Ikuti Lomba RAYAKAN MERDEKAMU KemdikbudRistek Untuk Pelajar, Guru, Masyarakat di Seluruh Indonesia Tahun 2021


Sebentar lagi Negara kita akan merayakan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaannya. Dalam rangka momentum inilah Mendikbud RisTek menyampaikan ajakannya untuk berpartisipasi dalam lomba Rayakan Merdekamu. Mas Nadiem menyampaikan bahwa akhir-akhir ini begitu banyak tantangan yang telah dan sedang dihadapi, termasuk wabah pendemi covid-19 saat ini. Oleh karena itu, saat ini merupakan momen terbaik bagi semua rakyat atau kita semua untuk memperkuat kebersamaan sebagai bangsa yang kuat. Sebab, bangsa kita yang bhinneka. Informasi ini dapat disimak di sini.

Rencananya, Lomba Rayakan Merdekamu akan dilaksanakan secara daring penuh. Setiap peserta dapat mengikuti dari lokasi tempat tinggalnya. Lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat yang kuat, terutama secercah kebahagiaan dan kegembiraan peserta didik di masa pandemi.

Lomba Rayakan Merdekamu ini diselenggarakan untuk mengisi ruang kosong pada peringatan kemerdekaan Negara kita, sebab pandemi yang masih terjadi. Harapannya potret keberagaman bangsa akan terwujudan dan dapat menggugah semangat toleransi yang tinggi. Meskipun melalui digital atau virtual, diharapkan semangat toleransi dan keberagaman bangsa akan terwujud.

Siapa saja yang akan berpartisipasi dalam lomba Rayakan Merdekamu ini? Mas Nadiem mengajak seluruh pelajar, mahasiswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya, pelaku seni dan budaya, dan pelaku media di seluruh Indonesia. Ini akan menjadi acara yang spektakuler. Karya yang dibuat dapat dikumpulkan mulai tangga 18 Juli 2021 hingga tanggal 9 Agustus 2021.

Kategori yang dilombakan adalah mengenakan busana adat atau nuansa tradisional sambil merekam video dengan karya yang kreatif bertema kebhinnekaan.

Apa saja karya yang dilombakan? Boleh menyanyikan lagu, membaca puisi, penampilan tari, bercerita, berpantun, serta bentuk ekspresi lainnya. Yang terpenting sesuai dengan tema kebhinnekaan.

Kategori 1 hingga Kategori 6 terdiri dari:

Kategori 1 (satu) untuk Siswa Taman Kanak-kanak/ PAUD/ TKLB;

Kategori 2 (dua) untuk Siswa Sekolah Dasar/ SDLB/ Sekolah Indonesia Luar Negeri untuk jenjang SD;

Kategori 3 (tiga) untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama / SMPLB/ SILN jenjang SMP;

Kategori 4 (empat) untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/ SMK/ SMALB/ SMKLB/ SILN jenjang SMA;

Kategori 5 (lima) untuk Mahasiswa; serta

Kategori 6 (enam) untuk Pelaku seni dan budaya/ masyarakat umum.

Kemudian untuk kategori 7, pesertanya adalah pendidik dan tenaga kependidikan. Berbaju tradisional sambil mengajar dengan topik kebhinnekaan.

Sedangkan kategori 8 adalah peserta dari wartawan dengan lomba menulis artikel dengan tema kebhinnekaan.

Untuk proses penjurian akan dilaksanakan pada tanggal 10-16 Agustus 2021 secara berjenjang.  Perlu diketahui bahwa juri terdiri dari perwakilan Kemendikbudristek, Biro Kerja Sama dan Humas, Dirjen Kebudayaan, Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, Dirjen Pendidikan Vokasi, Dirjen Dikti, dan Dirjen GTK.

 Kemudian juga terdapat juri dari sejumlah pakar, tokoh, serta pelaku seni dan budaya.

Nah, nanti, acara puncak akan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2021. tentu saja bagi juara akan mendapatkan panggung dari Kemendikbudristek.  

Semua karya nominator finalis akan dipamerkan di web rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id dan RDI, Rumah Digital Indonesia. Saksikan ajakan Mas Menteri di rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id . Sangat luar biasa.

Sebagai siswa, mahasiswa, guru, tenaga kependidikan, wartawan dan lainnya, tentu ingin menyemarakkan acara ini. Maka, mulai sekarang segera rancang dan buat rekaman yang unik, berunsur pendidikan, budaya, kearifan lokal dan menarik.

Informasi Lengkap tentang Alur Pendaftaran, Syarat dan Ketentuan Umum, Rangkaian Acara, silakan simak di rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id.

Jangan tunggu lagi, ayo segera mendaftar. Semoga bermanfaat.

 

8 comments for "Ikuti Lomba RAYAKAN MERDEKAMU KemdikbudRistek Untuk Pelajar, Guru, Masyarakat di Seluruh Indonesia Tahun 2021"

  1. Terima kasih bu atas kunjungannya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ats informasinya, salam literasi n sukses sll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Literasi, terima kasih pak atas kunjungannya

      Delete
  3. Terim kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Guru mengajar dlm bentuk daring aapa off line videonya?? Mhon penjelasanx. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. daring atau silakan kunjungi laman kemdikbud dengan artikel terkait. terima kasih

      Delete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.