CARA UPDATE FITUR PMM TERBARU DAN MENGGUNAKAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DI CHROMEBOOK

Chromebook adalah perangkat komputer/laptop yang sama dengan yang laptop pada umumnya. Perbedaannya hanya pada sistem operasi yang digunakan, yaitu Chrome OS. Chromebook dilengkapi dengan Chrome Device Management (CDM) sebagai perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan pendaftaran (enrollment) Chromebook pada domain belajar.id. Pendaftaran (enrollment) dilakukan oleh penyedia jasa yang memiliki syarat tertentu.

Pengaturan utama pada Google Chrome di perangkat Chromebook yang telah dilakukan enrollment, yakni:

belajar.id

belajar.kemdikbud.go.id

mail.google.com

calendar.google.com

drive.google.com

classroom.google.com

Bagi sekolah yang menerima bantuan Chromebook, kini sudah dapat menggunakan platform Merdeka Mengajar yang telah diinstal oleh admin. Pastikan Chromebook Guru terhubung dengan internet agar platform Merdeka Mengajar dapat terinstall ke Chromebook . Guru dapat masuk/login ke PMM melalui Chromebook menggunakan Akun belajar.id bagi pendidik dan kepala satuan pendidikan. Informasi lebih lanjut seputar Masuk/Login ke platform Merdeka Mengajar ada pada artikel ini.

Perhatikan hal-hal berikut ini saat menggunakan platform Merdeka Mengajar di Chromebook :

Pastikan platform Merdeka Mengajar dalam keadaan logout atau belum ada Akun belajar.id yang ter-login dengan cara berikut:

Buka platform Merdeka Mengajar pada Chromebook, lalu klik Akun.

Pada halaman Akun, perhatikan email yang tertera, apakah email tersebut milik Guru atau bukan.

Jika email tersebut bukan milik Guru, silakan klik Keluar. Hal ini untuk menghindari Guru beraktifitas di PMM menggunakan akun milik orang lain.

Setelah berhasil keluar, silakan masuk/login menggunakan Akun belajar.id milik Guru. Guru dapat memastikan kembali di halaman Akun, apakah email yang tertera sudah milik Guru atau bukan. Jika email yang masuk adalah milik Guru, silakan gunakan platform Merdeka Mengajar sesuai kebutuhan Guru.

Jika Guru sudah selesai menggunakan platform Merdeka Mengajar di Chromebook, Guru wajib keluar/logout. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa akun Guru tidak dapat diakses oleh orang lain yang menggunakan perangkat tersebut. Hal ini penting untuk melindungi informasi dan data pribadi Guru.

 

Web: www.aleepenaku.com

IG: alee_harsojo_duangh

@pak gurupedia

 


hastag:

#pakgurupedia

#tutorial

#pendidikan

#pegawainegeri

#pmm

#literasi

#pembelajaran

#pelatihan

#workshop

#guru

#kompetensimanajerial

#kompetensi

#chromebook

 

 

pmm , literasi, pembelajaran , pelatihan , workshop , guru , kompetensimanajerial , kompetensi, chromebook, cara update pmm, cara update chrome book,


Post a Comment for "CARA UPDATE FITUR PMM TERBARU DAN MENGGUNAKAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DI CHROMEBOOK"