Unduh 5+ KTI untuk Naik Pangkat Guru Madrasah 2021 (Word)

Guru sebagai petugas profesi senantiasa untuk terus mengembangkan diri. Sehingga dalam menapaki karirnya, seorang guru dapat mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukannya. Terutama terkait dengan tugas pokoknya, mengajar dan mendidik.

Namun, pada kenyataannya, banyak sekali guru yang telah mengembangkan diri dengan berkarya. Pengembangan profesi secara berkelanjutan telah menjadikan guru mampu “bertahan” dan berkembang pada situasi pandemi ini.

Melalui kegiatan banyak webinar, seminar daring, workshop dan kegiatan serupa, guru dapat meningkatkan kemampuannya. Selanjutnya dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Berarti, pengembangan diri guru memiliki makna penting dalam peningkatan mutu pembelajaran.

Kemudian, selain itu, guru juga bisa menyusun karya inovatif. Tentu pengalaman dan pelatihan menjadi modal utama dalam menyusun karya iniovatif ini. Oleh karena itu, guru harus peka dalam memanfaatkan peluang. Terutama pada materi pelajaran yang memungkinkan dikembangkan dan diwujudkan menjadi karya yang inovatif.

Pada kompetensi professional, guru dituntut juga mampu mengembangkan media pembelajaran, proses pembelajaran, hingga pengembangan professional berkelanjutan lainnya. Perlu diapresiasi juga, bahwa saat ini banyak sekali guru yang telah mampu berkarya. Baik menulis buku, makalah, penelitian tindakan kelas, best practice, jurnal penelitian dan sebagainya.



Para sahabat aleepenaku.com yang hebat, kali ini admin bermaksud ingin berbagi karya tulis ilmiah sehubungan dengan tugas guru di madrasah. Tetapi, KTI ini juga bisa digunakan oleh guru PAI. Bisa juga digunakan oleh para sahabat yang berada dan mengabdi di madrasah atau di mana saja yang memerlukannya.

Pada beberapa KTI ini dibahas tentan Pembelajaran PAI yang inovatif di Madrasah. Sebagai alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang inovatif dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, kemampuan hasil belajar siswa serta peningkatan aktifitas siswa dikelas maka metode muthala’ah dengan tehnik gambar visual menjadi penting untuk diterapkan. 

Model pembelajaran membaca dengan melihat gambar melalui media ini memanfaatkan kecenderungan siswa untuk lebih jelas dan berani dalam membaca materi pembelajaran (asmaul husna) dengan mudah. Mereka akan melihat dengan jelas dan mendengar dengan baik. konsep-konsep yang dianggap sulit dengan cara bertukar pikiran (diskusi) 

Metode Muthala’ah  merupakan  metode dengan membaca setiap materi pembelajaran untuk meningkatkan daya ingat dan pengetahuan  siswa untuk memahami dan menguasai materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia/ media visual, misalnya: penggunaan  OHP, karton bergambar/ tulisan dan lain-lain.  Dengan motode ini siswa dirangsang untuk dapat menyimpan informasi (bahan pelajaran) dengan melihat gambar/ media visual tersebut. 

 

Kemudian ada juga materi KTI berkaitan dengan masalah pernikahan dalam keluarga. Dalam masalah keluarga (perkawinan) ini para fuqaha berpendapat, apabila  akad nikah telah berlangsung secara sah maka konsekwensi yang harus dilaksanakan oleh pasangan suami istri adalah memenuhi hak dan kewajibannya, yakni :

1.      Hak istri yang wajib dipenuhi suaminya

2.      Hak suami yang wajib dipenuhi istrinya

3.      Hak bersama keduanya

Adalah sebuah ketenangan dan ketentraman yang panjang dalam sebuah keluaraga serta kebahagiaan yang langgeng antara suami istri, jika masing-masing  pihak melaksanakan hak dan kewajibannya dengan benar dan penuh tanggung jawab.

Perkawinan atau rumah tangga adalah suatu ikatan lahir bathin antara seorang laki-laki dan seorang perempuan melalui aqad nikah (ijab qabul) dengan tujuan untuk membentuk rumah tangga bahagia dan sejahtera.

Karya tulis ilmiah lainnya membahas tentang peran guru dalam upaya mencerdaskan anak bangsa.  Terutama bagaimana peran dan fungsi guru di Madrasah.

Guru adalah sosok manusia yang sangat berjasa dalam mencerdaskan bangsa. Masyarakat kita menerima dan menempatkan guru dalam posisi terhormat serta mulia, sehingga tidaklah berlebihan bila guru itu sendiri mendapat predikat "pahlawan tanpa tanda jasa". Ungkapan tersebut mengandung pengertian bahwa jasa guru amatlah besar bagi pembentukan kepribadian anak didik yang sangat kompeten bagi pembangunan bangsa dan negara.

Guru sebagai penentu keberhasilan pendidikan harus menyadari profesi dan tugasnya. Tugas utama seorang guru bukan hanya berdiri di depan kelas, namun lebih dari itu dituntut tanggung jawab pembentukan moral dan etika serta kepribadian bagi perkembangan anak didiknya. Maka dalam profesinya guru dituntut untuk selalu mengembangkan kemampuan (kompetensi) profesional dan intelektual untuk mengikuti arus perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat berkomunikasi aktif dengan siswanya. Hingga pada akhirnya keberhasilan pendidikan secara profesional terletak di tangan guru.

Nah, kesemua materi itu telah dikupas tuntas dalam KTI yang akan dibagikan. Ini adalah beberapa contoh KTI yang bisa dipelajari. Para guru Madrasah dapat menjadikannya sebagai bandingan, salah satu referensi dan bahan bacaan dalam menulis KTI. Terutama KTI yang dapat diusulkan angka kreditnya.

Mengapa?

Sebab, KTI yang diakui angka kreditnya dapat berpengaruh pada peningkatan atau kenaikan pangkat guru. Kenaikan pangkat guru merupakan penghargaan pemerintah terhadap kesejahteraan dan karir guru. Maka, setiap guru membutuhkan kesejahteraan tersebut.

Oleh karena itu, jika pada sahabat pena guru Madrasah ini membaca dan memiliki KTI tersebut, dapat diunduh di bawah ini.

KTI 1 Guru Madrasah Hebat >>>> Unduh File

KTI 2 Guru Madrasah Hebat >>>> Unduh File

KTI 3 Guru Madrasah Hebat >>>> Unduh File

KTI 4 Guru Madrasah Hebat >>>> Unduh File

KTI 5 Guru Madrasah Hebat >>>> Unduh File

KTI 6 Guru Madrasah Hebat >>>> Unduh File

 

Demikian, apa yang dapat aleepenaku sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dalam upaya peningkatan mutu guru dan Pendidikan. Admin berusaha terus berbagi hal yang mudah serta bermanfaat untuk pendidikan kita. InsyaAllah.

Bagi yang ingin memeroleh informasi terkait buku, modul dan RPP, dapat dibaca juga:

Modul PAI Madrasah/ Sekolah Kelas 1,2,3,4,5,6

RPP Daring SD/ MI Kelas 4 

Jurnal Pembelajaran Harian Guru Madrasah/Sekolah

Jurnal Pembelajaran Harian PJOK Madrasah/Sekolah

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Untuk selanjutnya, kami mohon dan saran agar lebih baik lagi. Salam literasi.

5 comments for "Unduh 5+ KTI untuk Naik Pangkat Guru Madrasah 2021 (Word)"

  1. Trims Pak Ale...sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bu. Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  2. Maasyaa Allah. Luar biasa ilmunya Pak Ali. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  3. kok ngga bisa di download

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.