Bimtek Kemdikbud: Ayo Daftar Pelatihan Angkatan 6 Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi

Sahabat aleepenaku, guru Indonesia yang hebat. Patut kita bersyukur kepada-Nya atas segala limpahan sehat dan petunjuk-Nya kepada kita. Sehingga kita senantiasa terus bisa belajar dan berbagi. Belajar untuk terus mengembangkan dan menigkatkan kemampuan diri. Terutama terkati dengan tugas dan tanggung jawab kita sebagai tenaga pendidik.

Sumber Gambar Tangkapan Layar: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-semangat-guru-kemampuan-nonteknis-dalam-adaptasi-teknologi/

Kali ini, aleepenaku ingin berbagi dan menginformasikan tentang Bimtek Angkatan 6 Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi. Pelatihan ini diselenggarakan oleh kemdikbudristek pada program Guru Belajar dan Berbagi.

Apakah sebenarnya Bimtek Angkatan 6 Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi itu? 

Bimtek Angkatan 6 Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi merupakan pelatihan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan non teknis sebagai pendukung yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. 

Akselerasi tekonologi yang diaplikasikan dalam kegiatan pendidikan akan lebih bisa manfaatnya apabila diimplementasikan dengan critical thinking, creative thinking, commonicative dan collaborative. Atau lebih dikenal dengan sebutan kecakapan abad 21 (4C).

Bimtek Angkatan 6 Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi merupakan program yang dirancang untuk menawarkan solusi peningkatan kemampuan  nonteknis atau soft skill untuk guru dan GTK lainnya. Sehingga Kemampuan non teknis adaptasi teknologi menjadi pendukung dalam kegiatan belajar mengajar.

Apakah tujuan Program Guru Belajar dan Berbagi pada Seri Semangat Guru tentang Kemampuan Nonteknis dalam Adapatasi Teknologi ini?

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam laman: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-semangat-guru-kemampuan-nonteknis-dalam-adaptasi-teknologi/ bahwa beberapa tujuan utamanya adalah seabgai berikut.

  1. Mendukung program pemerintah (Kemdikbud), Misalnya: Guru Penggerak, Guru Belajar, Guru Berbagi, Merdeka Belajar, Pendidikan karakter, AKM, Literasi dan Numerasi  serta lainnya. Tentu saja juga membantu menciptakan program kreatif dan keberlangsungan dalam program Guru Belajar dan Berbagi.
  2. Meningkatkan ataupun mengembangkan kompetensi guru dalam bidang IT dan adaptasi teknologi dalam proses pembelajaran.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan soft skill guru (4C: critical thinking, creative thinking, commonicative dan collaborative)
  4. Memberikan pengalaman tambahan dalam mengikuti pelatihan online.
  5. Memberikan ruang bagi guru secara Nasional untuk saling berkolaborasi dalam belajar dan berbagi tentang kemampuan nonteknis ini.

Siapakah yang boleh mendaftar sebagai peserta Bimtek Angkatan 6 Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi?

Janganlah khawatir, calon peserta Bimtek Angkatan 6 Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi ini berasal dari:

  1. Guru jenjang PAUDDIKDASMEN dan Sekolah Luar Biasa setiap jenjangnya.
  2. Kepala Sekolah
  3. Pengawas Sekolah 
  4. Tenaga Admin sekolah
  5. Semuanya memiliki dan mengelola akun SIM PKB.

Dalam pelaksanaannya, semua peserta harus mengikuti 6 pelajaran dalam Bimtek Angkatan 6 Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi ini. Dan hal tersebut dilaksanakan secara berurutan. Artinya, peserta yang boleh atau bisa mengikuti pelajaran 2 adalah peserta yang telah menyelesaikan pelajaran 1. Demikian seterusnya.

Jadwal Pelaksanaan:

Kegiatan pelatihan atau Bimtek Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi dilaksanakan sebanyak 14 angkatan. Mulai dari tahun 2021 hingga tahun 2022. Setiap angkatan ada waktu beberapa minggu. 

Adapun Jadwal selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut.

Sumber Gambar Tangkapan Layar: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-semangat-guru-kemampuan-nonteknis-dalam-adaptasi-teknologi/


Sumber informasi ini dapat diakses di: laman https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-semangat-guru-kemampuan-nonteknis-dalam-adaptasi-teknologi/

Ayo registrasi sekarang! Bimtek Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi silakan klik tombol Daftar Di Sini, di bawah ini.


Atau bisa langsung juga, Mulai Belajar Mandiri, Di Sini.

Catatan Penting: 

  1. Setelah masuk pada portal Bimtek Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi, bacalah saksama dari atas hingga ke bawah. Lalui, klik tombol "Mulai Belajar" pada bagian bawah. Sebagaimana gambar di bawah ini.
    Sumber Gambar Tangkapan Layar: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-semangat-guru-kemampuan-nonteknis-dalam-adaptasi-teknologi/

  2. Kemudian, peserta akan diarahkan ke SIM PKBnya masing-masing untuk login dan memulai pelatihan daring mandiri.

Disarankan juga melengkapi informasi dengan membaca juga:









Untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:

Modul Literasi dan Numerasi Lengkap

RPP Matematika SD

RPP Daring SD,SMP.SMA

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru

Soal PAS Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/ MI

Form Analisis PH SD

Salam literasi. Demikianlah info pendidikan yang bisa aleepenaku sampaikan. Semoga bermanfaat.

    2 comments for "Bimtek Kemdikbud: Ayo Daftar Pelatihan Angkatan 6 Seri Semangat Guru Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi"

    Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.