Jadwal Mengikuti Simulasi ANBK Tahun 2021 Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK

 Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK akan segera dilaksanakan untuk jenjang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah dan SMK sederajat. Sekitar bulan September 2021. Informasi penting tentang ANBK 2021 dapat dipelajari di anbk.kemdikbud.go.id

Akan tetapi, sebelumnya akan diadakan simulasi dengan waktu yang telah ditentukan. Berdasarkan Surat Badan Balitbang dan Perbukuan Puemenjar Kemdikbud No. 1154/H3/PI.00/2021 tentang pelaksanaan Simulai ANKB tahun 2021, Simulasi ANBK akan dilaksanakan pada rentang waktu sebagai berikut.

Periode I akan dilaksanakan pada tanggal 23 s.d 26 Agustus 2021
Periode II akan dilksanakan tanggal 30 Agustus s.d 2 September 2021
Gambar: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/

Diharapkan pihak terkait dalam surat tersebut agar dapat memastikan kesiapan infrastruktur satuan pendidikan atau sekolah dalam melaksanakan  ANBK 2021. Oleh karena itu,sangat penting untuk dilakukan uji coba ANBK secara nasional agar memiliki kesiapan yang lebih matang. Sehingga nanti, pada saat pelaksanaan ANBK tahun ajaran 2021-2022, benar-benar telah siap dan bisa berlajan lancar.

Sekali lagi disampaikan bahwa simulasi ini dilakukan oleh satuan pendidikan yang akan mengikuti ANBK 2021-2022, yakni, satuan pendidikan jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK dan sederajat. Dalam pelaksanaan dengan rentang waktu beberapa hari, maka setiap satuan pendidikan hanya memilih satu hari saja di antara waktu yang disediakan. Simulasi diikuti oleh proktor dan teknisi serta siswa (tidak wajib).

Selengkapnya tentang Simulasi ANBK 2021 ini dapat diunduh pada Dokumen Surat Pusmenjar tentang Simulasi ANBK 2021.


Informasi penting lannya dapat dibaca juga:

Tugas Guru dan Sekolah pada AKM 2021

Generate dan Aplikasi KSN 2021

Pedoman Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2021

Sasaran Penerima Kuota  Data dan UKT Bantuan Pemerintah


Demikian informasi yang dapat diberikan, terima kasih atas atensinya. aleepenaku.com mengucapkan selamat beraktivitas. Semoga bermanfaat dan sukses.

4 comments for "Jadwal Mengikuti Simulasi ANBK Tahun 2021 Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK"

  1. Jadi tau ANBK terimakasih pak ilmunya

    ReplyDelete
  2. Beda jadwal dengan kemenag pak Alee...kemenag masih dimulai 30, 31 dan 1september....

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.