Kumpulan Cerita Pengalaman Menyenangkan Siswa Sekolah Dasar (Implementasi Literasi Dasar)

Pada awalnya, mungkin saja kita ragu untuk mengajak siswa kita menulis. Sebab, bisa jadi, siswa kita belum terbiasa menulis. Bahkan, mungkin pula, kita sebagai guru juga belum optimal dalam menulis. Meskipun ada kemampuan menulis, namun kadang guru juga disibukkan dengan hal lainnya. Sehingga waktu menulis menjadi terbatas.

Tetapi, kita harus tetap menyempatkan waktu menulis. Kemudian, untuk melatih diri dalam menulis, guru juga perlu menerapkan kegiatan literasi di kelas. Dalam rangka melaksanakan gerakan literasi di sekolah, maka cikal bakal literasi, dapat dilaksanakan guru di kelas. Baik di kelas 1,2 dan maupun di kelas tinggi (4,5,6).

Untuk kegiatan literasi di kelas tinggi dapat dilaksanakan dengan baik apabila guru dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya kegiatan literasi dalam rangka memupuk kebiasaan siswa dalam menggunakan kemampuan berbahasanya. Yakni, kebiasaan berkegiatan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dengan baik

Sehingga guru perlu memerhatikan beberapa aspek sebelum memulai melaksanakan program kegiatan literasi di kelas tinggi. Pada praktiknya, kegiatan literasi kelas tinggi dapat memuat ragam, tujuan, serta tahapan dan cara menerapkannya di kelas. Hal ini dijelaskan berdasarkan pengalaman empiris admin aleepenaku.

Tahapan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

Tahap pertama yang sudah dilalui adalah program kegiatan literasi kelas yang disetujui oleh kepala satuan pendidikan. Sebab, kepala sekolah memegang kewenangan segala kegiatan di sekolah. Jadi, walaupun hal itu menjadi program guru di kelas, namun kepala sekolah tetap memantau perkembangannya.
Kemudian, tahap berikutnya adalah melakukan konsensus program literasi kelas dan  disepakati dengan wali siswa serta disosialisasikan kepada siswa. Guru, siswa dan orang tua harus memiliki persepsi yang sama terhadap progam yang akan dilakukan, yakni kegiatan literasi kelas.
Tahap selanjutnya adalah menyiapkan  kelas literasi secara fisik melalui kegiatan bedah kelas, menyusun dokumen jurnal kegiatan literasi bagi siswa dan guru. Dokumen ini penting agar kegiatan kelas dapat dilaksanakan dengan baik, sekaligus dapat dievaluasi.
Barulah pada tahap pelaksanaan kegiatan. Guru melaksanakan program literasi kelas dengan jadwal kegiatan ragam literasi yang variatif. Artinya, enam hari dalam seminggu dilaksanan kegiatan literasi yagn variatif (dalam kelas tatap muka).
Sesuai dengan rekomendasi pemerintah, guru diharapkan melaksanakan kegiatan literasi dasar di sekolah. Gerakan literasi dasar ini mencakup kemampuan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan menghitung (Kemdikbud 2016).  
Guru diharapkan menerapkan kegiatan membaca 15 menit bagi siswa sebelum pelajaran dimulai, Gerakan literasi sekolah tersebut dikembangkan sebagai implementasi dari  Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Tetapi, untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa, maka perlu dilakukan secara bervariasi. Kegiatan literasi dasar yang monoton akan menyebabkan siswa menjadi jenuh. Serta tingkat partisipasinya bisa rendah.
Tujuannya adalah agar siswa bervariasi dalam melakukan kegiatan literasi di kelas. Sesuai dengan pengalaman saya, kegiatan literasi kelas yang diterapkan cukup beragam.Meskipun muaranya kepada kemampuan membaca dan menulis.
Karya Literasi Kelas


Pada kelas tinggi, guru dapat menerapkan sekitar 15 ragam kegiatan literasi siswa yang dipraktikkan secara berkala dengan jadwal yang ditentukan. 
Adapun beberapa  macam liteasi kelas tersebut meliputi: 
siswa membaca senyap, 
siswa membaca dan siswa lain mendengarkan bersama, 
guru bercerita, siswa bercerita, 
siswa menyimak video pembelajaran, 
siswa menyimak berita audio visual, 
siswa menyimak berita radio, 
siswa menulis kegiatan hari minggu, 
siswa menulis prediksi cerita, 
siswa menulis deskripsi benda nyata, 
siswa menulis paragraf cerita pendek, 
siswa mencipta puisi, siswa memprosakan puisi, 
siswa presentasi iklan dan 
siswa menceritakan gambar secara tertulis.
Nah, ragam kegiatan literasi tersebut akan dijelaskan secara lebih rinci mulai tahapan persiapan, pelaksanaan dan tahap akhir. Jadwal kegiatan literasi tersebut, misalnya, memilih 6 macam untuk kegiatan 6 hari atau seminggu. Kemudian mempraktikkan kegiatan literasi lainnya pada minggu berikutnya.
Ragam literasi yang disebutkan di atas adalah hasil pengalaman saya mengujicobakan kepada siswa di kelas dalam waktu yang berbeda. Saya sebagai wali kelas, menjadwalkan setiap bulan. Sehingga dalam 2 bulan telah dapat mempraktikkan 12 sampai 15 ragam kegiatan literasi tersebut.
Hal paling menonjol dari ragam kegiatan tersebut adalah kegiatan menyimak, berbicara, membaca dan menulis.Sementara untuk kegiatan menghitung, terdapat kegiatan literasi khusus yang berkenaan dengan aspek literasi numerasi dan finansial.
Arah kemampuan siswa yang dibangun adalah kemampuan membaca dan menulis. Dengan banyak membaca, siswa akan semakin mudah untuk dilatih menulis. Siswa yang menulis selalu disandarkan pada hasil bacaan atau simakan siswa.Siswa meresum atau merangkum maupun menuliskannya kembali ke dalam bahasa siswa.Sederhana, namun mengena.Bahasanya juga tidak seperti bahasa buku yang relatif kaku.Siswa diberi kesempatan menuangkan gagasan maupun nalarnya dalam menerjemahkan hasil bacaan dan simakannya.
Literasi Digital di Kelas


Ragam kegiatan literasi ini juga memiliki karaktersitik, kelebihan dan kekurangan yang berbeda.Tetapi, guru haruslah mampu mengambil sisi baiknya, nilai positifnya. Sehingga yang dibangun pada mind set peserta didik adalah hal yang positif.
Berdasarkan pengalaman admin aleepenaku, jika siswa telah memiliki kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis yang baik, maka akan mendukung kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan kata lain, pembiasaan dalam kegiatan literasi akan terintegrasi menjadi pembisaan dalam kegaiatan pembelajaran.
Salah satu hasil dari kegiatan literasi yang dilaksanakan di kelas adalah cerita anak dengan pengalamannya yang menarik, puisi, menggambar, dan laiinya. Beberapa hasil yang dikumpulkan, dpat dibukukan. Sehingga, kegiatan literasi kelas tersebut dapat berwujud pada karya siswa.
Nah, kali ini, admin aleepenaku akan berbagi tentang hasil kegiatan literasi siswa yang berupa cerita anak tentang pengalamannya yang menyenangkan. Pengalaman yang menarik ini ditulis dengan bimbingan orang tua. Cerita siswa ini, juga telah dibukukan menjadi karya siswa.
Adapun cerita pengalaman siswa yang menyenangkan, dapat dibaca atau diunduh di bawah ini.

Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  1 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  2 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  3 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  4 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  5 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  6 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  7 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  8 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  9 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  10 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  11 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  12 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  13 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  14 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  15 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  16 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  17 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  18 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  19 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  20 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  21 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  22 >>>Baca atau Unduh File
Cerita Anak Pengalaman Menyenangkan  23 >>>Baca atau Unduh File

Untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga: 

Demikianlah yang dapat disampaikan. Semoga informasi literasi ini dapat bermanfaat bagi pendidikan kita. Selamat berliterasi. Salam luar biasa dari aleepenaku. Terima kasih atas atensinya.

4 comments for "Kumpulan Cerita Pengalaman Menyenangkan Siswa Sekolah Dasar (Implementasi Literasi Dasar)"

  1. Trima kasih, pak
    Best Practices yg dibagikan.
    sangat menginspirasi dan memotivasi.
    Mohon ijin ATM, ya...
    Sukses Aleepenaku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Terima kasih bu. semoga bermanfaat

      Delete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.