Guru Wajib Memahami Sinkronisasi Data SIM PKB 2021, Unduh Pedoman FAQnya

Para sahabat guru Indonesia di manapun berada. Apakah bapak ibu guru dan sahabat sekalian telah melaksanakan UKG 2015. InsyaAllah, tentu sudah. Namun demikian, masih ada juga beberapa sahabat guru yang mungkin belum mengetahui nilai UKGnya. Bahkan nilai pelatihan tahun selanjutnya. Lebih tepat, rapor guru di SIMPKB.

Mengapa hal demikian terjadi? Menurut pengalaman admin aleepenaku, banyak di antara sahabat yang satu daerah belum sepenuhnya memahami fungsi pentingnya akun SIM PKB itu? Padahal banyak sekali informasi yang harus dipahami guru, di Akun SIM PKB itu.

Informasi yang bisa diperoleh, misalnya tentang data diri, rapor pelatihan, sertifikat pelatihan, nilai UKG, Komunitas KKG, Pengumuman diklat dan pelatihan, PPG, dan masih banyak lagi lainnya. Termasuk terintegrasi dengan Informasi GTK Kemdikbud yang sangat banyak informasi penting lainnya.

Misalnya, program pelatihan atau bimtek seri guru belajar masa pandemi, guru berbagi, guru belajar, dan lainnya. Akan menjadi sayang sekali jika kita melewatkan banyak informasi tersebut. Oleh karena itu, guru wajib memahami akun SIM PKB nya sendiri. Sebab, untuk masuk ke akun SIM PKBnya, guru menggunakan user dan password yang seharusnya dimiliki sendiri, bukan orperator sekolah. Kecuali secara teknis ada kendala, bisa diskusi jalan keluar dengan tim teknis sekolah.

Sedangkan untuk masuk ke SIM PKB, silakan mengunjungi laman gtk.belajar.kemdikbud.go.id/. Sekali lagi, gunakan user nomor UKGnya dan password yang sudah diketahui para sahabat. JIka para guru sekalian ingin memahami cara mengelola akun SIM PKB, maka bisa membaca juga artikel penting: Cara Mengelola Akun SIM PKB Guru.

Namun demikian, masih banyak juga kendala yang dihadapi. Sehingga, kadang guru malas untuk membuka akun SIM PKBnya. Bisa jadi, SIM PKBnya dibuka sebulan sekali atau lebih. Sebisa mungkin, seharusnya guru masuk ke akun SIM PKBnya sesering mungkin. Tujuannya adalah untuk melihat update pengumuman dari kementerian. Terkait dengan pelatihan, bimtek, dan sebagainya.

Gambar: gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

Nah, apa saja yang biasa terjadi kendala pada akun SIM PKB para sahabat guru. Secara umum, kendala yang dihadapi atau persoalan yang sering dirasakan adalah sebagai berikut.

Data sahabat guru tidak Upadate di SIM PKBnya

Akun SIM PKBnya tak Sinnkron DAPODIK atau tak tersambung

Cara mengkoneksikan dengan DAPODIK

Mungkin ada akun dobel

Belum memiliki akun SIM PKB

Mendaftar akun di SIM PKB

Sahabat lupa password SIM PKBnya

Cara mudah dalam menggati password

Sahabat bisa mengubah nama, jika salah?

Upadate data diri guru di SIM PKB

NUPTK bermasalah?

NUPTK tidak tampak di akun SIM PKBnya.

Itulah masalah umum yang terjadi. Sehingga para sahabat perlu mendapatkan jawaban sekaligus praktik untuk segera memperbaikinya. Oleh karena itu, para sahabat dapat mendownload gratis FAQ atau tanya jawab seputar kendala yang dihadapi dalam mengelola SIM PKBNya. Maka, sahabat guru Indonesia, silakan unduh Pedoman FAQ SIM PKB 2021 di bawah ini.

Pedoman FAQ SIM PKB 2021 di bawah ini >>>>> UNDUH DI SINI

Nah, sahabat guru Indonesia yang luar biasa, untuk informasi lainnya, sahabat dapat mempelajari Panduan Mengelola Akun SIM PKB, Ayo Berbagi dan Ayo Belajar, silakan baca juga: Panduan Lengkap Guru Mengelola Akun SIM PKB, Ayo Guru Belajar dan Berbagi 2021.

Sedangkan untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:

Tahapan CASN PPPK 2021

Program Terbaru Kemdikbud bagi CASN PPPK Guru 2021

Info CASN PPPK Guru 2021

Prediksi Soal PPPK Guru dan Cara Jitu Lolos Seleksi

Informasi Literasi Bagi Guru

Para sahabat guru Indonesia yang hebat. Demikian apa yang bisa disampaikan kepada para sahabat. Semoga bermanfaat.

6 comments for " Guru Wajib Memahami Sinkronisasi Data SIM PKB 2021, Unduh Pedoman FAQnya "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.