024. Format Menarik Asesmen Awal Pembelajaran (Asesmen Diagnostik) Non Kognitif Tahun Ajaran 2023-2024 sebagai contoh bagi sahabat semuanya yang akan menyusun asesmen diagnostik nonkognitif dengan cara yang menarik.

Para guru hebat juga sudah memahami tentang fungsi dari asesmen diagnostik, termasuk asesmen diagnostik non kognitif. Asesmen bukan berart menghakimi siswa dengan cara mengetahui kelemahannya. Asesmen sebagai instrumen bagi guru sebagai upaya mengidentifikasi tingkat kesulitan belajar siswa. 

Dengan demikian, guru dapat mengetahui tingkat kompetensi atau kemampuan serta kebutuhan belajar siswa. Selanjutnya, guru akan menyiapkan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Siswa menjadi nyaman dan terpenuhi kebutuhannya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. 

Asesmen diagnostik atau asesmen awal pembelajaran dapat membantu guru dalam mengembangkan rancangan kegiatan pembelajaran atau rancangan modul ajar yang lebih efektif dan efisien. 



Asesmen Diagnostik dan Non Diagnostik 

Asesmen diagnostik atau asesmen awal pembelajaran dibagi menjadi dua:

Asesmen diagnostik kognitif dan 

Asesmen diagnostik non-kognitif. 


Asesmen Diagnostik Non-Kognitif

Asesmen diagnostik non-kognitif merupakan asesmen yang digunakan untuk mengetahui kondisi psikologi, emosi, dan sosial siswa. Asesmen diagnostik nonkognitif ini dilakukan oleh guru terhadap muridnya dengan sebenarnya. Artinya, data yang diperoleh menggambarkan kondisi siswa seadanya.

Tujuan Asesmen Diagnostik Non-Kognitif

• memahami tingkat kesejahteraan emosi, psikologi, dan sosial siswa

• mengetahui aktivitas siswa ketika belajar di rumah

• memahami kondisi keluarga siswa

•memahami latar belakang pergaulan siswa

• mengidentifikasi karakter, minat, serta gaya belajar siswa


UNDUH Format Menarik Asesmen Awal Pembelajaran (Asesmen Diagnostik) Non Kognitif Tahun Ajaran 2023-2024


SILAKAN UNDUH Format Menarik Asesmen Awal Pembelajaran (Asesmen Diagnostik) Non Kognitif Tahun Ajaran 2023-2024 pada bagian halaman atas artikel ini.


Panduan Asesmen Diagnostik/ Awal Pembelajaran, silakan UNDUH FILE. 

Demikianlah info tentang Format Menarik Asesmen Awal Pembelajaran (Asesmen Diagnostik) Non Kognitif Tahun Ajaran 2023-2024. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Format Menarik Asesmen Awal Pembelajaran (Asesmen Diagnostik) Non Kognitif Jenjang SD Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023-2024"