Apakah Zona Megathrust Itu? Segmen Mentawai-Siberut, Pusat Gempa Mentawai

Aleepenaku sains. Apakah Zona Megathrust Itu? Segmen Mentawai-Siberut, Pusat Gempa Mentawai. Sudah tahu, Apakah Zona Megathrust Itu? Segmen Mentawai-Siberut, Pusat Gempa Mentawai. Selasa lalu, 25 April 2023 telah terjadi gempa di pantai Barat Sumatera, Kepulauan Mentawai. Adapun kekuatan gempat tersebut adalah M 7,3.


Sebagaimana yang banyak diberitakan di media online, salah satunya di kompas.com bahwa gempa tersebut telah terjadi di zona megathrust di Segmen Mentawai-Siberut. Lalu, apakah zona megathrust di Segmen Mentawai-Siberut itu?

Apakah Zona Megathrust Itu? 

Perlu diketahui bahwa zona megathrust merupakan lapisan batas tipis antara lempeng tektonik yang tenggelam ke dalam mantel bumi dan lempeng utama. Dengan demikian potensial terjadi gempa bumi. Termasuk juga potensi terjadi tsunami. Dengan kata lain gempa bumi dan tsunami terbesar dihasilkan oleh atau dari zona megathrust.

Adanya dorongan gempa megathrust inilah yang menyebabkan gerakan vertikal besar. Gerakan yang terjadi secara vertikal di dasar laut. Akibatnya dapat memindahkan air dalam jumlah besar yang bergerak menjauh dari gerakan bawah laut.

Dengan demikian, aktivitas dorongan gempa megathrust secara vertikal di dasar laut yang dapat memindahkan air dalam jumlah besar menyebabkan tsunami. Bahkan, gempa megatrust juga dapat menyebabkan terjadinya tanah longsor di bawah laut dari landas kontinen ke laut dalam.

Analisis BMKG

Kompas.com memaparkan bahwa sesuai dengan screenshot lokasi pusat Gempa Mentawai. Dan sesuai dengan informasi dari BMKG, bahwa Gempa Mentawai yang terjadi memiliki kekuatan M 7,3 dengan parameter update M 6,9. Gempa ini berpusat di Pantai Barat Sumatera, Kepulauan Mentawai. Oleh karena itulah gempa yang terjadi berpusat di zona megathrust pada Segmen Mentawai-Siberut.

Kemudian, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa lokasi pusat gempa Mentawai tersebut terjadi di laut pada jarak 177 Km Barat Laut. Yaitu dari Kepulauan Mentawai. Gempat tersebut terjadi pada kedalaman 23 Km.

Gempa Lainnya

Sebagai bandingan, bahwa juga telah terjadi gempat berkekuatan M 6 lebih, yaitu:

Gempa Nias (1994): M 8,5

Gempa Lampung-Bengkulu (2000): M 7,9

Gempa Aceh (2004): M 9,1

Gempa Bengkulu (2007): M 8,7

 

Di mana saja Zona Megathrust itu?

Perlu diketahui bahwa zona megathrust ini terletak di zona subduksi aktif. Adapun yang termasuk zona subduksi, sebagai berikut.

Subduksi Sunda mencakup Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, dan Sumba,

Subduksi Banda,

Subduksi Lempeng Laut Maluku,

Subduksi Sulawesi,

Subduksi Lempeng Laut Filipina, dan

subduksi Utara Papua.

 

Apa yang juga perlu diketahui?

Orang lain juga bertanya tentang:

Zona megathrust dimana saja?

Bagaimana megathrust terjadi?

Gempa megathrust Kapan terjadi?

Apa bahaya megathrust?

Berapa kira kira besarnya magnitudo gempa di Selat Sunda megathrust?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan zona subduksi?

Apa yang dinamakan episentrum dan hiposentrum?

Zona subduksi di Indonesia dimana?

Apa yang dimaksud dengan gempa Reruntuhan?

daerah yang terkena gempa megathrust

kapan gempa megathrust terjadi

megathrust jawa

megathrust selat sunda

megathrust mentawai

megathrust jakarta

megathrust selatan jawa

lempeng megathrust


Demikianlah informasi tentang Apakah Zona Megathrust Itu? Segmen Mentawai-Siberut, Pusat Gempa Mentawai. Semoga Bermanfaat.

2 comments for "Apakah Zona Megathrust Itu? Segmen Mentawai-Siberut, Pusat Gempa Mentawai"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.