Twibbonize Ceria Aku Siap Belajar pada Hari Senin di Sekolah

 Aleepenaku.com - Bagaimana kabar para sahabat guru pada hari Minggu ini? Tentu saja bahagia sekali. Setelah menghabiskan waktu libur hari Minggu bersama keluarga di rumah. Quality Time. Meskipun tetap beribur di rumah, Minggu kita tak pernah sepi dari aktivitas. Kegiatan menarik dan menyenangkan, selalu kita wujudkan.

Nah, besok InsyaAllah akan kembali pada rutinitas belajar mengajar di sekolah. Tentu saja juga harus disiapkan sejak hari ini. Minimal, kita sudah punya gambaran, tentang apa yang akan kita lakukan besok, bersama siswa. Guru tidak akan pernah kehabisan ide. Agar siswanya selalu rajin belajar, dan termotivasi. Bahkan, sekaligus guru dapat menginspirasi siswanya.

Menurut beberapa pengalaman, guru tidak saja memotivasi siswa saat belajar di kelas Atau mungkin saat siswa mengerjakan tugas dan mempresentasikannya. Namun, guru memiliki waktu 24 jam sehari untuk senantiasa dapat memotivasi siswanya agar selalu belajar. Sebab, dengan belajar, berarti siswa tersebut akan memeroleh pengetahuan, wawasan dan kematangan dalam berpikir.

Motivasi dan penguatan di dalam kelas, dapat diberikan guru kepada siswa, antara lain, misalnya sebagai berikut:

Siswa rajin membaca

Siswa mempresentasikan tugas

Siswa rajin membesihkan ruang kelas

Siswa rajin menulis

Siswa saling menjadi tutor sebaya

Siswa mematuhi protokol kesehatan

Siswa memimpin doa sebelum pelajaran dimulai

Semua siswa berdoa sebelum dan sesudah pelajaran dimulai

Siswa cerdas bertanya

Siswa mampu menanggapi pertanyaan temannya

Siswa memiliki usul dan pendapat

Siswa patuh pada guru

dan masih banyak lagi lainnya yang perlu diapresiasi, terus dimotivasi dan diberi reinforcement oleh guru. Guru juga sangat memahami karakteristik setiap siswa. Siswa memiliki perbedaan individual. Setiap siswa memiliki keunikan yang tidak sama Dan siswa bukanlah miniatur dari seorang dewasa. Oleh karena itu, guru harus masuk pada dunia siswa. Baik dunia berpikir siswa maupun dunia anak siswa yang senang bermain dan diapresiasi.

Apabila guru dapat menerapkan hal penting terkait dengan motivasi dan penguatan terhadap siswa, insyaAllah siswa akan senang dan betah belajar bersama guru. Apalagi, gurunya memang memiliki gagasan yang unik, wawasan yang luas, punya skill tinggi dan kemampuan profesional yang baik dalam mengajar. Sehingga mampu menciptakan suasana akademik yang kondusif. Bahkan, sangat menyenangkan bagi siswanya.

Motivasi di luar kelas, guru dapat menjalin komunikasi dengan siswanya. Baik antarpersonal maupun dalam grup WA. Guru senantiasa terus memberikan yang terbaik pada siswa. 

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan poster menarik yang dapat mengajak siswa bersemangat dalam belajar. Misalnya diberi caption:

Saya siap belajar

Aku senang belajar di sekolah

Rajin belajar pangkal kesuksesan

Asyiknya belajar di sekolah

Aku belajar sambil melakukan

Belajar di sekolah jadi keren

Aku siap belajar dan berprestasi

Aku siswa juara

dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, para sahabat guru Indonesia yang hebat. Pada kesempatan ini, aleepenaku ingin berbagi tentang twibbonize Ceria Aku Siap Belajar pada Hari Senin di Sekolah. Twibbon dengan bingkai menarik ini banyak mengandung pesan. Tentu, muaranya agar siswa termotivasi dan rajin belajar. Di antara link twibbonize yang sudah dibuat antara lain sebagai berikut.

twb.nz/belajarharisenin4

twb.nz/belajarharisenin3

twb.nz/belajarsenin2

twb.nz/seninbelajardisekolah1

Apabila para sahabat ingin menggunakan bingkai yang keren, maka tinggal memilih sesuai dengan keinginan, sebagaimana beberapa twibbonize di bawah ini:


Twibboinise di atas cukup elegan dan menarik. Apabila ingin menggunakannya, cukup siapkan foto kita atau siswa dan segera memasangnya di sini.



Twibboinise di atas juga sangat menarik. Apabila ingin menggunakannya, cukup siapkan foto kerennya dan segera memasangnya di sini.


Twibboinise di atas ini sungguh memukau. Jika ingin menggunakannya, siapkan foto kerennya dan segera memasangnya di sini.


Twibboinise di atas juga sangat elegan. Apabila ingin menggunakannya, silakan siapkan foto kerennya dan segera memasangnya di sini.

Aleepenaku.com merupakan blog seputar pendidikan, literasi dan budaya. Jadi para sahabat dapat memeroleh informasi Seputar Informasi Pendidikan, Pembelajaran, Budaya dan Literasi, dengan cara berkunjung pada laman >>>> Simak Di Sini

Untuk melengkapi infoedukasi yang ada, maka disarankan para sahabat juga bisa menjelajah blog sederhana ini dengan memabca juga:

RPP untuk Pembelajaran SD, SMP, SMA

Modul Lengkap Pembelajaran Jenjang  SD, SMP, SMA

Informasi ANBK SD, SMP, SMA

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru untuk Guru SD/MI

Bingkai September Ceria Berkah

Siap Belajar dengan PTM Terbatas di Sekolah

Twibbon Dahsyat Hari Jumat Semangat

Bingkai Foto Menarik Belajar Hari Selasa




Dengan demikian, admin aleepanku mengucapkan terima kasih atas keikhlasannya telah berkunjung ke blog ini. Semoga bisa memberikan manfaat untuk dunia pendidikan dan literasi. Salam sehat.


2 comments for "Twibbonize Ceria Aku Siap Belajar pada Hari Senin di Sekolah"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.