Kumpulan Rencana Melatih (RM) Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) Lengkap PTM

Salam Pramuka! Pramuka Indonesia! Pramuka Jaya!

Tepuk Pramuka!

Kakak-kakak yang luar biasa. Gerakan Pramuka sebagaimana kita ketahui adalah suatu wadah bagi kaum muda dalam melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran di luar sekolah dan luar rumah. Sehingga dalam pembelajaran pramuka, mengandung nilai dan karakter yang diwujudkan dan pembiasaan terhadap anak didik pramuka.

Pendidikan kepramukaan adalah hal utama atau kunci dari pembelajaran dan latihan pramuka itu sendiri. Sehingga diharapkan semua siswa di sekolah juga menjadi bagian penting dari kegiatan kepramukaan. Sesuai dengan jenjangnnya, anak didik pramuka dibedakan menurut tingkatan usia. Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega merupakan golongan pramuka yang duduk di bangku SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Masing-masing golongan memiliki sebutan tersendiri untuk keanggotaan, kegiatan, pangkalan, dan tanda kecakapan. Nah, kakak pembina perlu dilatih dalam kursus mahir pembina tingkat dasar untuk memahami secara teori dan praktik tentang pendidikan kepramukaan itu sendiri.

Dalam kegiatan KMD, juga telah diberi bekal buku saserahan bagi pesertanya. Sehingga pelatih perlu menyusun Rencana Melatih (RM) sebagai acuan dalam melatih para calon pembina. Sedangkan materi pelatihan terdapat dalam buku sumber, yaitu buku saserahan dan sumber belajar lainnya.

Pada Rencana Melatih (RM) kali ini, materi yang akan disajikan adalah materi KMD sesuai dengan buku saserahan, antara lain sebagai berikut.

Undang-undang Gerakan Pramuka, AD/ ART Gerakan Pramuka.

Kepramukaan dan sejarah pramuka

Prinsip Dasar Kepramukaan 

Metode Kepramukaan

Golongan dalam Kepramukaan

Kode Kehormatan Kepramukaan

Moto dalam Kepramukaan

Kiasan dalam Pramuka

Cara Pembina Sistem Among

dan materi lainnya sesuai dengan buku sumber saserahan KMD.


Dalam kegiatan pelatihan pramuka (KMD), pelatih dapat melakukan kegiatan pelatihan dengan model pembelajaran andragogi, pembelajaran orang dewasa. Pelatih harus mampu menempatkan calon pembina sebagai patnership dalam pembelajaran. Jadi ada kesetaraan dalam pembelajaran. Curah pendapat, diskusi, lesson study, belajar dari pengalaman merupakan tanda dari pembelajaran andragogi ini. 
Selain itu, kegiatan pelatihan di KMD senantiasa menerapkan strategi DORA, dan model pelatihan dengan tim pelatih. Satu materi ajar, pada praktiknya dapat diisi oleh dua pelatih yang berpatner. Pembelajaran menjadi semakin hidup dan bergairah. Peserta diminta untuk aktif melakukan dan beraksi dalam kegiatan pelatihan KMD. 

Pelatih juga perlu menempatkan calon pembina yang sudah memiliki keilmuan dasar tentang kepramukaan. Sehingga pelatih dapat menstimulasi peserta untuk bisa unjuk kerja.
Bagi kakak-kakak yang ingin memeroleh contoh Rencana Melatih (RM) untuk materi dalam Gerakan Pramuka dapat duunduh di bawah ini.



Untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:

Demikianlah kakak semuanya, semoga pramuka jaya sepanjang masa. Semoga bermanfaat untuk Pramuka Indonesia. Salam Pramuka.

1 comment for "Kumpulan Rencana Melatih (RM) Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) Lengkap PTM"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.