Cara Cek Portofolio dan Profil Guru Penggerak Setiap Angkatan dan Jenjang Sekolah di Kemdikbudristek

 Aleepenaku.com-Cara Cek Portofolio dan Profil Guru Penggerak Setiap Angkatan dan Jenjang Sekolah di Kemdikbudristek. Cara Cek Portofolio dan Profil Guru Penggerak Setiap Angkatan dan Jenjang Sekolah di Kemdikbudristek sebagai informasi penting bagi sahabat guru penggerak. Yakni, para guru hebat yang telah lolos menempuh pendidikan guru penggerak selama sekitar 6 bulan.

Lalu, banyak yang bertanya, tentang guru penggerak. Misalnya:

Apa itu guru penggerak dan tugasnya?

Kenapa harus ikut guru penggerak?

Apakah guru penggerak digaji?

Apa yang didapat setelah menjadi guru penggerak?

Mengapa harus guru penggerak?

dan sebagainya.

sumber gambar: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/profil/


Manfaat menjadi Guru Penggerak

Tahukah kita bahwa apa yang didapat setelah menjadi guru penggerak? atau apa manfaat yang diperoleh guru jika mengikuti pendidikan guru penggerak? Nah, sahabat, bahwa guru dengan predikat guru penggerak dapat meningkatkan kompetensi yang berseangkutan sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Oleh karena itulah, setiap calon guru penggerak, selama pelaksanaan program, guru akan dibimbing oleh instruktur, fasilitator, dan Pengajar Praktik secara profesional. Baik pembelajaran di LMS maupun pendampingan individu dan lokakarya.

Apa Pendidikan Guru Penggerak Itu?

Sebagaimana yang dipaparkan atau dijelaskan secara rinci dan detail pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/detil-program/, bahwa Pendidikan Guru Penggerak (PGP) adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru (CGP) untuk menjadi pemimpin pembelajaran. 

Program ini meliputi pelatihan daring atau online, lokakarya, konferensi, dan pendampingan individu selama 6 bulan bagi CGP: Calon Guru Penggerak. Hal yang perlu diperhatikan serius, bahwa selama CGP mengikuti  program PGP ini, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Siapa Guru Penggerak Itu?

Guru Penggerak adalah guru yang telah dinyatakan lolos seleksi reksurtmen hingga menyelesaikan PGP. Guru Penggerak itu harus lulus seleksi sejak awal (administrasi), simulasi mengajar dan wawancaaaara serta mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak. 

Apa yang Harus Dimiliki Guru Penggerak?

Program pendidikan guru penggerak ini akan menciptakan guru penggerak sebagaimana yang dijelaskan pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/, yang dapat:

  • Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri
  • Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik
  • Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua
  • Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid
  • Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah

Guru Penggerak akan menjadi Katalis Perubahan Pendidikan

Guru Penggerak diharapkan menjadi katalis perubahan pendidikan di daerahnya sebagaimana yang dijelaskan pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ dengan cara:

  • Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya
  • Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah
  • Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah
  • Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  • Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah


Cara Cek Portofolio dan Profil Guru Penggerak Setiap Angkatan dan Jenjang Sekolah di Kemdikbudristek

Adapun Cara Cek Portofolio dan Profil Guru Penggerak Setiap Angkatan dan Jenjang Sekolah di Kemdikbudristek, adalah sebagai berikut:

sumber gambar: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/profil/


  1. Masuk atau login pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/profil/
  2. Cari guru penggerak pada filter
  3. Pilih: Angkatan
  4. Pilih: Lokasi Provinsi dan Kabupaten
  5. Pilih: Jenjang
  6. Klik Foto Sahabat untuk mengetahui Portofolio Guru Penggerak
  7. Selamat Mencoba

Simak Penjelasan Tutorialnya:



Silakan Cek Profil dan Portofolio GP: DI SINI.

Demikian informasi tentang Cara Cek Portofolio dan Profil Guru Penggerak Setiap Angkatan dan Jenjang Sekolah di Kemdikbudristek. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Cek Portofolio dan Profil Guru Penggerak Setiap Angkatan dan Jenjang Sekolah di Kemdikbudristek"