Download Soal Latihan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Sunda Kelas 1 SD/ MI Semester 2

Aleepenaku.com - Download Soal Latihan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Sunda Kelas 1 SD/ MI Semester 2 merupakan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh guru SD/ MI, khususnya guru kelas 1 Sekolah Dasar(SD) / Madrasah Ibtidaiyah.


Sahabat guru kelas 1 yang hebat semuanya. Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan aktivitas untuk menguji kemampuan siswa selama satu semester terakhir pada semester 2. PAT ini dilaksanakan setelah guru atau lembaga satuan pendidikan telah mengadakan asesmen harian dan penilaian/ asesmen tengah semester. Pada umumnya, penilaian harian dilaksanakan sebelum dan sesudah PAT beberapa kali. Kemudian, dilaksanakan penilaian tengah semester sebanyak 1 kali, yaitu PTS 2.

Pengertian Penilaian

Kemudian, dalam Permendikbud Nomor 23 tahun 2020 tentang Standar Penilaian Pendidikan, bahwa penilaian berarti sebagai aktivitas pengumpulan dan pengolahan informasi pencapaian hasil belajar murid atau siswa dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan, kegiatan pembelajaran, merupakan proses interaksi antarsiswa serta antara siswa, guru dan sumber belajar di dalam lingkungan belajar.

Nah, penilaian terhadap siswa dapat dilakukan dengan tujuan untuk mengukur hasil belajar siswa dari aspek kognitif, afektif dan keterampilan (psikomotor). Pada ranah/ aspek sikap, siswa diharapkan dapat memenuhi kriteria minimal. Baik pada sikap spiritual dan sosial.

Penilaian Formatif dan Sumatif

Penilaian secara formatif dan sumatif dilaksanakan untuk memastikan siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik serta mengalami perubahan sikap yang lebih baik lagi. Guru dapat mengetahui materi pelajaran bahasa Sunda dapat diterima oleh siswa. Yakni, dengan cara memberikan stimulasi atau rangsangan berupa pertanyaan tentang materi bahasa Sunda secara formatif kepada siswa. Dalam aktivitas ini, guru dapat mengetahui dan memahami seberapa besar siswa mampu menyerap materi pelajaran yang disampaikan.

Prosedur Pelaksanaan PAT

  1. Naskah soal PAT ini dibuat oleh Guru kelas 1 berdasarkan kisi-kisi dari KD Pembelajaran. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator soal, harus dipahami dengan baik. Juga terkait mata pelajaran atau tematik. Tentu saja, juga perlu memahami Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) Pelajaran Pada Kurikulum 2013 untuk Kondisi Khusus.
  2. Sekolah dapat menyusun dan menentukan jadwal pelaksanaan PAT dengan melengkapi administrasi PAT tersebut.
  3. Kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan dengan evaluasi atau penilaian oleh guru kelas 1 dengan beberapa bentuk; portofolio; penugasan; tes tertulis; dan/ atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan sekolah/ madrash/ Satuan Pendidikan.

Kemudian, guru juga harus melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan kalender akademik/ pendidikan yang telah dianalisis setiap tgahu ajaran.

Nah, dalam kalender akademik atau kalender pendidikan tersebut terdapat kegiatan penilaian hasil belajar secara sistemik. Dimulai dari Penilaian harian (PH), penilaian tengah semester, penilaian akhir semester dan Penilaian Akhir Tahun atau PAT.

Setelah melaksanakan penilaian harian 1 dan 2 atau bahkan ke-3, guru akan melaksanakan kegiatan penilaian akhir semester (PTS). Penilaian akhir semester (PAS) dilakukan setelah siswa melaksanakan proses belajar materi pembelajaran selama 6 bulan/ 1 semester. Penilaian Akhir Tahun (PAT) ini dilaksanakan setelah siswa belajar selama satu tahun.

Pada jenjang sekolah dasar materi yang diujikan dalam kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah Muatan Materi pelajaran pada Tematik, Matematika, PJOK, PAI BP, dan muatan lokal, termasuk bahasa Sunda.

Nah, sebelum melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Tahunan (PAT) dan menyusun soal, guru kelas 1 juga seharusnya menyusun kisi-kisi soal. Tujuannya adalah agar seluruh Kompetensi Dasar (KD) yang diajarkan dapat dipresentasitasikan ke dalam soal PAT tersebut.

Selain itu, guru juga dapat mengidentifikasi kompetensi dasar atau KD yang tidak dilaksanakan. Misalnya pada saat menerapkana kurikulum yang disederhanakan. Sehingga, soal yang dihasilkan benar-benar mewakili dari kompetensi dasar pembelajaran.

Pada kesempatan ini, untuk guru kelas 1 SD/ MI admin aleepenaku ingin menyajikan tentang  Soal Latihan  Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Sunda Kelas 1 SD/ MI Semester 2. Namun,  Soal Latihan  Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Sunda Kelas 1 SD/ MI Semester 2 yang akan dibagikan ini, adalah kisi-kisi dan soal yang bisa dikembangkan.

Tetapi, Soal Latihan  Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Sunda Kelas 1 SD/ MI Semester 2 ini bukanlah sesuatu yang sempurna. Aleepenaku juga mengkolaborasikan dari beberapa sumber informasi pendidikan. Sehingga perlu penyempurnaan lebih lanjut. Atau juga Soal Latihan  Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Sunda Semester 2 ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi para sahabat. Khususnya guru kelas 1.

Dengan demikian, para sahabat guru kelas 1 dapat menelaah lebih sempurna lagi. Kemudian,  Soal Latihan  Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Sunda Kelas 1 SD/ MI Semester 2  ini  untuk kelas 1 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Tujuannya agar para sahabat dapat memetakan, tentang soal-soal PAT yang akan disajikan secara proporsional dari bab-bab materi bahasa Sunda yang diajarkan.

Pada kelas 1 semester 2 ini,  Soal Latihan  Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Sunda Kelas 1 SD/ MI Semester 2 ini memuat materi Bahasa Sunda untuk semester 2 tahun ajaran 2021/2022.

Dengan demikian, maka Soal Latihan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Sunda Kelas 1 SD/ MI Semester 2 dapat diunduh pada tombol download di bawah ini.

Download  Soal Latihan PAT Kelas 1


Rekomendasi Soal Latihan PAT Bahasa Sunda lainnya, Unduh di bawah ini, klik setiap kelas.

Kelas 1         Kelas 2         Kelas 3         Kelas 4        Kelas 5        Kelas 6

Informasi yang direkomendasikan lainnya, silakan dibaca juga:







Perangkat Pembelajaran dan Administrasi Guru 👇:

Demikian apa yang bisa disampaikan tentang Download Soal Latihan  Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Sunda Kelas 1 SD/ MI Semester 2. Admin aleepenaku menguncapkan terima kasih atas atensinya. Semoga bermanfaat.

Boleh juga jika para sahabat hendak Unduh Info Pendidikan  di bawah ini, klik setiap kelas.


Kelas 1         Kelas 2         Kelas 3         Kelas 4        Kelas 5        Kelas 6

4 comments for "Download Soal Latihan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Sunda Kelas 1 SD/ MI Semester 2"

  1. Download soal latihan penilaian akhir tahun (pat) bahasa sunda kelas 1 SD/mi semester 2

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. sama sama. Terima kasih atas atensinya.

      Delete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.