Aplikasi Terbaru DUPAK, PKG PKKS 2021-2022 dan Instrumen Perilaku Kerja Kepala Sekolah

Aleepenaku.com-Aplikasi PKKS PKG 2020 dan Instrumen Perilaku Kinerja KS (Lengkap untuk SD, SMP, SMA) ini merupakan aplikasi yang dapat membantu kepala sekolah (KS) dalam melaksanakan tugasnya. Terutama pada saat kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah. Untuk Aplikasi Terbaru PKG dan PKKS 2021-2022 dapat diunduh pada agian bawah artikel ini.

Gambar SS: Aplikasi PKKS by Imran Tutuli

Sesuai dengan Permendikbud Nomor 15/2018 yang mengatur tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, KS dan Pengawas dijelaskan bahwa Guru dan Kepala sekolah serta Pengawan memiliki dan harus melaksanakan beban kerja sebanyak 40 jam per minggu. Hal ini telah diatur pada pasal 2 ayat 1 Permendikbud tersebut. Dari 40 jam kinerja perminggu, 37,5 jam kerja efektif. sedangkan sebanyak 2,5 jam itu adalah jam istirahat.

Namun demikian, jam istirahat yang dimaksud tidak dapat mengambil jam kerja efektif. Maka, selanjutnya dijelaskan pada pasal 3 bahwa yang dimaksud dengan jam kerja efekti selama 37,5 itu meliputi kegiatan pokok sebagai berikut.

  1. merencanakan pembelajaran serta pembimbingan
  2. melaksanakan pembelajaran/ pembimbingan
  3. melaksanakan tugas tambahan. Yaitu tugas yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai BKG.

Kemudian, pemenuhan jam kerja pokok tersebut dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Pada artikel ini, akan dibagikan secara rinci mengenai hal berikut.

Penjelasan singkat komptensi kepala sekolah

Materi seputar penilaian kinerja kepala sekolah

Dasar Hukum

Instrumen PKKS

Contoh Supervisi mutu: instrumen keterlaksanaan SNP

Aplikasi penilaian kinerja kepala sekolah Sesuai dengan Permendikbud No. 15/ 2018

Seperti yang dijelaskan pada Permendikbud tersebut bahwa Kepala Sekolah merupakan guru dengan tugas tambahan untuk memimpin dan mengelola sekolah. Baik dari jenajng TK/ TKLB, SD/ SDLB, SMP/ SMPLB, SMA/ SMALB, SMK, SLI.

Sedangkan guru adalah tenaga pendidik profesional yang memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai serta mengevaluasi siswa pada lembaga satuan pendidikan formal di PAUDDIKDASMEN.

Seorang kepa sekolah setidaknya harus memiliki kecakapan atau kompetensi yang disyaratkan, yaitu sebagai berikut.

Kompetensi Kepribadian

Kompetensi Manajerial

Kompetensi Kewirausahaan

Komptensi Supervisi

Kompetensi Sosial

Selain itu, kepala sekolah juga senantiasa melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan  melalui progiat peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap profesionalnya. Nah, peningkatan dalam PKB tersebut dilakukan secara berjenjang, bertahap dan berkesinambungan. Hal terutama yaitu peningkatan manajemen atau pengelolaan, pengembangan kewirausahaan dan supervisi terhadap guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah program dan kegiatan peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional Kepala Sekolah yang dilaksanakan berjenjang, bertahap, dan berkesinambungan terutama untuk peningkatan manajemen, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.

Sudah mengunduh yang paling sering digunakan?



Sedangkan instrumen perilaku kerja kepala sekolah yang dinilai, meliputi:

  1. Instrumen Perilaku Kerja oleh Pengawas
  2. Instrumen Perilaku Kerja oleh Guru
  3. Instrumen Perilaku Kerja oleh Komite
  4. Instrumen Perilaku Kerja oleh Laboran
  5. Instrumen Perilaku Kerja oleh  Orang tua
  6. Instrumen Perilaku Kerja oleh Petugas Perpusatakaan
  7. Instrumen Perilaku Kerja oleh Siswa

Kemudian, Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ini memuat beberapa hal penting terkait dengan aspek penilaian kinerja kepala sekolah secara komprehensif, yaitu:

  1. Formulir Registrasi
  2. Pernyataan dan Persetujuan
  3. Tugas Pokok Kepala Sekolah
  4. PKB
  5. Unsur Penunjang
  6. Kompetensi Kepala Sekolah
  7. SNP

Oleh sebab itu, kepala sekolah dapat dengan mudah menggunakannya. Pada aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan penilaian yuang tersistem dengan cukup baik. Aplikasi ini juga rekomended untuk kepala sekolah jenjang Pauddikdasmen.

Maka, beberapa instrumen dan materi serta dasar hukum dari PKKS dan PKG dapat diunduh di bawah ini dengan mudah. Silakan diunduh dari laptop atau komputer.

Materi, Dasar Hukum, Instrumen Penilaian KS PAUDDikdasmen >>>> Unduh di Sini

Contoh Evadir, Permendikbud, Buku Pedoman >>>> Unduh di Sini

Aplikasi Terbaru PKKS 2020, Klik Gambar Aplikasi Untuk Download 👇👇👇👇👇



Aplikasi Terbaru PKG - PKKS 2021-2022

Aplikasi PKG PKKS ini merupakan aplikasi yang dirilis oleh salah satu sekolah di Ibu Kota. Aplikasi ini diperoleh dari beberapa grup guru berbasis WA. Kita patut berterima kasih atas lahirnya aplikasi ini.
Aplikasi Terbaru PKKS 2021-2022, Klik Untuk Download 👇👇👇👇👇
Aplikasi Terbaru PAK, Oleh Nurhayati Mualif Klik Untuk Download 👇👇👇👇👇

6 comments for "Aplikasi Terbaru DUPAK, PKG PKKS 2021-2022 dan Instrumen Perilaku Kerja Kepala Sekolah "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.