Cek Status SIM PKB: Ini Capaian Pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Tahun 2021

Aleepenaku.com-sahabat guru hebat di manapun berada. Apakah sudah mendaftar sebagai calon Guru Penggerak Episode 5 Tahun 2021? Jika belum, masih ada waktu hinggal tanggal 29 Oktober 2021. Guru Penggerak merupakan guru yang diharapkan dapat menciptakan pemimpin dalam pembelajaran. Sehingga KBM itu berpusat kepada siswa.

SS: sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

Saat ini, dalam proses pendaftaran sebagai calon guru penggerak, para sahabat sangat penting memahami arah pencapaian yang harus dikuasai oleh guru penggerak. Yakni, memuat butir-butir sebagai berikut:

Guru penggerak wajib memahami folosofi pendidikan yang dilaksanakan oleh Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Oleh karena itu, setiap guru penggerak harus dapat merefleksi diri secara kritis dalam memahami nilai pendidikan lokal dan nasional.

Guru penggerak mampu menjalankan atau mengembangkan strategi pemimpin pembelajaran. Sekolah adalah centre pengembangan karakter.

Guru penggerak juga harus mampu mengembangkan serta mengomunikasikan visi sekolah yang student oriented.

Guru Pengerak merupakan calon guru penggerak yang telah dinyatakan lulus dalam proses pendidikan Guru Penggerak. Program tersebut merupakan program pendidikan leadership bagi guru. Yaitu dalam rangka menjadi pemimpin pembelajaran.  

Dalam pelaksanaannya, kegiatan program pendidikan guru penggerak meliputi kegiatan: Pelatihan Daring, Lokakarya, Konferensi dan Pendampingan. Sebagai catatan untuk diperhatikan bahwa calon guru penggerak selama mengikuti program pendidikan Guru Penggerak nanti, harus tetap menjalankan tugas utamanya dalam mengajar sebagai guru.

Setelah dinyatakan lulus sebagai Guru Pengerak, maka amanat yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan adalah sebagai berikut.

  1. Guru penggerak (GP) agar dapat mengembangkan diri secara reflektif. Kemudian, segera berbagi dan berkolaborasi dengan guru atau teman sejawat lainnya.
  2. Guru Penggerak harus matang secara emosional, moral dan spiritual.  Sikap dan perilakunya sesuai dengan kode etik.
  3. Guru penggerak harus segera merencanakan, melaksanakan, dan melakukan refleksi serta melakukan evaluasi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Perlu juga agar melibatkan orang tua.
  4. Guru Penggerak harus melakukan kolaborasi dengan masyarakat atau orang tua siswa. Guru pengerak juga berkolaborasi dengan komunitas dalam rangka mengembangkan sekolah serta dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan siswa.
  5. Guru pengerak juga harus mampu melakukan pengembangan dan memimpin dalam rangka mewujudkan visi sekolah. 
Maka, strategi yang perlu dipahami dan dipraktikkan, meliputi:
  1. Siap dalam mengerakkan komunitas belajar
  2. Menjadi Pengajar Praktik
  3. Mampu mendorong peningkatan kepemimpinan siswa
  4. Siap membuka ruang diskusi dan kolaborasi
  5. Menjadi pemimpin pembelajaran

Bagi yang belum mendaftar Calon Guru Penggerak Episode 5, segeralah menuju laman resmi kemdikbud: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/
Segeralah mendaftar sesuai dengan persayaratnnya, yaitu:
  1. Guru PNS/ Non PNS sekolah negeri atau swasta.
  2. Tedaftar di Dapodik.
  3. Minimal berijazah S1/D4
  4. Pengalaman mengajar min. 5 tahun.
  5. Mempunyai waktu pensiun tidak kurang dari 10 tahun.
Sedangkan Capaian Calon Guru Penggerak adalah sebagai berikut.

Calon Guru Penggerak harus merefleksikan perannya sebagai Guru Penggerak dan strateginya yang telah dijalankan sebagai GP, dengan capaian:
Calon Guru Penggerak harus berbagi praktik dengan teman guru/ teman sejawatnya.
Calon Guru Penggerak membuat planning tindak lanjut dan kolaborasi dengan teman sejawat.
CGP menyusun rencana tindak lanjut den berkolaborasi dengan teman guru sejawat.

Selengkapnya tentang Capaian Pembelajaran Calon Guru Penggerak 2021, silakan detail program dan kunjungi laman resmi: sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/detil-program/

Informasi penting lainnya, dapat dibaca juga:


Demikian informasi yang dapat disajikan. Semoga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi kita semua. Salam Literasi.

2 comments for "Cek Status SIM PKB: Ini Capaian Pembelajaran Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Tahun 2021"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.