Pengumuman Ditunda, Apa Saja Harapan Peserta PPPK Guru Tahun 2021?

Aleepenaku.com-Pengumuman tentang kelulusan peserta seleksi kompetensi PPPK Guru formasi tahun 2021 seharusnya diumumkan pada tanggal 24 September 2021, hari ini. Akan tetapi, pengumuman tersebut ditunda. 

Sebagaimana yang disampaikan di laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id bahwa ditundanya pengumuman tersebut karena sesuatu hal. Terutama pada pengumuman nomor 5363/B/GT.01.00/2021 disebutkan karena masih proses pengolahan nilai seleksi kompetensi 1. Maka, para sahabat dapat memeroleh secara lengkap pengumuman tersebut dengan mengunduhnya pada laman Pengumuman Guru PPPK Kemdikbud 2021.

Gambar Screenshoot di: https://gurupppk.kemdikbud.go.id/webpppk/

Sebenarnya, sebelum pengumuman tersebut keluar, telah banyak diprediksi oleh beberapa peserta seleksi PPPK 2021. Terutama sahabat aleepenaku yang mengikuti kegiatan. Sebab, pada pelaksanaan tes seleksi kompetensi 1 tersebut memang banyak dijumpai beberapa kesulitan. Misalnya sebagai berikut.

Soal memang terlalu sulit, berwacana panjang, dan jika dibaca membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Beberapa soal kurang sesuai dengan kisi-kisi atau yang dipelajari para sahabat sebelumnya.

Waktu yang disediakan relatif kurang cukup atau terlalu cepat.

Kurang proporsionalnya jumlah soal dan waktu yang disediakan

Afirmasi yang masih menjadi harapan para sahabat belum terwujud, yakni afirmasi masa kerja.

Nilai ambang batas dianggap terlalu tinggi.

Dan beberapa keluhan lainnya yang mungkin berbeda.

Tetapi, juga ada sahabat alepenaku yang menyatakan bahwa, seyogyanya memang kita semua harus belajar tentang kemungkinan soal yang keluar. Termasuk memprediksi kerumitan soal serta proporsionalitasnya dengan dan waktu yang disediakan.

Nah, sebagaimana yang disampaikan dalam rapat Mendikburistek dengan Komisi X DPR RI waktu lalu bahwa pengumuman tes seleksi kompetensi memang disarankan untuk ditunda. Meskipun ada sekitar 1000 ribu peserta dinyatakan lolos dan diharapkan bisa segera diangkat menjadi ASN PPPK Guru. (https://nasional.kompas.com/22/9/2021).

Dengan diumumkannya penundaan pengumuman kelulusan tersebut, juga masih ada interpretasi atau tafsir yang beragam. Misalnya, tentang konsistensi terhadap kebijakan yang dibuat. Termasuk juga banyak yang berharap ada penambahan nilai afirmasi untuk masa kerja dan kondisi daerah peserta tes seleksi PPPK Guru tahun 2021.

Seyogyanya kita berharap bahwa afirmasi penambahan nilai untuk poin masa kerja dan kondisi daerah peserta PPPK Guru berpihak kepada semua peserta. Sehingga lebih banyak memerhatikan perjuangan para guru peserta  CASN PPPK selama mengabdi di sekolah, selama ini. Tentu para peserta seleksi PPPK Guru tahun 2021 berharap yang terbaik untuk kebaikan dan perbaikan status menjadi ASN PPPK Guru. InsyaAllah.

Berdasarkan pemberitahuan dari kemdikbud, para peserta untuk senantiasa mengunjungi laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id. untuk memeroleh informasi terkini terkait dengan PPPK Guru tahun 2021.

Sahabat yang hebat, semoga rezeki-Nya beroihak kepada kita. Dan mari kita senantiasa berdoa agar kita sukses semuanya.

Untuk informasi lebih lanjut, aleepnaku menyarankan untuk dapatnya membaca juga:

Pengumuman Ynag Ditunda

Siapkan untuk TSK Berikutnya

Info PPPK 2021

Afirmasi dan Sistem Ranking PPPK Guru 2021

Peluang Peserta TSK jika NAB tetap

Solusi Pasca Tes Kompetensi 1

Informasi CASN 2021

Demikian informasi yang dapat dibagikan untuk para sahabat semuanya. Semoga bermanfaat.. Semoga berhasil.

3 comments for "Pengumuman Ditunda, Apa Saja Harapan Peserta PPPK Guru Tahun 2021?"

  1. Semoga rekan guru yg ikut PPPK selalu bersabar.

    ReplyDelete
  2. Saya sudah mencoba jadi penulis blogger tapi nyaris jadi bloon deh Pak

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.