Form Analisis PH, PTS Tematik dan Matematika PJJ Kelas 5 SD/ MI Semester 1 Tahun 2021

Aleepenaku.com- Kegiatan Pembelajaran Semester 1dan 2 menjadi aktivitas rutin di satuan pendidikan. Artinya, kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) telah berlangsung sekitar 1 atau 2 tema, ataupun yang melakukan PTM. Pada bidang studi matematika SD Kelas 5 juga sudah berlangsung 2-3 sub bab. Oleh karena itu, guru supaya segera mempersiapkan analisis hasil penilaian harian (PH) siswa.

Bagaimanakah cara menganalisis hasil PH dengan mudah? Bukankah terdiri dari beberapa muatan pelajaran?

Secara tematik, di SD/ MI guru mengajar berdasarkan rancangan pembelajaran yang dibuat. Namun demikian, setiap muatan pelajaran perlu dinilai dan analisis. Meskipun mengajar secara tematik dan terintegrasi antarmuatan pelajaran, setiap siswa perlu dianalisis kemampuannya setiap muatan mata pelajarannya.

Seperti diketahui, bahwa muatan pelajaran tematik di kelas tinggi sekolah dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) terdiri dari muatan pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS, dan SBdP. Sementara Mata Pelajaran Matematika, berdiri sendiri.

Dalam setiap pembelajaran (PB), tidak semua muatan pelajaran diajarkan. Tetapi sesuai dengan SK/ KD yang berhubungan dalam satu pembelajaran.SK/ KD telah ditentukan dalam silabus pembelajaran. Guru menerjemahkannya ke dalam RPP. Maka, perlu diperhatikan setiap muatan pelajaran, pada setiap PB.

Tujuan pembelajaran yagn ingin dicapai harus relevan dengan indikator pembelajaran setiap KD. Guru bisa menambahkan tujuan pembelajaran sesuai dengan kondisi dan situasi. Pengembangan tujuan pembelajaran ini, sesuai dengan kebutuhan siswa. Sehingga apa yang dibutuhkan siswa akan tercapai. Misalnya, pengenalan adat yang ada di daerah tempat tinggal siswa, yang mungkin di indikator KD belum disebutkan. 

Kemudian, oleh karena setiap PB terdiri dari 2 atau lebih muatan pelajaran, maka dalam penilaian harian, juga disebutkan KD pada soal tertentu. Maksudnya, pada contoh KD 3.1 muatan pelajaran PPKn akan dibuat soal sejumlah indikator atau tujuan pembelajaran. Maka, penilaian harian untuk muatan pelajaran PPKn, dinilai berdasarkan jumlah soal PPKn dan sesuai dengan pedoman penskorannya. Sehingga, analisis yang dilakukan setiap butir soal juga sesuai dengan pedoman penskoran yang teah ditetapkan.

Dalam setiap muatan pelajaran, jumlah soal boleh sama dengan muatan pelajaran lainnya. Tetapi, juga bisa berbeda. Namun, hal penting lainnya adalah soal-soal yang disajikan supaya bervariasi. Misalnya, terdiri dari 10 soal. Bisa diformula 5 soal pilihan ganda, 3 soal jawaban singkat, dan 2 soal uraian. Proporsionalitas soal, silakan guru dapat menentukan sendiri.

Jika sudah diketahui bentuk dan jumlah soal, barulah dibuat format analisis penilaian harian, maupun PTS dan PAS. Bukankah analisis itu hanya PH? Baiklah, jika kita ingin mengetahui keterserapan materi di PH, maka analisis PH itu penting aadanya. Tetapi, jika ingin mengetahui hasil belajar PTS dan PAS, maka juga bisa dianalisis dengan format yang sama dan penskroran yang berbeda sesuai dengan jumlah dan bentuk soal.

UNDUH Aplikasi RAPORT PTS 1 dan 2

Sebenarnya, format analisis PH, PTS dan PAS yang akan dibagikan dapat digunakan dari kelas 1 hingga kelas 6 SD/ MI. Sebab, form ini dibuat umum dan bisa diganti dengan KD dan jumlah soal yang berbeda. Guru tinggal mengubahnya saja. Sementara itu, untuk jumlah siswa disediakan sekitar 30 baris.

Format analisis PH, PTS dan PAS ini dibuat secara sederhana. Sebab, memungkinkan guru yang menggunakannya dapat melakukan pengembangan dan perubahan sesuai kebutuhan di kelasnya.

Adapun contoh analisis penilaian harian, penilaian tengah semester dan penialain akhir semester adalah sebagai berikut.

Analisis Penilaian Harian Tematik >>> Unduh Excel

Analisis Penilaian Harian Matematika >>> Unduh Excel

Analisis Penilaian Tengah Semester Tematik >>> Unduh Excel

Analisis Penilaian Tengah Semester Matematika >>> Unduh Excel

Analisis Penilaian Akhir Semester Tematik >>> Unduh Excel

Analisis Penilaian Akhir Semester Matematika >>> Unduh Excel

Informasi penting lainnya, bisa dibaca juga:

Rangkuman Materi Tematik Semester 1

Rangkuman Materi Tematik Semester 2

Ringkasan Materi PJOK SD/ MI

Form Analisis PH, PTS, PAS

Modul Pembelajaran SD, SMP, SMA

Persiapan ANBK SD, SMP, SMA

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru SD/MI

Informasi Pendidikan dan Literasi 2021

Buku Matematika Elektronik Kelas 5

Modul  SD/ MI

RPP Daring SD/ MI Tahun 2021 

Jurnal Pembelajaran SD/ MI

Demikianlah yang dapat admin aleepenaku.com bagikan. Semoga bermanfaat bagi guru dan pendidikan kita. Salam literasi.

5 comments for "Form Analisis PH, PTS Tematik dan Matematika PJJ Kelas 5 SD/ MI Semester 1 Tahun 2021"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.