Unduh Buku Guru: Profil Pelajar Pancasila, Literasi STEAM, dan Pengembangan Pembelajaran PAUD

Aleepenaku.com-Unduh Buku Guru: Profil Pelajar Pancasila, Literasi STEAM, dan Pengembangan Pembelajaran PAUD di sini disediakan untuk guru PAUD, di seluruh nusantara. Namun, jika terdapat guru  yang ingin mempelajarinya, sangat dianjurkan. Terutama guru SD kelas awal. Sehingga ada pemahaman awal terhadap Buku-Buku modul di jenjang PAUD.

Gambar: Cover Buku PAUD http://118.98.166.64/bukuteks/bgpaud

Buku-buku tersebut dapat diunduh secara gratis dari laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/ khususnya pada laman bahan ajar. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru PAUD (TK dan lainnya) untuk mengunduhnya.

Modul Guru Penggerak

Modul Literasi dan Numerasi Super Lengkap  

Adapun buku terkait dengan modul untuk PAUD tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Literasi _ Steam
  2. Bermain Berbasis Buku  
  3. Jati Diri  
  4. Pengembangan Pembelajaran  
  5. Profil Pelajar Pancasila

Adapun isi buku tersebut, menurut penulisnya, adalah sebagai berikut.

1. Buku: Literasi  Steam

Buku Panduan Guru ini merupakan buku dengan Capaian Pembelajaran Elemen Dasar (Dasar Literasi dan STEAM untuk satuan PAUD) Tujuannya untuk melengkapi seri Buku Panduan Guru PAUD terdahulu. Buku mengupas tentang Capaian Pembelajaran Elemen Dasar - Dasar Literasi dan STEAM. Kemudian juga memuat bagaimana penerapannya dalam kurikulum operasional satuan (KOS) PAUD relevan dengan konteks lokal satuan. 

Pada isi buku ini juga memberikan contoh kegiatan yang dilengkapi dengan foto menarik. Selain itu ilustrasi yang disajikan juga dapat memberikan gambaran lebih utuh terkait turunan Elemen Literasi dan STEAM dalam aktivitas pembelajaran. Buku hadir sebagai jawaban dalam memaknai capaian pembelajaran sebagai tujuan pembelajaran  sesuai dengan karakteristik Satuan PAUD. Misalnya, kondisi anak didik (siswa) , orang tua, sosial masyarakat, dan lingkungan.  

==== UNDUH BUKU LITERASI STEAM ====


2. Bermain Berbasis Buku

Perlu diketahui bahwa Buku Bermain Berbasis Buku ini sengaja dihadir dengan rancangan sebagai penghargaan untuk Ibu dan Bapak Guru dalam rangka mengakrabkan anak-anak (anak didik) dengan buku melalui berbagai kegiatan atau aktivitas yang menarik. 

Salah satu isinya adalah tentang pentingnya bermain dan pentingnya buku bagi anak didik. Disajikan pula materi berbagai alternatif kegiatan yang dapat dilakukan bersama buku. Sehingga aktivitas anak didik berbasis buku dan pengalaman yang menyenangkan.

==== UNDUH BUKU BERMAIN BERBASIS BUKU ====

3. Jati Diri

Pembelajaran dengan kurikulum Paradigma Baru dapat diterapkan di seluruh lembaga pendidikan. Intinya, tercermin dalam isi buku ini. Para pemangku kepentingan senantiasa terus terus belajar, bergerak, mendengar, dan melihat kebutuhan anak didik masing-masing. Tujuannya agar dapat mengembangkan isi buku ini sesuai dengan konteks. Selain itu juga relevan dengan ciri, kebutuhan, dan karakteristik lembaganya. 

Buku ini sebagai buku Panduan Guru, dalam memahami Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri untuk PAUD. Capaian pembelajaran diupayakan untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak usia dini secara holistikatau menyeluruh  melalui pengelolaan emosi, penjagaan kesehatan diri, dan pengenalan diri guna membentuk jati diri.

==== UNDUH BUKU JATI DIRI ====

4. Pengembangan Pembelajaran

Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran hadir untuk membantu para pembaca sasaran (guru PAUD dan sasaran lainnya) dalam memahami karakteristik kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru. 

Buku ini adalah buku pertama dari serangkaian buku panduan guru lain yang akan segera hadir. Buku ini sebagai blue print dari detail bagian buku lainnya. Buku dengan 4 Bab ini, membahas mengenai karakteristik khusus struktur kurikulum, yakni paradigma pembelajaran yang baru.

Kemudian, buku ini mengetengahkan juga tentang satuan pendidikan PAUD menerjemahkan kurikulum menjadi Kurikulum operasional satuan pendidikan melalui rancangan pembelajaran harian. Selain itu, dengan buku ini, guru dapat mengimplementasikan pembelajaran bermakna dan melakukan asesmen otentik terhadap anak didik.

==== UNDUH BUKU PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ====

5. Buku Profil Pelajar Pancasila

Buku in sebagai Panduan Projek Penguatan Pelajar Pancasila dirancang dnegan menyajikan pembelajaran yang berbasis pendekatan yang dinamis dialogis. Anak didik sudah dilibatkan untuk menentukan projek, guru berperan memantik ide anak didik serta mendampingi selama proses pembelajaran. 

Hal terpenting, guru tidak dan jangan memaksakan kehendaknya. Anak adalah individu yang berdaya. Guru harus mampu memotivasi anak didik dengan optimal. Sehingga memiliki kemauan yang kuat untuk belajar dan mengembangkan diri.

Buku ini mengisyaratkan bahwa aktivitas dalam pembelajaran berbasis projek ini, memanfaatkan alam semesta sebagai sumber belajar. Tentu saja di samping berrbagai sumber belajar lainnya.

==== UNDUH BUKU PROFIL PELAJAR PANCASILA ====

Secara lengkap, Buku-buku PAUD juga dapat diunduh di bahwa ini.

==== UNDUH LENGKAP BUKU GURU PAUD ====


UNDUH JUGA Berbagai Buku dan Aplikasi di bawah ini: 

Platform Guru Merdeka Mengajar (GMM).


Modul Pembelajaran  di SD, SMP, SMA

RPP dan Administrasi Guru Kelas dan Mapel👇:

RPP Matematika SD

Modul PPPK

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru

Informasi Pendidikan, Budaya dan Literasi Bagi Guru

Demikian info Unduh Buku Guru: Profil Pelajar Pancasila, Literasi STEAM, dan Pengembangan Pembelajaran PAUD. Salam literasi. Marilah senantiasa menemukan jati diri. Terima kasih atas atensinya.


Post a Comment for "Unduh Buku Guru: Profil Pelajar Pancasila, Literasi STEAM, dan Pengembangan Pembelajaran PAUD"