Wisata Literasi Guru, Gunung Bromo Sungguh Memukau

Wisata Literasi Guru, Gunung Bromo Memukau

Satu lagi rangkaian halal bihalal Forum Silaturahmi Guru (FSG) Sumenep, yakni rekreasi. Rekreasi kali ini, bukan hanya sekadar memanjakan diri semata. Bukan juga sebab hura-hura belaka. 

Namun, sekaligus meningkatkan rasa syukur kita terhadap ciptaan-Nya yang indah. Betapa alam yang luar biasa memukau. Gunung bromo, di antara sekian gunung indah di Indonesia. 

Wisata alam kali ini, dikemas dengan santai dan penuh kekeluargaan. Namun,  tak lupa untuk tetap berliterasi. Literasi alam semesta. Mengukur pikiran kritis kita untuk menelaah dengan takjub, keindahan bromo. Menebalkan perasaan kagum atas ciptaanNya. Meningkatkan rasa syukur kita atas segala nikmatnya.

Memilih gunung Bromo, bukan pilihan biasa. Banyak faktor yang sudah dipertimbangkan sahabat guru FSG. Memang, gunung Bromo diselimuti pasir. Justru dengan lautan pasir itulah, kita bisa belajar akan deburan "salju pasir" di padang pasir Bromo.

Gunung Bromo merupakan Gunung Indah yang terletak di daerah Kabupaten Probolinggo. Gunung Bromo ini memiliki ketinggian sekitar 2392 mdpl. Gunung  Bromo terlihat eksotik dengan objek utamanya. Yakni, kawah yang luar biasa memukau. Kawah Bromo ini menjadi objek utama yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. 

Bagaimana mencapai puncak dan bibir kawah Bromo? Maka, sahabat guru harus menaiki tangga yang cukup panjang. Tangga menanjak dengan pemandangan lautan pasir yang indah.

Mengapa Gunung Bromo selalu menarik dikunjungi? Sebab, selain sebagai salah satu objek wisata yang indah, Gunung Bromo juga memiliki status sebagai gunung berapi yang masih aktif. Selain itu, Gunung Bromo juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Perlu diketahui, dikutip dari wikipedia.com bahwa Nama Bromo sendiri sebenarnya berasal dari nama dewa utama dalam agama Hindu, yaitu Dewa Brahma. Dengan demikian, Gunung Bromo memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun regional.

Ada Spot Wisata Apa Saja di Bromo?
Dikutip dari tripwisatabromo.com, ternyata di kawasan Gunung Bromo memiliki beberapa spot yang indah. Di antaranya sebagai berikut.

Air Terjun Madakaripura
Kawah Gunung Bromo
Puncak Penanjakan 1 Bromo
Bukit Kingkong
Bukit Cinta
Seruni Point
Bukit Mentigen
Pura Luhur Poten
Gunung Batok
Pasir Berbisik
Puncak B29 dan B30 Mount Bromo
Bukit Savana Teletubbies Bromo
Lautan Pasir Bromo
Ranu Pane
Ranu Kumbolo Gunung Semeru
Air Terjun Coban Pelangi
Jembatan Kaca Bromo
Bromo Hillside

Nah, spot manakah untuk aktivitas wisata literasi Forum Sliaturahmi Guru (FSG) kali ini? Tunggu keseruannya. 

Yuk,  trip with leteracy.

2 comments for "Wisata Literasi Guru, Gunung Bromo Sungguh Memukau"

  1. Mantap pak Ali, Bromo tempat wisata yang menjadi daya tarik tidak hanya wisatawan lokal tapi juga manca negara.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.