Unduh Form Program Perbaikan dan Pengayaan Pembelajaran

 Aleepenaku.com-  Program Perbaikan dan Pengayaan Pembelajaran sebenarnya adalah program yang telah biasa dilaksanakan oleh seorang guru.  Program Perbaikan dan Pengayaan Pembelajaran ini senantiasa dilakukan apabila benar-benar dibutuhkan. Dalam arti, kondisi siswa di kelas memang mengharuskan dilaksanakannya  Program Perbaikan dan Pengayaan Pembelajaran.

Kondisi seperti apa yang harus diadakan  Program Perbaikan dan Pengayaan Pembelajaran? Sebelumnya, ada baiknya, marilah kita mengingat kembali tentang istilah Perbaikan Pembelajaran (remedial teaching) dan Pengayaan Pembelajaran.

Perbaikan Pembelajaran (Remedial Teaching)

Perbaikan pembelajaran ditujukan atau diberlakukan kepada siswa yang membutuhkan peningkatan hasil belajar secara kognitif, terutama. Namun, dari aspek afektif dan psikomotof, guru juga bisa memberikan penguatan sesuai dengan kebutuhan siswa.


Remedial teaching, dimaksudkan agar siswa memenuhi harapan minimal mencapai kriteria ketuntasan belajar. Nah, KKM ini setiap kelas dan mata pelajaran berbeda. Maka, menentukan KKM haruslah sesuai dengan langkah-langkah yang sudah dipelajari dan relevan dengan prosedurnya. Misalnya harus mengetahui kompleksitas, sara pendukung dan aspek lainnya.

Sebenarnya, guru bisa memberikan remedial teaching kepada siswa yang telah diketahui melalui penilaian harian, memiliki kemampuan tidak mencapai KKM yang ditentukan. Misalnya, KKM yang ditentukan untuk muatan pelajaran tertentu adalah 65. Jika siswa A seringkali tidak tuntas dalam mencapai KKM tersebut, maka guru bisa melakukan tindakan perbaikan dengan program perbaikan pembelajaran. 

Program perbaikan pembelajaran dapat dilakukan secara individual, kelompok maupun klasikal. Bergantung tingkat persentase kegagalan siswa dalam memahami SK/ KD tertentu. Sehingga, yang diremedi bisa saja hanya pada KD tertentu yang memang jauh di bawah KKM. Jika bersifat individual, berarti cukup hanya satu atau dua siswa saja yang seringkali tidak mencapai KKM. Namun, jika ada sekelompok siswa mengalami masalah dan kesulitan relatif sama pada KD atau bahkan muatan pelajaran tertenu, maka guru dapat melaksanakan program kelompok dalam remedial teaching. Apabilan mayoritas siswa tidak tuntas dalam belajarnya, maka guru dapat "mengulang" materi ajar tertenfu secara klasikal yang tidak "terjangkau" optimal oleh pemahaman siswa.

Nah, untuk program pengayaan individual dan kelompok, guru dapat menyusun program perbaikan dengan melakukan tambahan pembelajaran atau pemahaman agar siswa tersebut dapat mencapai ketuntasan minimal. Guru dapat menggunakan form program yang dibuat sendiri oleh guru. Misalnya, format tersebut berisi kolom:

Nomor

Jenis Program

Jumlah Peserta 

Indikator (yang diremedi)

Nomor soal pada PH

Pelaksanaan Kegiatan

Keterangan

Catatan: Jika semua soal mencakup beberapa indokator mengalami masalah (di bawah KKM), maka remedial teaching dilaksanakan pada KD atau muatan pelajaran tersebut.

Namun demikian, format ini bukanlah format yang baku. Guru dapat mengembangkannya. Atau bahkan lebih sempurna lagi jika dikembangkan secara lengkap dengan instrumen yang lengkap pula. Perlu diketahui, format yang akan dibagikan ini, hanyalah format yang sederhana. Sebab, dengan format yang sederhana ini, dapat secara cepat program kegiatan remedial teaching untuk segera dilaksanakan.

Jika memang menemukan masalah dengan temuan yang bersifat umum dan menyeluruh tentang masalah pembelajaran, sebaiknya dilakukan analisis secara mendalam. Misalnya, pembelajaran yang "gagal" tersebut diakibatkan oleh beberapa kemungkinan, misalnya:

Metode yang digunakan guru belum mampu mendongkrak semangat belajar siswa

Kompetensi siswa belum maksimal

Motivasi belajar siswa kurang optimal

Sarana prasarana pembelajaran kurang mendukung

Situasi pembelajaran kurang mendukung

Keterlambatan siswa dalam belajar

Keaktifan siswa rendah

Dan beragam persoalan pembelajaran lainnya.

Maka, jika menemukan atau mengalami persoalan tersebut, tidak saja sekadar melakukan remedial teaching seperti biasanya. Disarankan guru tersebut dapat melakukan tindakan reflektif dalam pembelajaran. Guru bisa melakukan analisa atau diagnosa, diskusi dengan teman sejawat, menentukan formula baru, menerapkannya, mengevaluasi serta melakukan tindak lanjut pembelajaran secara bersiklus. 

Hal ini bergantung kepada guru dan tingkat "kegagalan" siswa dalam pembelajaran. Nah, pada situasi pandemi, setiap guru lebih memahami kondisi siswanya, kondisi sekolah dan situasi sekitarnya. Lakukanlah yang memungkinkan saja. Apalagi saat ini, tengah berada pada musim pandemi, yang insyaAllah akan segera normal kembali. Amin.

Program Pengayaan Pembelajaran

Program pengayaan pemebelajaran dimaksaudkan untuk membantu siswa mengembangkan kelebihan yang dimiliki. Dapat berupa bakat, minat, keterampilan, dan kecakapan intelektual. Guru memang telah memahami karakteristik setiap siswanya. Jadi, guru dapat memperlakukan pembimbingan siswa seusai dengan kebutuhan dan tahap perkembangannya. 

Apabila siswa membutuhkan untuk belajar ulang dan memahami secara mendalam suatu meteri ajar, maka remedial tecahing yang tepat. Namun, jika meengetahui seorang anak yang memiliki kemampuan yang lebih, maka guru juga dapat terus mendorongnya dengan tugas-tugas pengayaan. Sehingga siswa tersebut semakin dapat menyalurkan kemampuannya.

Seperti pada program perbaikan pembelajaran, maka program pengayaan ini juga dapat dituangkan dalam format program pengayaan siswa. Hal ini juga bergantung para guru dalam melaksanakan program luar biasa ini.

Adapaun para sahabat yang ingin mendapatkan contoh fromat program perbaikan dan pengayaan pembelajaran, silakan dapat diunduh dengan mudah di bawah ini.

Form Proram Perbaikan dan Pengayaan Pembelajaran >>>>> Unduh Di sini

Kemudian, selain melaksanakan  Proram Perbaikan dan Pengayaan Pembelajaran, guru perlu juga melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan terangkum dalam jurnal pembelajaran. Sehingga guru dapat mengevaluasi terhadap KBM yang dilaksanakannya sendiri.

Untuk memeroleh Jurnal Pembelajaran Guru, silakan dapat dunduh dengan mudah di bawah ini:

Jurnal Pembelajaran Guru Kelas (Guru Mapel Menyesuaiakan) >>>> Simak Di Sini.

Untuk memeroleh informasi lainnya, dapat dibaca juga:

Kisi-Kisi PTS Lengkap

Soal PH dan PTS Lengkap

Soal AKM SD, SMP, SMA

Pemecahan Soal AKM Numerasi

Simulasi ANBK 2021 

Profil Pelajar Pancasila

Twibbonize Siap PTS 1

RPP SD Lengkap

Modul Pembelajaran SD, SMP, SMA

Program Sekolah Penggerak

Demikianlah yang dapat aleepenaku sampaikan. Semoga bermanfaat.



12 comments for "Unduh Form Program Perbaikan dan Pengayaan Pembelajaran"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.