DOWNLOAD Gratis Contoh RPP Masa Pandemi Mode Daring dan Luring untuk TK/RA, SD/MI, SMP/MTS,SMA/MA dan SMK/MK Dikdasmen

Pandemi yang terjadi di negara kita menyebabkan banyak sektor kehidupan harus mengalami pergeseran pola. Termasuk dalam sektor pendidikan. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan cara belajar mengajar. Oleh karena itu, mode PJJ mengharuskan guru senantiasa meningkatkan kemampuannya. Selain kemampuan keguruan, maka guru harus mengembangkan kecakapan digitalnya.

Kemajuan teknologi informasi secara langsung dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Tekonologi pembelajaran yang dikembangkan telah menghadirkan paradigma baru tentang bagaimana siswa belajar, orang tua mendampingi dan guru mengajar. Hak anak untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, hak sehat dan hak untuk berpendapat tetap terpenuhi. Kewajiban guru dengan segala tugas-tugas profesinya juga harus ditunaikan.

Masih tentang tugas profesi guru, bahwa guru senantiasa merencakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan, mengevaluasi dan melakukan tindak lanjut. Namun, dengan adanya pandemi covid-19, kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara daring. Oleh karena itu, tentu saja juga disampaikan dengan berbagai platform aplikasi. Baik virtual meeting (sinkronous), maupun aplikasi media sosial (asinkronous). sehingga, kegiatan pembelajaran pun dilakukan secara variatif.

Beberapa apliasi yang dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran adalah sebagai berikut.

1. Aplikasi virtual meeting (zoom, google meet, dan lainnya). Memungkinan guru dan siswa bertemu dalam satu waktu, saling berinteraksi, melihat secara maya, dapat melakukan prsentasi materi dan berada di tempat berbeda. Nah, bagi guru telah disediakan akun belajar.id oleh Kemendikbud yang merekomendasikan google meet sebagai saluran komunikasi virtual meeting dengan siswa. Selengapnya dapat di simak di sini. Dan contoh penyampaian sosialisasinya kepada siswa dan orang tua dapat disimak di sini.

2. Classroom. Ruang kelas maya ini memungkinkan guru dan siswa berada dalam satu ruang kelas maya. Di ruang ini, guru bisa berbagi materi, video pembelajaran, situs, slide materi, tugas, dan pengumuman. Siswa dapat merespon dan memberikan jawaban. Sekaligus dapat bertanya dan menyerahkan tugas yang diberikan. Waktunya bisa ditentukan atau fleksibel diakses. Mengenai cara menyosialisasikan penggunaan classroom kepada siswa dapat disimak di sini.

3. WA Group. Setiap kelas memiliki grup WA. Setiap guru mata pelajaran juga dapat membuat grup WA dan classroom dengan siswanya. Hal ini memudahkan untuk berkoordinasi terkait dengan kepentingan pembelajaran. Juga bisa menjadi tempat diskusi yang aktif.

4. Youtube Tempat publikasi yang cukup baik untuk sebuah presentasi pembelajaran adalah media youtube. Hasil rekaman mengajar maupun presentasi melalui rekam layar az screen, dapat diunggah ke youtube, selanjutnya dapat dikirim ke WA grup dalam bentuk link youtube. Siswa dapat menyimak pembelajaran dan melakukan tugas yang diberikan.

5. Blog Pembelajaran Tidak banyak yang memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Pada blog pembelajaran, materi dijelaskan sebagaimana guru mengajar. Hanya saja bentuknya tekstual. Pada blog pembelajaran juga bisa dilampirkan video pembelajaran dan foto-foto peraga.

 

Nah, bagaimana cara mengombinasikan itu semua. Lakukan saja yang paling mudah dan bisa. Boleh mengintegrasikan 2 atau 3 cara penyajian itu. Misalnya, guru merekam presentasinya, diunggah ke youtube dan dishare di grup WA. Hal ini bergantung kreativitas guru.

Contoh video presentasi pembelajaran yang menggunakan e-book dan rekam layar, bisa dilihat di sini.

Kemudian, bagaimana menyusun RPP daring? Tentu saja sesuai dengan yang dilakukan guru. Berbekal merdeka belajar, guru diberi kemudahan untuk membuat RPPnya, termasuk RPP daring.

Bahkan, dalam laman guru berbagi telah banyak RPP daring, luring dan kombinasi yang dibagikan oleh guru Indonesia. Guru Indonesia berbagi juga siap mewujudkan Pelajar Pancasila untuk Pendidikan Indonesia makin bermutu.

Termasuk dalam data dikdasmen juga banyak contoh RPP yang bisa diunduh gratis. Antara lain sebagai berikut.

RPP Daring TK/ RA PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/3rvOuis

RPP Daring Kelas I SD/ MI PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/36VCKfy

RPP Daring Kelas II SD/ MI PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/3wTa7u0

RPP Daring Kelas III SD/ MI PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/3y2VK7C

RPP Daring Kelas IV SD/ MI PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/2TsuyAa

RPP Daring Kelas V SD/ MI PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/3eMrzdi

RPP Daring Kelas VI SD/ MI PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/3eONUHd

RPP Daring Kelas VII SMP/ MTs PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/3y4CaYM

RPP Daring Kelas VIII SMP/ MTs PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>>  https://bit.ly/36Zsa72

RPP Daring Kelas IX SMP/ MTs PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/3wYNDI2

RPP Daring Kelas X SMA/ MA PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/3BzG5ig

RPP Daring Kelas XI SMA/ MA PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/3xZLaOS

RPP Daring Kelas XII SMA/ MA PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/3x9mtyp

RPP Daring Kelas X SMK/ MK PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/3rGcEa5

RPP Daring Kelas XI SMK/ MK PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>> https://bit.ly/2WcUlNW

RPP Daring Kelas XII SMK/ MK PJJ Pandemi >>> salin rekat pranala>>  https://bit.ly/2UD11EB

Dan untuk contoh RPP PJOK Jenjang SD, SMP, SMA sederajat dapat di Unduh di sini.

Jika artikel ini bermanfaat, janganlah berhenti di Anda. Bagikan kepada sahabat guru kita. Tentang kegiatan pendidikan lainnya dapat di lihat di sini. Semoga bermanfaat.

 


5 comments for "DOWNLOAD Gratis Contoh RPP Masa Pandemi Mode Daring dan Luring untuk TK/RA, SD/MI, SMP/MTS,SMA/MA dan SMK/MK Dikdasmen "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.