Terbaru: Juknis, POS, Daftar Sekolah Peserta ANBK, Kisi-Kisi dan Bentuk Soal AKM Tahun 2021

 Aleepenaku.com-Selamat dan sukses atas pelaksanaan simulasi dan gladi bersih pada waktu alalu. Jangan bosan untuk tetap membelajarkan siswa kita. Meskipun telah selesai simulai Pusmenjar selama 2 kali dan gladi bersih satu kali, maka siswa kita tetap bisa melaksanakan simulasi mandiri.

Gambar: SS https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/ akm


Simulasi mandiri bertujuan agar siswa kita lebih mahir mengoperasikan perangkat komputer, meningkatkan percaya diri serta memahami bentuk dan soal AKM itu sendiri. Nah, simulai mandiri bisa dilaksanakan kapan saja. Tidak terikat oleh waktu atau lama waktu mengerjakan. Sebab, simulai mandiri dilaksanakan dengan semi online. Token yang digunakan juga telah tersedia. Tidak perlu reset token dan nomor peserta. 

Tetap lakukan Simulasi Mandiri AKM ANBK, Klik Simulasi.

Lembaga satuan pendidikan SD dan MI, supaya segera mengecek daftar sekolah yang menjadi peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Silakan saja para guru yang ditunjuk dan bertanggung jawab sebagai proktor untuk mengakses daftar sekolah terbaru di Daftar Satuan Pendidikan ANBK 2021.

Caranya cukup mudah, tinggal klik di pencarian nama sekolah kita. Atau klik kata kunci nama sekolah kita. Di sana akan muncul nama sekolah kita. Apabila tidak muncul, berarti sekolah kita bukan peserta ANBK yang dipilih random. Proktor bisa login ke laman tersebut untuk mengecek semua administrasi terkait dengan pelaksanaan ANBK. Seperti pada pelaksanaan Gladi Bersih Kemarin.

Gladi Bersih dan Administrasinya


Pada hari Senin 25 Oktober 2021 kemarin, ketika dilaksanakan gladi bersih, masih saja terjadi kendala di beberapa sekolah. Terutama kesulitan akses dan loading yang lama. Sesuai dengan pengalaman di sekolah admin aleepenaku, bahwa siswa kita lama-lama merasa jenuh. Sebab, harus seringkali minta reset dan loading yang cukup lama. Analisis sementara teman proktor, mungkin juga sebab kekuatan sinyal yang belum maksimal, atau server yang menanggung beban berat. Artinya, dalam satu momentum gladi bersih secara nasional menuju satu pintu server. Bisa jadi, memang berat untuk masuk pada server yang sama. Mungkin juga bagi sekolah yang melaksanakan semi online dengan bantuan server sendiri di sekolah, lebih lancar.

Meningatkan kembali bahwa Asesmen Nasional ini dilaksanakan dengan 3 instrumen yang harus diselesaikan, yaitu sebagai berikut.

  1. Asesmen Komptensi Minimum atau AKM merupakan istrumen yang digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan literasi membaca dan numerasi siswa.
  2. Kemudian, survei karakter digunakan untuk mengukur sikap (afektif), nilai, keyakinan dan kebiasaan siswa yang benar-benar mencerminkan karakter siswa kita.
  3. Dan survei lingkungan belajar atau SLB adalah instrumen yang digunakan untuk mengukur mutu pada aspek-aspek input serta proses pembelajaran di kelas dan satuan pendidikan (sekolah/ madrasah)

Lalu, seperti apa alat ukurnya?
Pemerintah melalui Kemdikbudristek telah menyiapkan instrumen asesmen nasional dengan bentuk soal AN sebagai berikut.
  1. Pilihan Ganda
  2. Pilihan Ganda Kompleks
  3. Menjodohkan
  4. Isian singkat
  5. Uraian.

Selengkapnya tentang Contoh dan Bentuk Soal AKM dapat diunduh dengan mendownloadnya.

Bentuk dan Contoh AKM 2021 


Setelah kita melaksanakan beberapa kali simulasi, telah terbit pula revisi Jadwal Pelaksanaan ANBK terbaru berdasarkan Surat Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Pusmenjar Kemdikbudristek  Nomor 4914/H/PG.00.02/2021 dapat diakses di laman simpandata.kemdikbud. 

Selengkapnya tentang perubahan jadwal ANBK SD/ MI Tahun 2021, silakan unduh sebagai berikut.


Bagi sahabat guru atau penanggung jawab di sekolah yang ingin memeroleh infografis Video tentang pelaksanaan ANBK-AKM, maka silakan bisa di simak video lengkapnya di bawah ini.



Infografis lainnya yang berkaitan dengan ANBK dan AKM dapat dikunjungi di anbk.kemdikbud.go.id atau unduh di bawah ini.

AKM dan 6 Video Lainnya

Selanjutnya, untuk memeroleh POS dan Juknis ANBK, silakan unduh di bawah ini.

POS ANBK 2021 >>>> Unduh File

JUKNIS ANBK 2021 >>>> Unduh File


Informasi penting lainnya, silakan dibaca juga:

Bentuk dan Soal ANBK 2021

Jadwal Mengikuti Simulasi ANBK 2021

Tahapan Penting ANBK 2021

Cara Menjawab Soal HOTS AKM 2021

Solusi Cerdas Mengerjakan Soal Sulit ANBK 2021

Kisi-kisi dan Soal AKM Literasi Teks Fiksi

Kisi-kisi dan soal AKM Literasi Teks Informasi

Aplikasi AKM Berbasis Android

Tugas Guru dan Sekolah pada AKM 2021

Generate dan Aplikasi KSN 2021

Pedoman Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2021

Aplikasi AKM Kelas Bagi Guru dan Siswa

Dapatkan: Juknis, POS, Daftar Sekolah Peserta ANBK, Kisi-Kisi dan Bentuk Soal AKM Tahun 2021 

Itulah informasi penting yang bisa aleepenaku sampaikan. Terima kasih, admin ucapkan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Terbaru: Juknis, POS, Daftar Sekolah Peserta ANBK, Kisi-Kisi dan Bentuk Soal AKM Tahun 2021 "