Cerita Unik Peserta PPPK Guru yang Pasrah Tidak Tahu Menjawab, Lolos SK 1 Di Luar Dugaan

Sahabat aleepenaku.com yang luar biasa. Ini adalah Cerita Unik Peserta PPPK Guru yang Pasrah Tidak Bisa Menjawab, Lolos SK 1 Di Luar Dugaan. Sahabat admin adalah guru honorer di satuan pendidikan dasar. Namun, ia memiliki akun aktif dapodik dengan kualifikasi ijazah yang mengharuskan ia mendaftar ke luar sekolah induk.

SS. sscasn.bkn.go.id

Kebetulan, ia tidak bersinggungan lagi dengan disiplin ilmunya selama menjadi guru honorer bersama kita. Sehingga, praktis banyak yang lupa tentang teori dan praktik tentang BK. Selama menjadi guru honorer, ia juga mendapat tugas tambahan sebagai operator sekolah.

Namun, demikian, tampilan sahabat saya itu tampak periang. Tidak menunjukkan grogi ketika hendak mengikuti proses pendaftaran CASN PPPK Guru tahun 2021. Apalagi, orangnya memang humoris. Selalu menunjukkan senyum dan percaya diri.

Tetapi, ia memiliki cukup kelebihan di bidang IT. Cukup memahami tentang komputer, aplikasi, media elektronik, fungsi editing gambar, dan perangkat laptop. Maksudnya, sangat baik mengoperasikannya. Bahkan, untuk aplikasi sulit yang membutuhkan atau menguras energi psikis, ia telaten mempelajarinya. Sehingga, dunia komputer dan aplikasinya, lebih dekat dan dikuasai dalam kesehariannya. Dari pada keahliannya dalam bidang BK sesuai dengan kualifikasi akademiknya.

Menjelang pendaftaran CASN PPPK Guru tahun 2021, ia tidak ada kesulitan. Sebab, memang setiap hari berkecimpung dengan komputer atau laptop. Persyaratan administrasi, dipenuhi. Tidak ada masalah. Tidak mengajukan sanggah untuk administrasi, lolos.

Ketika mau ikut tes seleksi komptensi 1, mulai ada masalah. Salah satunya adalah diharuskannya swab. Padahal sebelumnya memang tidak pernah diswab. Tetapi sudah divaksin dua kali. Dengan terpaksa, ia mengikuti aturan, swab. Dan siap mengikuti tes seleksi komptensi 1.

Suasana dalam ruangan, memang tegang. Semua peserta fokus pada soal yang dikerjakan. Ceritanya, banyak yang memang masih terbatas dalam hal kemampauan ITnya. Memegang dan mengoperasikan tetikus saja, banyak yang kurang fasih. Kurang lancar.

Berbeda dengan sahabat saya ini. Fasih dengan perangkat komputer, tetapi blank dengan soal yang harus dijawab. Ia pasrah. Hanya mengingat-ingat you tube yang pernah ditontonnya tentang soal kompetensi teknis, sekilas yang pernah didengar. 

Dengan raut wajah tenang, ia atetap optimis bisa mengerjakannya. Tetapi, tidak tahu salah apa benar jawabannya. Ia memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah SAW. Kemudian, ia pasrah. Menjawab sesuai dengan keyakinan hatinya. Apa yang pernah dibaca sebagai bahan belajar dan menonton you tube, tampak kurang mempan memberikan jawaban yang pasti benar.

Hal yang unik lagi, ia mengaku menghitung kancing bajunya untuk menentukan jawabannya. Pasrah dan yakin lolos. Tidak bisa menjawab sih oke. Tetapi, percaya diri itu, harus.

Akhirnya, pada puncak pengumuman pertama, ia tidak dinyatakan lolos. Sebab, nilai KT nya 225. Tidak dapat afirmasi. Sebab, masih muda. Allah SWT tetap memberikan rezeki kepadanya. Ia dinyatakan lolos pada pengumuman hari Jumat, tanggal 8 Oktober lalu. Tampak ia sangat bersyukur dan di luar dugaan ia bisa lolos. 

Bahkan, teman-temannya bertanya, tentang ilmu apa yang ia pelajari sehingga yang dipelajari soal-soal PPPK Guru masuk semua. Pak Jaka hanya tersenyum lebar. Bahwa ia berhasil karena Allah yang menunjukkannya. Bukan karena kepandaiannya. Apalagi dari hasil belajarnya. Alhamdulillah.

Sahabat aleepenaku. Inilah cerita unik yang terjadi. Jika kehendak-Nya terbaik untuk kita, maka akan pasti terjadi. Yakinlah. Bersyukurlah. Berjuanglah bagi sahabat yang akan menempuh TSK tahap 2. Semoga lolos barokah.

Beberapa  artikel yang sering dibaca juga sehubungan dengan PPPK Guru, yaitu:

Peluang Bagi Peserta dari sekolah Induk dan Non Induk pada Tahap 2 PPPK Guru tahun 2021


Modul Latihan CASN PPPK 2021

Prediksi Soal pada CASN tahun 2021

Cara Melakukan Registrasi Guru Penggerak Ank. 5 tahun 2021

Siapkan untuk TSK Berikutnya

Informasi CASN Tahun 2021

Info CASN PPPK Guru 2021

Peluang Peserta TSK jika NAB tetap

Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi I

Passing Grade terbaru PPPK Guru

Cara Jitu Lolos ASN PPPK 2021

Cara Mengajukan Sanggah TSK 1

Penyesuaian Jadwal  SK pada PPPK  Guru tahun 2021

Terima kasih atas kunjungannya pada blog aleepenaku.com. Semoga bermanfaat.

5 comments for "Cerita Unik Peserta PPPK Guru yang Pasrah Tidak Tahu Menjawab, Lolos SK 1 Di Luar Dugaan"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.