Sinkronisasi AN, Bentuk Soal AKM, Cara Menjawab Soal Literasi Numerasi dan Simulasi Mandiri Siswa

Aleepenaku.com-Selamat dan sukses dalam menyambut pelaksanaan ANBK tahun 2021. Sukses juga selalu untuk siswa kita semuanya. Jangan pernah lupa untuk senantiasa belajar dan berusaha. Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021 ini merupakan pelaksanaan yang pertama setelah UN dihapus. Bahwa ANBK dilaksanakan dengan peserta random dipilih oleh Kemdikbudristek. Setiap sekolah setidaknya maksimal 30 untuk siswa SD. Jadi peserta ANBK itu berlaku untuk kelas 5 SD, 8 SMP dan 11 SMA sederajat.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah mengadakan simulasi pelaksanaannya sebanyak 2 kali. Dan beberapa waktu lalu telah dilksanakan juga gladi bersih. Gladi bersih ini benar-benar telah disiapkan administrasi pelaksanaannya seperti pelaksanaan ANBK.

Siapakah yang harus berperan dalam pelaksanaan ANBK?

Kepala sekolah, guru, proktor dan warga sekolah lainnya seharusnya bahu membahu membantu terlaksananya ANBK ini dengan baik dan lancar. Terutama menyiapkan perangkat untuk bisa mengakses link soal dengan baik. Baik yang memilih online full maupun memilih semi online dengan memiliki server sendiri.

Silakan saja para guru sesuai dengan tugas yang diemban untuk membantu kelancaran persiapan dan proses ANBK 2021. Misalnya: penataan bangku, perangkat komputer, jaringan internet dan lainnya. Tujuannya agar siswa nyaman ketika mengerjakan soal ANBKnya. Seperti pada pengalaman simulasi atau simulasi mandiri, ketika menjumpai kekurangan yang terjadi, untuk segera dicarikan solusi. Sebagai contoh, jika kapasitas layanan signal kurang baik, segera untuk bisa memperbaikinya.

Disarankan bagi lembaga satuan pendidikan, terutama proktor dan guru yang ditugasi untuk tetap update informasi ANBK 2021 di laman: anbk.kemdikbud.go.id

Pada hari Senin 25 Oktober 2021 yang lalu, telah dilaksanakan gladi bersih ANBK tahun 2021 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Nah, itu juga sebagai bahan masukan bagi sekolah atas kekurangan yang terjadi. Juga perlu dianalisis faktor penghambat yang terjadi. Kemudian, diskusikan dengan kepaladan warga sekolah untuk menemukan solusinya. Kekurangan yang terjadi jangan dibiarkan saja. Sehingga dapat memengaruhi kelancaran pada pelaksanaannya.

Pada November ini akan dilalui jadwal yang behubungan dengan pelaksanaan ANBK dengan pada sekali. Untuk jenjang SD/ MI gelombang III dan IV, sinkronisasi dilakukan mulai hari ini hingga tanggal 4 November. Sedangkan pelaksanan sinkronisasi ANBK jenjang jenjang SD/ MI gelombang I dan II dimulai tanggal 12-14 November 2021. Serta pelaksanaan puncak AN jenjang SD/ MI Gelombang I dan II yaitu pada tanggal 15-18 November 2021.

Selengkapnya Jadwal Terbaru AN 2021

Kemudian, sebagaimana pengalaman pada simulai I dan II maupun simulai mandiri bahwa terdapat beberapa soal yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Soal tersebut memang bersifat HOTS. Sehingga siswa harus dilatih dengan cara yang terbaik dalam menyelesaikan soal tersebut.
Bagaimana caranya agar siswa mudah mengerjakan soal HOTS itu? Berilah bimbingan dengan menganalisis soal seteliti mungkin. Baik sola literasi maupun numerasi. Baik pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, maupun uraian.
Cobalah perhatikan cara menjawab soal pada salah satu soal berikut.

Atau dapat dipelajari langkah menjawab soal dengan solusi cerdas, di sini.

Guru juga perlu melatihkan siswa dengan saksama memahami bentuk dan soal AKM pada ANBK tersebut. Misalnya, bagaimana memahami bentuk soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian singkat dan uraian.
Sebab, tanpa memahami bentuk soalnya, siswa akan kesulitan untuk menjawabnya. Menurut pengalaman, seharusnya suatu pertanyaan dijawab lebih dari satu jawaban pada pilihan ganda kompleks, namun siswa hanya menjawab satu pilihan karena belum memahami bentuk soalnya.
Silakan diunduh dan dipahami bentuk dan soal Literasi dan Numerasi AKM berikut.


Untuk simulasi mandiri dapat dilakukan setiap waktu dengan bimbingan guru, silakan mahirkan dengan mencoba simulasi tersebut di sini: Simulasi Mandiri AN (ANBK) 2021 Jenjang SD, SMP, SMA.

Informasi penting lainnya, disarankan membaca juga:

Bentuk dan Soal literasi numerasi ANBK 2021

Jadwal Mengikuti Simulasi ANBK 2021

Tahapan Penting ANBK 2021

Cara Menjawab Soal HOTS AKM 2021

Solusi Cerdas Mengerjakan Soal Sulit ANBK 2021

Kisi-kisi dan Soal AKM Literasi Teks Fiksi

Kisi-kisi dan soal AKM Literasi Teks Informasi

Aplikasi AKM Berbasis Android

Tugas Guru dan Sekolah pada AKM 2021

Generate dan Aplikasi KSN 2021

Pedoman IASP: Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2021

Aplikasi AKM Kelas Bagi Guru dan Siswa

Terima kasih aleepenaku ucapkan. Terima kasih telah menjadikan aleepenaku sebagai bagian dari cara belajar, saling tukar informasi dan mengembangkan literasi. Semoga bermanfaat.

Administrasi dan Perangkat Pembelajaran

6 comments for "Sinkronisasi AN, Bentuk Soal AKM, Cara Menjawab Soal Literasi Numerasi dan Simulasi Mandiri Siswa"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.