Twibbon Gagah Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023 dan Sejarah Kebangkitan Pemuda Masa Lalu

Aleepenaku.com-Link Twibbon Gagah Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023. Link Twibbon Gagah Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023 disajikan admin untuk memberikan tip atau cara menyosialisasikan hari bersejarah nasional ini. Yakni Hari Kebangkitan Nasional atau seringkali disebut Harkitnas. Jadi, pastikan dapat memahami cara menggunakan Link Twibbon Gagah Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023.





Hari Kebangkitan Nasional


Hari Kebangkitan Nasional ini diperingati pada tanggal 20 Mei 2023. Berarti, tentang kapan pelaksanaan Hari Kebangkitan Nasional atau kapan diperingati Harkitnas?, maka jawabannya tentu diperingati setiap tanggal 20 Mei, setiap tahunnya. 


Bagaimana jika ada pertanyaan seputar Hari Kebangkitan Nasional?

Mengapa tanggal 20 Mei di peringati sebagai Hari Kebangkitan Nasional?

Apa makna kebangkitan nasional bagi?

Kapan Kebangkitan Nasional itu terjadi?

Bagaimana cara kita memaknai hari kebangkitan nasional?


Maka, perhatikan saksama sejarah singkat Hari Kebangkitan Nasional Berikut.


Sejarah Hari Kebangkitan Nasional


Kebangkitan Nasional Negara Indonesia merupakan suatu periode pada paruh pertama pada abad ke-20. Waktu itu, rakyat Indonesia atau dikatakan juga seabgai rakyat nusantara mulai menumbuhkan rasa kesadaran secara nasional sebagai "orang Indonesia". Artinya benar-benar merasakan sebagai orang yang lahir, tumbuh, hidup, tinggal dan menetap di Indonesia.


Perlu diketahui kembali bahwa pada masa ini atau saat itu ditandai dengan dua peristiwa besar dan penting yang terjadi. Yakni berdirinya organisasi Budi Utomo (tanggal 20 Mei 1908) serta ikrar Sumpah Pemuda (pada tanggal 28 Oktober 1928). Hal ini dapat dibaca  dalam laman wikipedia, bahwa


Peristiwa Penting

 

Pada waktu itulah Belanda menerapkan sistem pemerintahan kolonial kepada orang-orang yang tidak memiliki kesamaan identitas politik. Salah satu tujuan sistem yang diterapkan Belanda ini adalah untuk mengejar keuntungan ekonomi serta menguasai administrasi wilayah. Kemudian, pada awal abad ke-XX, Belanda segera menetapkan batas-batas teritorial di Hindia Belanda. Wilayah Hindia Belanda merupakan wilayah yang menjadi cikal bakal Indonesia.

 

Sekitar pertengahan abad ke-20, muncullah sejumlah organisasi kepemimpinan yang baru. Yakni melalui kebijakan Politik Etis, Belanda membantu menciptakan suatu kelompok orang Indonesia yang terpelajar. Hingga pada akhirnya menjadi kaum terpelajar.


Nah, perubahan keadaan inilah yang terjadi pada orang-orang Indonesia kemudian disebut sebagai Kebangkitan Nasional Indonesia. Terjadilah peningkatan aktivitas politik. Sehingga pada puncaknya lahirlah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. 


Perlu diketahui pula, bahwa kebangkitan nasional ini juga disebabkan oleh masuknya perkembangan pikiran-pikiran kritis dari kaum muda. Para Kamu Muda Indonesia bermuncul dengan pikiran yang kritis, bangkit dari keadaan yang selama ini menekan mereka.


Pendorong Kebangkitan Nasional

 

Faktor internal yang mendorong Kebangkitan Nasional:

  1. Dialaminya penderitaan rakyat Indonesia yang berkepanjangan akibat penjajahan; 
  2. kenangan kejayaan masa lalu, yakni masa Kerajaan Sriwijaya atau Majapahit.  
  3. munculnya kaum intelektual muda yang menjadi pemimpin suatu gerakan. 

Faktor eksternal:

  1. timbulnya paham nasionalisme, liberalisme, dan sosialisme di Eropa dan Amerika.
  2. munculnya gerakan kebangkitan nasional di Asia (Turki Muda, Kongres Nasional India, dan Gandhisme);  
  3. Jepang menang perang atas Rusia, yang menyadarkan negara-negara di Asia untuk melawan negara barat.

 

Ketetapan Hari Kebangkitan Nasional


Hari Kebangkitan Nasional ditetapkan sesuai Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Harkitnas merupakan hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.


Sumber artikel: https://id.wikipedia.org/wiki/Kebangkitan_Nasional_Indonesia


Link Twibbon Gagah Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023

Marilah kita semarakkan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2023 dengan memasang Twibbon keren Semangat Hari Kebangkitan Nasional di bawah ini. Caranya, cukup tekan "Unggah Foto di Sini" yang berwarna biru di bawah bingkainya.

.



Unggah Foto di Sini 





Sedangkan untuk informasi lainnya, direkomendasikan juga:

Twibbon Terbaru

RPP Matematika SD


Demikian Link Twibbon Gagah Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023 dan Sejarah Kebangkitan Pemuda Masa Lalu. Semoga bermanfaat. Salam Literasi.

1 comment for "Twibbon Gagah Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023 dan Sejarah Kebangkitan Pemuda Masa Lalu"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.