Cara Mengelola Akun SIM PKB, Ayo Guru Belajar dan Berbagi 2021 (Panduan Lengkap)

Aleepenaku.com-Guru merupakan tenaga fungsional profesional dengan tugas utama merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melakukan tindak lanjut terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Para sahabat penaku, dalam hal ini tugas guru benar-benar dituntut untuk dilakukan dengan profesional. Sebab, salah satu tugas beratnya adalah membelajarkan siswa untuk mengembangkan potensinya. 

Potensi siswa dapat diukur berdasarkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Meskipun terlihat sederhana, sebenarnya ragam kewajiban yang harus ditunaikan, cukup kompleks. Oleh karena itu, guru tidak sekadar mengajar lalu selesai. Dalam hal merencanakan kegiatan pembelajaran melalui rencana tertulis dalam bentuk RPP, guru telah berpikir untuk melakukan tindakan pembelajaran di kelas. Menuliskan tujuan pembelajaran, skenario, menentukan media pembelajaran dan asesmen adalah sebuah keniscayaan.

Idealnya, menyusun rancangan pembelajaran membutuhkan energi psikis yang ekstra. Agar apa yang akan dilakukan bersama siswa, benar-benar bermakna, menyenangkan, dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa yang berimplikasi terhadap hasil belajarnya.

Setelah persiapan rancangan mengajar disiapkan, guru benar-benar melaksanakannya atau mempraktikkannya dalam kelas pembelajaran. Di sinilah kadang ada kendala. Terutama pada masa pandemi, guru harus mampu menerapkan konsep pembelajaran dengan mode sinkronous dan asinkronous dalam kelas pembelajaran. Apalagi pada saat ini, dilaksanakannya PTM terbatas dan PJJ, menuntut guru dapat memiliki dan menguasai praktik pembelajaran terpadu atau campuran. Dikenal juga dengan blended learning atau hybrid learning.

Di sinilah kunci, bahwa setiap guru perlu terus meningkatkan kompetensi dirinya. Kompetensi pedagogik dan profesional dapat ditingkatkan dengan terus banyak belajar. Baik belajar melalui banyak webinar pendidikan maupun belajar dengan pola belajar mandiri dengan modul dan program yang disediakan oleh pemerintah.

Sumber Gambar: gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id

Nah, para sahabat alepenaku yang hebat, untuk bisa belajar mandiri, dibutuhkan komitmen diri agar bisa senantiasa dapat mengikuti perkembangan. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir, KBM dilaksanakan dengan mode PTM terbatas dan PJJ. Artinya guru perlu terus mencari ilmunya, lalu menerapkannya.

Mengelola Akun SIM PKB Guru

Untuk belajar mandiri, guru harus mampu mengelola dengan baik Akun SIM PKB nya. Sebab, SIM PKB merupakan aplikasi induk dalam mengelola pengembangan profesi secara berkelanjutan. Dalam SIM PKB inilah guru dapat mengetahui tentang gambaran dirinya, kompetensinya serta tugas-tugas yang seharusnya dikerjakan.

Dalam akun SIM PKB guru dapat mengetahui rekam jejak pelatihan yang pernah diikutinya. Tingkat kelulusan UKG. Guru juga bisa mendapatkan informasi tentang profil dirinya. Termasuk keanggotaan dalam KKGnya. 

SIM PKB juga memberikan informasi tentang pelatihan atau program kegiatan pemerintah (Kemdikbud) yang dapat diikuti secara mandiri. Sehingga, guru dapat dengan rajin membuka akun SIM PKBnya sendiri.

Pada laman gtk.belajar.kemdikbud.go.id, para sahabat bisa masuk akun SIM PKB nya. Lalu mencari informasi yang dibutuhkan sesuai dengan profesinya sebagai guru. Di laman tersebut juga, sahabat dapat mengetahui, program apa yang akan diikuti. Ada program PPG, sekolah penggerak, guru penggerak, organisasi penggerak, dan beragam diklat lainnya. 

Bagi sahabat yang hendak mengikuti seleksi ASN PPPK Guru, juga dapat menggunakan SIM PKB dalam belajar seri PPPK 2021. Di sana ada panduan lengkap menelusuri dan mengelola akun SIM PKBnya. Tentu saja, memang salah satu syarat sahabat bisa mendaftar PPPK Guru harus terdaftar di dapodik GTK.

Untuk memeroleh panduan tersebut secara untuh, dapat di unduh pada berkas ini: Panduan Akun SIM PKB dan Seri Belajar CASN PPPK 2021

Panduan Ayo Guru Berbagi

Program ayo berbagi yang digagas Kemdikbud sebagai wahana bagi guru untuk berbagi pada guru lainnya. Hal ini sangat baik dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) guru. Pada Program ini, guru dapat berbagi RPP, Artikel dan Tip. Dengan berbagi ini, maka saling memberikan manfaat bagi pengembangan dunia pendidikan.

Setiap guru yang ingin berbagi, bisa langsung masuk pada laman guruberbagi.kemdikbud.go.id. Selanjutnya dapat melakukan tahapan seabgai berikut:

  1. Pada laman guruberbagi.kemdikbud.go.id segera menekan tombol Daftar. 
  2. Di halaman pendaftaran, sahabat mengisi data sesuai permintaan
  3. Kode aktivasi akan masuk di email yang digunakan untuk registrasi
  4. Aktivasi akun sahabat
  5. Masuk ke Halaman Guru Berbagi
  6. Mulai berbagi: RPP, Artikel dan Tip.

Selengkapnya tentang panduan ayoberbagi dapat dikunjungi di laman https://bantuan.simpkb.id/


Panduan Ayo Belajar bagi CASN

Program ini ditujukan kepada sahabat yang hendak mengikuti seleksi CASN PPPK Guru tahun 2021. Dalam panduan ini dijelaskan secara rinci tentang glosarium atau pengertian terkait dengan guru, prtal dan LMS.

Bagi sahabat yang ingin mengikuti seleksi CASN PPPK Guru tahun 2021, sangat penting untuk mengetahui ini. Belajar dan berusaha akan lebih baik dari pada diam. Sebab, dengan usaha dan doa, insyaAllah akan menggapai kesuksesan.


Nah, sahabat yang luar biasa, untuk mendapatkan secara lengkap Panduan Mengelola Akun SIM PKB, Ayo Berbagi dan Ayo Belajar, silakan segera membaca atau memahaminya dengan untuk di sini: Panduan Lengkap Guru Mengelola Akun SIM PKB, Ayo Guru Belajar dan Berbagi 2021

Sedangkan untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:

Tahapan Penting bagi CASN PPPK 2021

Program Terbaru Kemdikbud bagi CASN PPPK Guru 2021

Info dan Jadwal Terbaru CASN PPPK Guru 2021

Prediksi Soal PPPK Guru dan Cara Jitu Lolos Seleksi

Informasi Pendidikan, Budaya dan Literasi Bagi Guru

Para sahabat yang hebat. Demikian apa yang bisa disampaikan. Semoga menjadi kebaikan dan dapat bermanfaat bagi kita semuanya. Selamat belajar dan berbagi. Salam literasi. Marilah senantiasa menemukan jati diri. Amin.

3 comments for "Cara Mengelola Akun SIM PKB, Ayo Guru Belajar dan Berbagi 2021 (Panduan Lengkap)"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.