Guru Bloger Kreatif: Cara Menulis Catatan Harian di Blog Inspiratif

Aleepenaku.com-Saat ini, aktivitas literasi terus menggeliat secara masif. Bahkan, telah banyak hadir pelatihan menulis. Terutama menjamur via pelatihan menulis secara daring. Banyak pula guru atau masyarakat yang sudah mulai biasa menulis setiap saat.


Mereka bisa menulis dengan beragam gaya kepenulisan, tujuan dan jenis tulisan. Sehingga benar-benar bisa melepas ide atau gagasan menjadi tulisan yang inspiratif. Berbagi ide yang bermanfaat dalam bentuk tulisan. Salah satu tujuannya adalah apa yang dipikirkan akan abadi dalam bentuk tekstual, tulisan ataupun buku.

Nah, pertanyaannya, bagaimana cara menulis yang baik dan konsisten? Menulis yang terus menerus aktif dan bermanfaat. Juga bisa menulis setiap hari. Apa saja yang akan kita tulis? Lalu, media apa yang dapat kita jadikan tempat untuk menulis?

Nah, strategi yang sudah pernah dipraktikkan adalah menulis dengan cara mencicil. Menulis perlahan-lahan. Meskipun tidak banyak. Namun, konsisten dilakukan setiap hari. Apakah itu? Cara mudahnya, kita menulis diary atau catatan harian.

Akan tetapi, terlebih dahulu kita perlu memahami hakikat menulis serta tujuannya. Sehingga, apa yang kita lakukan benar-benar terarah. Komponen menulis itu antara lain sebagai berikut (Mulyati, 2007).

a. Hakikat menulis, Pada hakikatnya menulis merupakan cara seseroang dalam menyampaikan gagasan dan pesan dengan menggunakan lambang grafis (tulisan). Dengan tulisan tersebut, seseorang secara leluasa menyampaikan idenya. Sehingga orang lain dapat membaca ide penulisnya melalui tulisan itu.

b. Tujuan menulis. Jika melihat pembelajaran menulis di sekolah, memiliki tujuan agar siswa mampu menulis secara runtut dan baik/ Sama pula ketika seseorang menulis. Perlu pembelajaran diri secara konsisten agar dihasilkan tulisan yang baik. Maka, tujuan menulis menyampaikan ide dan gagasan serta pesan akan tersampaikan dengan baik.

.

Catatan Harian secara Elektronik

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki banyak pengalaman berbeda dalam kehidupannya. Kadang kita mengalami espisode hidup yang unik, menarik, dramatis, traumatik, bahagia, beruntung, penuh ujian dan seterusnya. Pengalaman itu, akan berharga bagi orang lain agar bsa dipetik dan dijadikan pelajaran hidup. Sangat bermanfaat.

Selama ini, seseorang yang menjadi tempat curhat yaitu teman akrab, orang tua, guru, saudara dan lainnhya. Tetapi, mungkin saja lebih baik bisa dituliskan menjadi catatan harian kita sendiri.  

Apakah Buku Catatan Harian Itu?

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, buku catatan harian adalah buku tulis yang diisi atau berisi catatan kegiatan yang harus dilakukan dari kejadian yang dialaminya setiap hari. Buku catatan harian dapat berupa buku catatan pribadi yang berisi catatan kejadian atau pengalaman seseorang yang dialaminya setiap hari. Pada zaman sebelum melek IT, buku catatan harian ditulis ke buku tulis atau agenda secara manual.

Saat ini, sudah berbeda. Pada zaman yang lebih canggih secara teknologi, kegiatan menulis harian dapat dilakukan di smartphone atau laptop kita. Menggunakan berbagai aplikasi. Misalnya, word, speech note, note, dan beragam aplikasi catatan lainnya. Cara ini lebih efektif, sebab akan tersimpan aman dan tersusun rapi. Lebih baik lagi, setelah menulis digital catatan harian kita, simpanlah ke blog kita. Agar menjadi tabungan tulisan dan bisa dibaca orang lain di jagat maya. Misalnya, blog aleepenaku.com dengan konten pendidikan secara umum.

Apakah Saja yang Bisa Kita Tulis?

Pertama, kita menulis apa saja yang kita pikirkan. Menuliskan sesuatu yang terpikirkan pada saat itu terjadu. Ide atau gagasan yang muncul di pikiran kita dapat berupa gambaran peristiwa, orang, tempat, waktu, bahkan mimpi pun dapat diungkapkannya.

Hal-hal yang sulit dilupakan. Sebab, sesuatu yang kita pikirkan biasanya terkait erat dengan pengalaman kita dalam hidup ini. Sehingga membentuk ingatan kuat hingga ke alam bawah sadar kita.

Kedua, kita dapat menulis catatan harian berdasarkan hasil reflesi diri. Perenungan terhadap suatu masalah atau liku-liku perjalanan hidup, menjadi menarik untuk ditulis.

Ketiga, berdasarkan hasil pengalaman yang terjadi. Pengalaman adalah sesuatu hal yang sangat pribadi. Hanya Allah, Tuhan Yang Maha Esa kita yang tahu dan mengalami. Pengalaman akan sangat menarik bila dituliskan dengan menarik pula. Tentunya kita harus menuliskannya sesuai dengan rentetan peristiwa yang dialami.

 

Apa sajakah Bentuk Buku Catatan Harian tersebut?

  • Agenda. Agenda adalah buku catatan harian yang sudah dicetak. Memuat item hari, tanggal, bulan, dan tahunnya. Kita dapat menuliskan kegiatan pada kolom yang tersedia, sehingga panjang tulisannya terbatas. Sesuai dengan tempat yang tersedia.
  • Esai atau kolom. Menulis dengan gaya uraian, biasanya berupa narasi. Kita bebas menuangkan gagasan atau ide-ide, perasaan, pengalamannya. Gaya tulisannya berbentuk uraian (esai).
  • Puisi. Penulisan buku catatan harian berbentuk puisi. Seseorang ingin mengungkapkan emosi dan perasannya secara puitis.. Setelah dituliskan, seseorang akan merasa lega dan lepas dari beban yang dirasakan.
  • Cerpen. Seseorang senang menulis cerita dirinya dalam bentuk cerpen. Peristiwa dan tempat, disamarkan. Lebih menarik dibumbui dengan unsur-unsur sastra pada cerpen. Ini juga dapat menghasilkan karya yang luar biasa.

Tentu masih banyak lagi tentang cara seseroang menulis catatan harian tersebut. Bergantung penulisnya mau menulis jenis apa.

Menulis Catatan Harian di Blog Pribadi Kita

Satu keuntungan apabila kita bisa menuliskan catatan harian tersebut di blog pribadi kita. Blog kita adalah miiki kita. Rumah maya kita. Seseorang bisa menuangkan apa aja di blog tersebut agar bisa menyampaikan semua idenya. Gagasan tersebut akan banyak dibaca oleh orang lain sebagai inspirasi.

Keuntungan Menulis Catatan Harian di Blog Kita

  1. Kita menjadi terlatih menulis secara konsisten setiap hari
  2. Melatih kemampuan berpikir dan mengelola emosi
  3. Melatih kita berbagi
  4. Menginspirasi orang lain
  5. Menjadi pelajaran berharga bagi kita dan orang lain
  6. Menjadi sarana mengungkapkan ide dan gagasan
  7. Menyampaikan pesan secara leluasa
  8. Menjadi blog yang mampu memberikan masukan bagi pembaca
  9. Catatan harian di blog itu bisa dibukukan
  10. Blog kita bisa dimonetasi

Oleh karena itu, tidak ada alasan seorang guru tidak menulis, juga seharusnya memiliki blog pribadi sebagai rumah maya dan tempat terbaik dalam menulis. Buktikan. Cobalah.

 Artikel lain yang seringkali dibaca, disarankan:

Panduan Membuat Blog Keren Gratis

Tutorial Membuat Blog Pribadi

Cara Mudah Mengelola Blog Pribadi

Memasang Template Keren di Blog Pribadi

Info Blogger Dahsyat

Twibbon Hari Inovasi 2021

Twibbonize November Ceria

Twibbon Hebat  Profil Pelajar Pancasila

Twibbonize keren 2021

ANBK SD 2021

Bentuk dan Contoh AKM ANBK SD 2021

Contoh Soal  AKM pada jenjang SMP 

Contoh Soal Prediksi  AKM ANBK SMA

Modul Literasi & Numerasi SD

Informasi AKM Tahun 2021

Twibbon Hari Kesaktian Pancasila (HKP) 

Twibbonize Ceria KTS 1

Twibbon Elegan Hari Batik Nasional

Mengajar dengan Model Hybrid

Peran orang tua dalam Masa Pandemi

Metode Terbaik dalam Pembelajaran Pandemi

Rangkuman Materi Pembelajaran Tematik (MPT) SD/ MI

Administrasi Pendidikan dan Perangkat PembelajaranTerlengkap

Demikian yang bisa aleepenaku.com sampaikan saat ini tentang Guru Bloger Kreatif: Cara Menulis Catatan Harian di Blog Inspiratif. Semoga bermanfaat. 

Yang paling banyak diunduh.

18 comments for "Guru Bloger Kreatif: Cara Menulis Catatan Harian di Blog Inspiratif"

  1. Terimakasih. Smg sll manfaat barokah

    ReplyDelete
  2. Bpk ,maaf tulisan saya ringkas tuk memudahkan menyampaikan ke siswa tuk belajar menulis di blog, Makasih.Semoga berkah ilmunya.
    (Guru pemula menulis blog(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo bu. Terima kasih. Silakan boleh kirim nasah di aleepenaku.com

      Delete
  3. Mencicil tulisan adalah cara terbaik bagi seseorang yang kekurangan waktu luang. Dan bisa juga untuk orang-orang yang kesulitan mengembangkan ide ke arah yang lebih luas, dalam sekali duduk. Selain itu pula bermanfaat melatih kedisiplinan dan membuat kita menjadi lebih lancar saat menulis.

    ReplyDelete
  4. Bismillah. Mencoba mencicil menulis harian di blog mulai hati ini. Maksiih ilmunya..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih inspirasinya Pak Alee. Semoga memiliki keberanian memulai

    ReplyDelete
  6. CATATAN HARIAN YANG SELAMA INI KITA TULIS DALAM DIARI BISA KITA TULIS DI BLOG, KEREN..

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.