Aplikasi Rapor K 13 SD Semester 1 Tahun 2021/2022 (Praktis Untuk Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI)

Aleepenaku.com-Aplikasi Rapor K 13 SD Semester 1 Tahun 2021/2022 (Praktis Untuk Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI) merupakan aplikasi sederhana dan praktis untuk mendokumentasikan nilai PAS 1. Artinya, rekam data nilai siswa, baik KI 1. KI 2, KI 3 dan KI 4.

KI 1 adalah kompetensi Inti siswa dari aspek spiritual. Aspek spiritual dapat memuat indikator rajin beribadah, berdoa, berperilaku jujur, dan sebagainya.

KI 2 merupakan kompetensi inti siswa menurut ranah sikap. Sikap-sikap yang berorirentasi pada karakter. Termasuk karakter profil pelajar Pancasila.

KI 3 merupakan kompetensi inti pengetahuan yang dimiliki siswa. Aspek ini mengukur intelektualitas siswa dalam muatan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah atau kelas.

KI 4 adalah Kompetensi keterampilan siswa. Menyangkut aspek keterampilan siswa dalam muatan pelajaran terkait. Sehingga aspek keterampilan siswa ini menggambarkan kemampuan skill atau kecakapan siswa dalam praktik setiap mata pelajaran atau muatan mata pelajaran.

Untuk mempermudah melakukan penilaian terhadap empat kompetensi hasil belajar siswa tersebut, perlu dihadirkan Aplikasi Rapor K 13 SD Semester 1 Tahun 2021/2022 (Praktis Untuk Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI). Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SD/ MI ini disajikan dalam format excel sederhana. Sehingga mudah diaplikasikan.

Berbeda dengan E-Rapor seperti yang ada pada ditpsd.kemdikbud bahwa Aplikasi Rapor K 13 Semester 1 ini bersifat offline, bukan online. Aplikasi Rapor K 13 PAS ini juga tidak terintegrasi dengan Dapodik. Sehingga, Aplikasi Rapor Kurikulum 13 ini praktis dan mudah diedit, diatur, ditambah, diubah, dikurangi dan dikembangkan.

Jadi, beberapa kelebihan Aplikasi Rapor K 13 ini adalah sebagai berikut.

  1. Aplikasi Rapor PAS ini berbasis excel yang mudah dioperasikan.
  2. Banyak fitur sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru.
  3. Mudah mengedit KI 1, KI 2, KI 3 dan KI 4.
  4. Mudah mengedit dan mengubah identitas sekolah, guru, guru mapel, dan siswa.
  5. Tersedia daftar hadir siswa.
  6. Tersedia kegiatan kurikuler siswa.
  7. Tersedia Legger dan peringkat siswa.
  8. Tersedia KKM sekolah dan muatan pelajaran yang mudah diedti.
  9. Cover rapor yang fleksibel.
  10. Kolom prestasi siswa yang mudah diisi.
  11. Setiap guru dapat mengganti logo menjadi logo sekolah, kemdikbud dan kemenag.

dan masih banyak lagi lainnya.

Catatan: Rapor Excel ini dapat diedit menjadi rapor kelas 1,2,3,4,5,6. Jadi mohon perhatikan langkah-langkah mengisi datanya.

Langkah-langkah mengisi Aplikasi Rapor K 13 SD/ MI Semester 1 (PAS) dengan mudah, seperti di bawah ini.


  1. Bukalah file excel aplikasinya.
  2. Klik Fitur Data Sekolah: Isilah identitas sekolah secara lengkap. Termasuk identitas kepala sekolah, wali kelas dan daftar mata pelajaran serta KKM mata pelajaran dan sekolah.
  3. Klik Fitur Data Peserta Didik yang meliputi: identitas lengkap peserta didik, orang tua, alamat, kesehatan, ciri-ciri fisik, dan sebagainya.
  4. Klik Fitur Data Absensi Peserta Didik. Isilah daftar hadir peserta didik sesuai dengan ketidakhadirannya.
  5. Klik Deskripsi Kompetensi Dasar Pengetahuan (KI 3): guru bisa mengisi dengan KI 3 pengetahuan dari KD-KD yang diajarkan. Jika, menggunakan kurikulum darurat dengan KD yang disederhanakan, bisa diisikan sesuai dengan KD yang diajarkan. Kolom KD 3 sudah disediakan.
  6. Klik Deskripsi Kompetensi Dasar Keterampilan (KI 4): guru dapat mengisi KI 4 keterampilan dengan KD-KD yang telah disampaikan. Untuk Kurikulum darurat, juga bisa mengisikan KD-KD yang disederhanakan pada kolom KI 4 yang tersedia.
  7. Klik fitur Penilaian KI 1 kolom spiritual dengan indokator yang telah dituliskan sebelumnya. Isilah nilai KI 1 pada kolom yang tersedia.
  8. Klik fitur Penilaian KI 2 Kolom sikap dengan indikator yang telah diisikan. Isilah nilai KI 2 pada kolom yang disediakan.
  9. Klik Fitur Penilaian KI 3 pada masing-masing muatan pelajaran dan mata pelajaran utama serta muatan lokal.
  10. Klik Fitur Penilaian KI 4 pada masing-masing muatan pelajaran dan mata pelajaran utama serta muatan lokal.
  11. Selenjutnya, tinggal mengecek sinkronisasi atau ketersambungan dari data awal ke data akhir setelah pengolahan data siswa. Guru bisa mengecek data: Rapor KI 1,2,3, dan 4, Rapor prin, legger dan peringkat, daya serap dan sebagainya.
Nah, sangat mudah sekali dalam menerapkan Aplikasi Rapor K 13 SD PAS semester 1 ini. Sehingga, dengan data siswa dan nilai yang telah ada, sangat praktis untuk dimasukkan ke kolom-kolom data yang sesuai dalam Aplikasi Rapor K 13 ini.

Selanjutnya, Aplikasi Rapor K 13 SD Semester 1 Tahun 2021/2022 (Praktis Untuk Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI) disediakan untuk semua kelas di SD/ MI. Sehingga para guru tinggal mengunduhnya pada bagian bawah artikel ini.

Catatan: Setiap Rapor ini ada yang belum tercantum KI 1, 2, 3 dan KI 4. Sehingga, guru kelas tinggal mengisikan atau copy paste dari dokumen KI dan KD yang dimiliki. 

Baiklah, Silakan siapkan mendownload Aplikasi Rapor K 13 SD Semester 1 Tahun 2021/2022 (Praktis Untuk Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI) di bawah ini dari laptop atau komputer agar lebih mudah dan cepat.

Aplikasi Rapor K 13 Semester 1, Kelas  1,2,3,4,5,6 SD/ MI (Contoh Diformat Kelas 5)  👇👍




Aku Siap Mengikuti PAS >>> Twibbon Keren

Untuk info aplikasi dan edukasi lainnya, sering diunduh juga:

Aplikasi Sederhana PH, PTS Analisis

Modul Pembelajaran  di SD, SMP, SMA

Soal PAS Tematik Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI

Kisi-kisi dan Soal PAS Matematika SMP/ MTs

SOAL PAS MATEMATIKA SD/ MI

Rangkuman atau Resume Materi Tematik SD/ MI 👇

Aplikasi Penilaian Pembelajaran (APP) 

Aplikasi AKM Kelas Guru dan Siswa

Kisi-kisi dan Soal PAS PJOK SMP/ MTs

Soal PAS PJOK SD/ MI

Admin aleepenaku sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas atensi para sahabat berkunjung ke blog pendidikan ini. Semoga bermanfaat. Salam Literasi.

5 comments for "Aplikasi Rapor K 13 SD Semester 1 Tahun 2021/2022 (Praktis Untuk Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI)"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.