Pengalaman Menulis di Blog

Menulis adalah aktivitas keseharian yang senantiasa mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi penulis

Seumpama sayur tanpa garam, begitulah yang akan dialami oleh penulis,jika sehari saja dia tidak menulis rasanya ada yang hilang dari kehidupannya.

Pengalaman menulis di blog memang awalnya Penulis ingin punya blog pribadi yang bisa penulis manfaatkan untuk menulis berbagai pengalaman yang penulis alami, rasakan, lihat dan berbagai macam tulisan yang menarik untuk dinikmati.

Mimpi untuk memiliki blog ini dari hari ke hari semakin terasa setelah membaca tulisan- tulisan orang lain di blog.


Saat pertama kali menyampaikan maksud memiliki blog pribadi ini pada grup info guru NTT, Kebetulan yang menjadi admin grup adalah seorang blogger,maka beberapa teman yang respon untuk memiliki blog pribadi diarahkan untuk masuk grup tersendiri.

Seperti yang dilakukan oleh Pak Ali Harsojo, secara terus menerus mengarahkan, membimbing dan membantu teman teman yang membutuhkan bantuan.

Blog pribadi adalah aset pribadi penulis sendiri.

Apa yang kita tulis itu adalah kepunyaan kita pemilik blog,tidak ada orang lain yang bisa mengganggu tulisan kita..

Awal membuat blog ya tentu banyak kesulitan yang kita hadapi, tetapi kita mesti bersabar dan terus mencoba secara terus menerus.

Walau blog kita sederhana tetapi kita sudah mampu untuk membuat blog sendiri yang nantinya akan menjadi ladang bagi kita sendiri dalam menuangkan ide yang terpendam dalam memori.

Kita mesti berbangga bisa memiliki blog pribadi, perlu kita sadari bahwa tidak semua orang bisa memiliki blog pribadi.

Tuangkan apa saja yang ingin kita tuangkan dalam tulisan kita,karena itu langkah yang harus kita lakukan adalah memperbanyak tulisan di blog kita.

Jika tulisan kita sudah banyak kita bisa berbagi informasi untuk teman sesama blog untuk mendapatkan kritik dan saran yang membangun guna memperkaya diri tentang Menulis.

Perlu diketahui bahwa kritik dan saran dari teman teman jangan sampai dianggap sebagai momok yang nantinya akan mematikan kreativitas kita dalam menulis.

Apapun yang disarankan oleh teman sesama blogger,tentu punya dampak positif terhadap kita jika kita melihat secara positif.

Sebagai penulis pemula tentunya kita membutuhkan asupan nutrisi yang berguna bagi perkembangan tulisan kita ke depannya.

Kita mestinya banyak belajar dari pengalaman Penulis hebat bukan berarti kita meniru menta menta apa yang mereka lakukan atau tulis tetapi menjadi pembelajaran bagi kita untuk mencoba hal baru yang mungkin belum tersentuh oleh penulis lain.

Jika tulisan kita sudah berbobot dan sering dikunjungi oleh para pembaca, tentunya bisa digunakan sebagai referensi bagi pembaca yang akan melakukan penelitian atau pengkajian terhadap sesuatu masalah yang berkaitan dengan apa yang kita tulis.

Tentunya para penulis ini akan mencantumkan apa yang di kutip dalam tulisan kita pada daftar pustaka sebagai bentuk pertanggungjawaban moral.

Ini satu keuntungan kita memiliki blog pribadi.

Keuntungan kedua yang kita peroleh adalah jika tulisan kita sudah banyak dan sudah berumur enam bulan keatas kita bisa mendaftarkan blog kita untuk nantinya dibayar oleh George.

Jika ini terjadi maka akan menambah pemasukan kita dan akan berpengaruh pada masalah finansial.

Beberapa tips yang bisa di jadikan sebagai Candu bagi kita dalam menulis:

a. Konsisten dalam menulis

b. Selalu menyempatkan diri untuk menulis

c. Tuangkan apa yang terlintas dalam pikiran

d. Jadikan Menulis sebagai Candu

 

Beberapa tips ini kiranya bermanfaat bagi kita dalam menulis, tetaplah Menulis karena dengan menulis kita membantu mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Kata Pramoedya Ananta Noer jika kita tidak menulis kita akan hilang dari peradaban, tetapi jika kita menulis nama kita akan abadi.

Nama kita akan terkenang sampai anak dan cucu karena kita ada jejak literasi.

 

Salam Literasi

Saya dan anda cinta Literasi

 

 


Thomas Krispianus Swalar, S PD

Guru SMAN 1 Nagawutung. Sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata dan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

19 comments for "Pengalaman Menulis di Blog"

  1. Wah... paparan ringan dan bermanfaat.. mantap... terima kasih sudah berbagi ilmu... salam semangat 💪

    ReplyDelete
  2. Setuju pak, menulis merupakan kebutuhan yang memberi kebahagiaan tersendiri. Bukanlah beban yang membuat penat pikiran. Salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  3. Dengan menulis, nama kita abadi... Mantap....

    ReplyDelete
  4. Baca tulisan jadi tambah semangat ni buat tetap terus menulis, hehe

    ReplyDelete
  5. Makasih pa smoga sy Ikutan Kecanduan dalam menulis di Blog

    ReplyDelete
  6. Keren sekali karena di selingi dengan dengan motivasi supaya orang yang mau menulis.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.