Sudah Lolos Passing Grade PPPK 2021? Ini Peluang PPPK Tahap III dan Rekrutmen Tahun 2022

Sahabat yang luar biasa. Perjuangan panjang para sahabat yang telah menempuh serangkaian rekrutmen PPPK 2021, pada tahap 1 sudah rampung. Bahkan, di daerah tempat admin aleepenaku tinggal, sudah mengajar di tempat tugasnya. Untuk tahap II masih belum mendapatkan SK. Berarti masih menunggu dan siap untuk ditugaskan ditempat mengajar sesuai dengan pilihannya.

Sumber Gambar: SS Laman: menpan.go.id

Namun demikian, bagaimana dengan para sahabat yang sudah lolos passing grade pada tahun 2021. Bukankah juga menunggu keputusan pemerintah untuk memeroleh kejelasan atau kepastiannya? Mengingat, bahwa para sahabat yang berada pada tahap 3 juga berhak memeroleh apa yang seharusnya didapatkan sesusai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Jika kita menyimak beberapa kabar online sejak bulan lalu, tentang perekrutan PPPK Guru tahap III memang belum mulai. Namun demikian, banyak sahabat admin di daerah yang bertanya, kapan segera dimulai. Bagaimana dengan sahabat yang sudah lolos passing grade? Fasilitas apa yang akan diperoleh pada tahap III PPPK ini? Apakah ada jaminan langsung lolos? Bisakah langsung menerima SK dan ditugaskan sesuai dengan kebutuhan tenaga pengajar di sekolah? Ataukah bahkan harus mengikuti pendafataran ulang dari awal?

Para sahabat, khususnya yang telah memenuhi passing grade untuk PPPK Guru tahun 2021 supaya tenang dan jangan khawatir. InsyaAllah akan ada kepastian dari pemerintah sesuai dengan harapan kita semua. Jika memang dijanjikan akan lolos, maka pihak yang berkewenangan akan memerhatikan janji itu sesuai dengan konsideran, peraturan yang belaku. Sehingga, tidak mungkin pemerintah tidak berpihak kepada para sahabat yang memiliki hal tersebut.

Memang, jika kita menonton kabar di youtube atau kabar online, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para sahabat, khususnya yang telah lolos passing grade dan menuju tahap III. Misalnya, sebagai berikut:

  1. Rekrutment PPPK tahun 2022,  diharapkan maksimal mengakomodasi guru lulus passing grade  tahun 2021
  2. Memperbesar kuota formasi PPPK tahun 2022
  3. Mencegah akan terjadinya pergeseran antarguru yang lebih banyak lagi di dan dari sekolah induk 
  4. Mempercepat penuntasan untuk pemenuhan kebutuhan 1 juta guru ASN PPPK (sumber: tirto.id)
Memang, seperti diketahui bahwa Formasi CASN PPPK 2022, setidaknya ada tiga (3) Jenis Pegawai Pemerintah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang paling dibutuhkan. Dan CASN PPPK ini cukup diminati oleh mayoritas para sahabat sesuai dengan kualifikasi akademiknya.

Sebagaimana Surat MenPANRB No. B/1161/M.SM.01.00/2021, 27 Juli 2021 perihal Pengadaan ASN Tahun 2022, bahwa untuk tahun 2022 ini ada 3 peluang formasi utama, yaitu:

- Tenaga pendidik

- Tenaga kesehatan

- Tenaga penyuluh

Khusus peluang tenaga pendidik, maka banyak peluang untuk guru SD, SMP, SMA sederajat di lingkungan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. Untuk itulah, peluang ini perlu disambut dan dimanfaatkan dengan baik. 

Sebelum mengikuti seleksnya, ada bainya Belajar ModulnyaPrediksi Soal PPPK dan memahami Dokumen Penting Yang Harus Disiapkan.

Pertanyaan umum yang sering kita dengarkan dari sahabat lainnya, misalnya:

Kapan PPPK tahap 3 dibuka?

Kapan mulai pendaftaran PPPK tahap 3?

Dimulai kapan PPPK tahun 2022?

Apakah ada pendaftaran pppk tahp 3?

Apa sudah keluar jadwal terbaru pppk tahap 3?

Sudah tahu Kelebihan Menjadi ASN PPPK?

dan beragam pertanyaan lainnya. Maka, kita fokus pada peraturan pemerintah. Jadi untuk bersabar dan tidak terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, Juga jangan dipercaya apabila ada orang lain yang menjanjikan apapun terkait ini. Para sahabat harus meyakini doa dan usaha serta takdir dariNya. InsyaAllah sukses. Amin.

Lolos Passing Grade PPPK 2021?

Nah, para sahabat yang telah dinyatakan lolos passing grade, supaya tidak ada kekhawatiran. Sebab, ada jaminan bagi sahabat yang telah lolos passing grade tahun 2021, yakni: bagi yang sudah lolos passing grade PPPK 2021, tidak perlu mengikuti  atau menempuh ujian lagi. (Sumber informasi bacaan admin: https://www.jpnn.com/news/penjelasan-kemendikbudristek-soal-seleksi-pppk-tahap-3-penting-guru-honorer-harus-tahu?page=2)

Kemudian, tampaknya ada efektifitas dan efisiensi untuk seleksi ASN PPPK tahun 2022 ini. Mengapa? Sebab, proses perekrutan ASN PPPK tahun 2022 sekaligus bersamaan dengan PPPK tahap III tahun 2021. Sehingga lebih cepat waktunya untuk penuntasan kebutuhan ASN PPPK tahun 2022.

Selengkpnya tetang Info CASN Guru 2022: Formasi ASN PPPK Guru Tahun 2022 dan Tahap III Tahun 2021 dari laman kemdikbud.go.id dapat dicermati DI SINI.

Rekomendasi pendidikan dan informasi penting yang lainnya, juga:

Formasi ASN PPPK Guru Tahun 2022 dan Tahap III Tahun 2021

Jadwal Uji Coba Seleksi Akademik PPG 2022

Info Penting CASN PPPK Guru 2022

Pendaftaran Beasiswa Pendidikan 2022 untuk Guru

Tata Tertib untuk PPG 2022, Larangan dan Sanksinya

Panduan Aplikasi PPG 2022

Demikian Informasi penting tentang Sudah Lolos Passing Grade PPPK 2021? Ini Peluang PPPK Tahap III dan Rekrutmen Tahun 2022. Salam sukses. Semoga bermanfaat. Salam Literasi.

1 comment for "Sudah Lolos Passing Grade PPPK 2021? Ini Peluang PPPK Tahap III dan Rekrutmen Tahun 2022"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.