RPP Tematik Kelas 3 (1 Lembar) SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun 2021

 Aleepenaku.com - Sahabat yang hebat. RPP Tematik Kelas 3 (1 Lembar) Semester 1 Tahun 2021 yang akan disajikan bertujuan untuk memberikan gambaran bagi para sahabat guru bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh guru.

Sebagai sebuah rencana pembelajaran, diharapkan para guru dapat memahami seluruh hal yang terkait dengan situasi dan kondisi di kelasnya. Misalnya, kondisi siswa, kelengkapan sarana dan prasarana, situasi belajar, karakteristik siswa, kebutuhan siswa dalam belajar, metode atau model yang dapat diterapkan, dan sebagainya.

Dengan demikian, maka kita dapat menentukan skenario pembelajaran yang sesuai. Oleh karena itu, RPP yang disusun sekiranya dapat dipraktikkan. Tidak terlalu muluk-muluk menyusun skenario pembelajaran hingga apa yang direncanakan justru tidak dapat dilakukan di kelas. 


Apa yang harus ada dalam RPP?

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP setidaknya memuat tiga kompenen penting, yaitu:

Tujuan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Asesmen Pembelajaran atau penilaian

Namun demikian, RPP juga memuat:

Judul RPP

Identitas Sekolah dan Kelas

Semester dan tahun ajaran

Alokasi waktu

SK/ KD: Indikator KD

Tujuan Pembelajaran

Skenario Pembelajaran

Metode penilaian

Materi ajar

Rubrik Penilaian

Identitas Guru dan Kepala Sekolah

Nah, sedangkan dalam RPP tersebut, juga dicantumkan nilai karakter yang dibangun. Terutama nilai karakter sesuai PPK, relegiusitas, mandiri, tanggung jawab, gotong royong dan seabgainya. Termasuk pula kecakapan 4 C, literasi, dan aspek HOTS.

RPP 1 lembar merupakan bagian dari kebijakan merdeka belajar, memang cukup efektif diterapkan di tengah tugas-tugas guru yang menumpuk. Hal terpenting, dalam RPP 1 lembar, intisari aygn dipersyaratkan dapat terpenuhi: Tujuan, Aktivitas Pembelajaran dan Asesmen.

Guru merdeka belajar diharapkan dapat melakukan perubahan, walaupun sedikit. Bergerak maju dalam membelajarkan siswa. Guru menjadikan siswa sebagai subjek belajar. Bukan lagi objek belajar. Sehingga, perlu menerapkan kegiatan pembelajaran yang kooperatif, student oriented, berbasis problem solving, mengasah kecakakan literasi siswa dan terus mengupayakan kemampuan siswa dalam critical thinking, creativity, collaboration dan communication.

Sahabat yang hebat, pada kesempatan ini, admin aleepenaku ingin berbagi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 SD/ MI Tahun 2021. RPP ini disusun setiap tema untuk memudahkan guru dalam mengaplikasikannya. 

Cara Mengunduh RPP Tematik Kelas 3 (1 Lembar) SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun 2021

Pastikan komputer sahabat terkoneksi internet dengan baik

Membacalah poin penting dalam tulisan ini untuk pengetahuan

Klik atau tekan tombol Unduh untuk mengunduh file

Jika File berbentuk rar. sahabat perlu mengekstraksi setelah diunduh

File RPP dalam bentuk doc. mudah untuk diedit dan diubah sesuai dengan kondisi di sekolah sahabat.

Baiklah para sahabat, saat ini silakan para sahabat guru untuk mengunduh RPP Tematik Kelas 3 (1 Lembar) SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun 2021 di bawah ini:

RPP Tematik Kelas 3 (1 Lembar) SD/ MI Tema 1 >>>> Unduh Di Sini

RPP Tematik Kelas 3 (1 Lembar) SD/ MI Tema 2 >>>> Unduh Di Sini

RPP Tematik Kelas 3 (1 Lembar) SD/ MI Tema 3 >>>> Unduh Di Sini

RPP Tematik Kelas 3 (1 Lembar) SD/ MI Tema 4 >>>> Unduh Di Sini

Kemudian, para sahabat dapat mengunduh perangkat lainnya yang berhubungan dengan perangkat pembelajaran di kelas 3 ini. Untuk keperluan kelengkapan perangkat pembelajaran, maka para sahabat dapat juga mengunduh RPP Tematik Kelas 3 (1 Lembar) SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 2 Tahun 2021.

Oleh karena itu, sahabat yang luar biasa dapat membaca juga: RPP Tematik Kelas 3 (1 Lembar) SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 2 Tahun 2021 >>>> Di Sini.

Sedangkan untuk informasi pendidikan dan pembelajaran yang penting lainnya, dapat dibaca juga:

Admin mengucapkan terima kasih atas dukungannya pada blog pendidikan dan literasi ini. Semoga terus berkembang dan dapat berbagi. Salam sehat, salam literasi.


2 comments for "RPP Tematik Kelas 3 (1 Lembar) SD/ MI Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun 2021"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.