Cara Publikasi Jurnal Penelitian Guru di Perguruan Tinggi (Contoh Jurnal Download Gratis)



Salah satu kegiatan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan seorang guru adalah melakukan publikasi ilmiah. Nah, publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal penelitian yang dapat diterbitkan di perguruan tinggi atau institusi lain yang relevan haruslah melalui tahanapan ilmiah.

Tahapan tersebut tentu saja dimulai dari kegiatan penelitian di kelas atau sekolah. Pelaporan hasil penelitian dan rekomendasi. Kemudian berikutnya, guru peneliti dapat memublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk jurnal penelitian yang diterbitkan oleh penyedia jurnal berISSN.

Hal yang peru diperhatikan adalah bahwa setiap perguruan tinggi memiliki gaya selingkung atau tata penulisan jurnal yang berbeda. Walaupun pada hakikatnya sama, namun perlu dipenuhi gaya penulisan itu. Misalnya, ketentuan akstraksi, isi, daftar Pustaka, struktur penulisan, jumlah kata yang dipersayaratkan, dan sebagainya.

Menurut pengalaman, menaikkan karya hasil penelitian ke jurnal perguruan tinggi, dapat dilakukan dengan memosting atau mendaftarkan karya kita melalui link jurnal PT tersebut. Jika ada kesulitan dapat menghubungi petugas atau penanggung jawab jurnal tersebut.

Salah satu contoh hasil terbitan jurnal hasil penelitian guru, dapat disimak di Jurnal Penelitian Guru Perguruan Tinggi.

Juga bisa dilihat di Jurnal Penelitian Guru SD

Sedangkan contoh artikel ilmiah yang telah dijurnalkan, dapat dilihat di Artikel Ilmiah Guru


Jika guru pembaca ingin menerbitkan jurnal hasil peneltiannya di Perguruan Tinggi, cobalah mengakses kontak Jurnal Penelitian PerguruanTinggi.

Untuk mendapatkan contoh hasil penelitian tindakan kelas guru yang telah dijurnalkan berISSN di perguruan tinggi, dapat didownload di sini.

 

6 comments for " Cara Publikasi Jurnal Penelitian Guru di Perguruan Tinggi (Contoh Jurnal Download Gratis)"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.