Kelebihan Menjadi Guru PPPK yang Jarang Diketahui, Nomor 7 Jaminan Luar Biasa

 Aleepenaku.com-Selamat dan Sukses aleepenaku ucapkan kepada para Sahabat yang hebat dan lulus tahap 1 dan 2. Selamat berjuang bagi sahabat yang akan menempuh pada formasi tahap 3. Pengumuman Peserta yang lolos, membahagiakan kita semua. Apa yang telah dicita-citakan para sahabat, senantiasa dikabulkanNya. 

Gambar SS: sscasn.bkn.go.id
Dunia teknologi internet, dengan cepat mengantarkan dan menyuguhkan berbagai informasi. Tak terkecuali informasi yang dibutuhkan oleh para sahabat, kita semua. Sekali lagi, bagi sahabat yang hendak melanjutkan pada tahap 3, supaya dipahami tentang ketentuan syarat, prosedur dalam seleksi PPPK Guru tahap 3.

Bagaimanakah Cara Jitu Lolos ASN PPPK 2021?

Sahabat hebat.  Akhir-akhir ini kita selalu membaca informasi tentang PPPK. Bari dari berita online maupun dari laman resmi kemdikbud serta BKN. Senantiasa mengikuti perkembangan sejak proses pendaftaran hingga pengumuman dan masa sanggah. Dari beajar mandiri, soal-soal prediksi, prosedur dan mekanisme pelaksanaan tes, hingga menerima kabar baik kelulusan para sahabat. Inilah rangkaian proses yang harus diikuti dengan sabar dan yakin.

Ada yang bertanya tentang PPPK Guru. Baik diskusi langsung di tempat aleepenaku maupun secara daring. Tentu saja tentang eksistensi Guru PPPK. Sejak diangkatnya Guru PPPK beberapa waktu lalu, memang bermunculan pertanyaan tentang keberadaan dan posisi Guru PPPK. Maka, dengan demikian haruslah dikembalikan dan dipahami peraturan perundangan yang berlaku.

Cara tepat bagi peserta CASN PPPK Guru untuk Melakukan Pemberkasan Lolos Tahap 1 dan 2

Apakah Guru PPPK itu?

Pertanyaan ini sederhana. Guru PPPK itu apa, bagaimana statusnya? Apa yang membedakan dengan guru PNS lainnya? Tentu para sahabat telah mengetaui dan memahami regulasinya. Jadi tidak adamasalah dengan pengertian Guru PPPK itu sendiri bagi kita. Bahkan, hal ini merupakan terobosan pemerintah yang perlu diapresiasi.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)  dimaknai sebagai warga negara Indonesia yang telah dinyatakan (sesuai dengan peraturan perundangan) memenuhi syarat tertentu dan diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk atau dalam jangka waktu tertentu, yakni melaksanakan tugas pemerintahan (wikipedia.com/2021).

Tidak ada keraguan lagi bahwa jaminan PPPK sebagai ASN ini telah diatur dalam Undang-undang no. 5 thn 2014 dan turunannya pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 dengan Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 11/2017, yakni Peraturan No. 17/ 2020

Kemudian, Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 yang mengatur tentang manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Juga peraturan BKN tentang Juknis Pengadaan PPPK. Sehingga, PPPK Guru dalam jaminan undang-undang (https://peraturan.bpk.go.id/) dan (Wikipedia.com).

Maka, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah memiliki kedudukan dan atau kelebihan sebagai berikut.

  1. PPPK tersebut menduduki jabatan pemerintahan
  2. Jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bisa diisi: JF dan JPT Madya dan Utama tertentu
  3. Diangkat dengan perjanjian kerja. juga sesuai dengan kebutuhan.
  4. Memiliki nomor induk pegawai secara nasional NI PPPK.
  5. Usia minimal 20 tahun dan maksimal 57 tahun (satu tahun sebelum usia purnatugas)
  6. Masa kerja tersingkat adalah 1 tahun
  7. Digaji berdasarkan undang-undang
  8. Jaminan perlindungan: JHT, Jamkes, JKK, JKM dan BanHK  (wikipedia.com/2021).

Jadi jaminan hebat pada nomor 7 adalah memeroleh penghasilan gaji dan lainnya yang sah berdasarkan dan dijamin dengan undang-undang. Ini yang patut disyukuri serta senantiasa mampu meningkatkan profesionalisme kita semua sebagai guru.


Jika ingin lengkap, dapatkan pencarian kita:

Prediksi Soal tentang selekssi PPPK Guru tahun 2021


Prediksi Soal pada CASN tahun 2021

Info CASN PPPK Guru 2021

Modul PPPK Guru 2021

Admin aleepenaku.com berterima kasih atas atensinya. Selamat dan sukses. Salam literasi.

1 comment for "Kelebihan Menjadi Guru PPPK yang Jarang Diketahui, Nomor 7 Jaminan Luar Biasa"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.