Aplikasi Excel Sederhana Rapor Sisipan Mid Semester (Laporan Hasil PTS) Kelas 1-6 SD/ MI

Aleepenaku.com-Sahabat guru Indonesia yang hebat. Pada kesempatan ini, aleepenaku ingin berbagi hal sederhana. Mungkin juga para guru luar biasa nusantara sudah memahaminya. Bahkan sudah membuatnya yang lebih bagus. Tetapi, tidaklah masalah. Sebab, kali ini berbagi informasi. Barangkali bisa dijadikan bandingan atau tambahan referensi bagi bapak ibu guru semuanya. 


Aplikasi Excel Sederhana Rapor Sisipan Mid Semester (Laporan Hasil PTS) Kelas 1-6 SD/ MI
 dimaksudkan untuk berbagi kepada para guru agar menambah wawasan. Selain itu, juga bisa digunakan sesuai dengan keperluan.  Aplikasi Excel Sederhana Rapor Sisipan Mid Semester (Laporan Hasil PTS) Kelas 1-6 SD/ MI juga merupakan contoh dari sekolah atau madrasah yang menggunakannya, sebagaimana yang tercantum dalam laman  Aplikasi Excel Sederhana Rapor Sisipan Mid Semester (Laporan Hasil PTS). Namun, dengan mudah juga bisa diedit oleh para sahabat.

Sejatinya, admin aleepenaku ingin berbagi form aplikasi sederhana dalam bentuk file excel tentang dokumen penting penilaian tengah semester (PTS). Sebagaimana diketahui, bahwa kegiatan pembelajaran telah berlangsung sekitar 2 bulan, sejak tahun ajaran baru 2021-2022. Hal ini berarti, guru telah mengajar tema 2. Berarti pula telah melaksanakan Penilaian Harian (PH) 1.

Kegiatan pembelajaran telah memasuki pada tema 2. Artinya, sebentar lagi telah akan dilaksanakan kegiatan PH 2. Tentu saja, untuk mengukur seberapa materi yang diserap siswa, guru bisa melakukan analisis PH, utamanya PH 1. Yakni menganalisis menggunakan format sederhana excel, berupa Analisis PH SD/ MI tahun2021.

Selanjutnya, hasil analisis PH menjadi bahan kajian guru. Apakah akan mengadakan remedial teaching, ataukah pengayaan. Disesuaikan dengan hasil analsisis tersebut. Jika sebab  masa pandemi tidak memungkinkan diadakan pembelajaran remedial, maka guru bisa memberikan tugas-tugas pemahaman materi dengan model asinkronous. Dan bahkan, bapak ibu gurulah yang lebih memahaminya. Jadi, silakan saja lakukan yang terbaik untuk siswa kita.

Nah, agar guru senantiasa memiliki data siswa yang aman dan terukur, maka sangat perlu direkam dalam dokumen data rapor sisipan. Rapor sisipan maksdunya adalah pencapaian hasil belajar siswa selama setengah semester (mid semester). Berarti, dalam mid semester ini memuat atau terdiri dari Penilaian Harian 1, Penilaian Harian 2 dan Penilaian Tengah Semester (PTS). 

Aplikasi Excel Sederhana Rapor Sisipan Mid Semester (Laporan Hasil PTS) Kelas 1-6 SD/ MI ini bertujuan untuk:

menyiman data hasil PH dan PTS siswa selama mid semester

menganaslisis ketercapaian hasl belajar siswa minimal mencapai KKM

sebagai laporan kepada satuan pendidikan

sebagai laporan terhadap orang tua siswa

sebagai dasar untuk menjadi nilai pada isian rapor PAS nanti.

Nah,  Aplikasi Excel Sederhana Rapor Sisipan Mid Semester (Laporan Hasil PTS) Kelas 1-6 SD/ MI  ini dirancang sangat sederhana. Bahkan dapat digunakan oleh siapa saja, guru. Hal terpenting guru tersebut memiliki data. Yakni, memuat data:

Nomor absen dan atau NISN 

Nama Siswa

Nilai Penilaian Harian (PH) 1

Nilai Penilaian Harian (PH) 2

Nilai Peneilaian Tengah Semester (PTS) 1

Identitas sekolah dan kelas pada hlaman cetak rapor

Nama Guru dan NIP

Sekali lagi, bahwa  Aplikasi Excel Sederhana Rapor Sisipan Mid Semester (Laporan Hasil PTS) Kelas 1-6 SD/ MI ini sangat sederhana. Sehingga, belum memuat kolom lengkap seperti aplikasi rapor semester. 

Pada rapor sisipan ini merupakan laporan kinerja guru dalam melaksanakan PH dan PTS. Namun demikian, juga penting adanya. Jika satuan pendidikan tidak melakukan laporan nilai mid semester, maka segala keputusan berada pada satuan pendidikan.

Oleh karena  Aplikasi Excel Rapor Sisipan Mid Semester (Laporan Hasil PTS) ini sangat sederhana, maka di sini tidak memuat kolom penilaian aspek afektif (KI 2) dan KI 1. Serta belum tampak deskripsi terhadap nilai yang diperoleh siswa.

Namun, aplikasi rapor sisipan ini memuat hasil belajar kognitif. Berupa nilai prestasi pengetahuan siswa pada Tema 1 dan 2 yang diukur melalui PH 1, PH 2 dan PTS.

Kelebihan  Aplikasi Excel Sederhana Rapor Sisipan Mid Semester (Laporan Hasil PTS) Kelas 1-6 SD/ MI Tahun 2021, dirancang bisa diedit dan digunakan secara menyeluruh dari kelas 1,2,3,4,5, dan 6. Guru tinggal mengubah identitas kelas dan siswa yang sesuai dengan kelas yang dinilai. Sehingga praktis aplikasi ini dapat digunakan oleh guru kelas 1 hingga kelas 6.

Apabila para sahabat guru ingin menggunakan Aplikasi Excel Sederhana Rapor Sisipan Mid Semester (Laporan Hasil PTS) Kelas 1-6 SD/ MI  ini, maka dapat diunduh di bawah ini:

Aplikasi Excel Sederhana Rapor Sisipan Mid Semester (Laporan Hasil PTS) Kelas 1-6 SD/ MI Tahun 2021 >>>>>> Unduh Di Sini.

Atau Bisa DIUNDUH DI SINI JUGA.

Jika ingin memeroleh informasi lainnya, maka dapat dibaca juga:

Rangkuman Materi Tematik Semester 1

Rangkuman Materi Tematik Semester 2

Ringkasan Materi PJOK SD/ MI

Form Analisis PH, PTS, PAS

Modul Pembelajaran SD, SMP, SMA

Persiapan ANBK SD, SMP, SMA

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru SD/MI

Informasi Pendidikan dan Literasi 2021

Terima kasih atas atensinya. Semoga apa yang diberikan ini dapat bermanfaat. Salama literasi.

4 comments for " Aplikasi Excel Sederhana Rapor Sisipan Mid Semester (Laporan Hasil PTS) Kelas 1-6 SD/ MI "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.