Hal Terbaik Hari Ini: Peserta Seleksi PPPK Guru Bisa Bernapas Lega, Penurunan Nilai Ambang Batas

Sahabat aleepenaku yang luar biasa. Marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang maha Esa. Sebab, hingga detik ini, kita masih diberi anuderah luar biasa, berupa sehat, hidayah, kesempatan dan kemampuan melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita.

Apakah sudah membaca kabar hari ini, para sahabat? Alhamdulillah jika terus menyimak kabar terbaru tentang proses rekrutmen PPPK Guru formasi tahun 2021. Sebelumnya memang dikabarkan bahwa pengumuman hasil tes seleksi kompetensi (SK) 1 ditunda. Sebab, Mendukbudristek mengakomudir masukan dan saran dalam rapat bersama Komisi X DPR RI, bahwa perlu dikaji ulang tentang hal prinsip yang berhubungan dengan pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK Guru tahun 2021. Kesimpulannya. pengumuman kelulusan seleksi kompetensi 1 itu ditunda. 

SS: gurupppk.kemdikbud.go.id

Tetapi, juga diharapkan betul bahwa peserta yang sudah lolos sebanyak 100 ribu peserta, harus dikunci. Artinya tetap lulus tidak ada perubahan dan segera diangkat. Jangan sampai malah tergeser dari para sahabat yang belum lolos tapi mendapat nilai tambahan afirmasi. Jika hal itu terjadi, bisa tambah menjadi masalah baru.

Kemarin lalu, ditjen GTK (akun instagram ditjen GTK) menuliskan bahwa, penundaan pengumuman hasil seleksi kompetensi (SK) 1 CASN PPPK Guru tahap 1 merupakan kesepakatan bersama. Yaitu antara kemdikbud dan Komisi X DPR RI yang dapat memberikan kesempatan waktu untuk melakukan koordinasi dengan Panselnas. Yakni, dalam hal bisa memperjuangakan peserta seleksi ASN PPPK Guru tahun 2021. Maka, dapat dipastikan bahwa pemerintah tetap adil dan transparan dalam hal ini serta akan memenuhi hak-hak peserta seleksi kompetensi yang sudah lolos. 

Nah, hari ini ada kabar terbaik. Aleepenaku telah membaca berita online di edukasi.sindonews.com bahwa Kepala BKN mengakui turunkan passing grade. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir sahabat guru kategori II dengan kriteria sesuai ketentuan. Sahabat guru kategori II adalah para guru yang telah mengabdi sebelum tahun 2005, namun belum diangkat menjadi ASN hingga saat ini. Oleh karena itu, kita semua insyaAllah mendukung keinginan para peserta untuk bisa lulus. Lulus semua, jika bisa. Langkah panselnas yang mengakomudir hal tersebut adalah sesuatu yang patut diapresiasi.

Harapan kita juga bahwa, pengumuman setelah penambahan afirmasi untuk sahabat yang berhak, agar tidak terlalu lama. Sebab, para sahabat juga telah berjuang dengan proses yang cukup panjang dan cukup melelahkan juga. Banyak hal yang telah dilakukan untuk menggapai harapannya.

Namun, demikian, apabila pemerintah atau panitia seleksi nasional PPPK Guru tahun 2021 ini menurunkan passing grade dan atau menambah nilai afirmasi, maka juga harus mengubah atau menerbitkan aturan kembali yang mengatur hal tersebut. Tentu agar ada pijakan dan kekuatan hukumnya. 

Nah, sebagaimana yang diberitakan di edukasi.sindonews.com (1/10/021) bahwa pengumuman tersebut juga menunggu Kemen-PAN-RB dahulu. Akibat ditundanya pengumuman karena beberapa hal akan diakomudir, maka juga harus menunggu terbitnya KemenPAN-RB. Terutama terkait dengan perubahan passing grade atau nilai ambang batas tersebut. Semoga nilai ambang batas, benar-benar segera diturunkan. amin.

Jangan lupa, para sahabat untuk senantiasa mengunjungi instagram ditjen.gtk.kemdikbud dan laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id. Marilah kita tunggu keputusan resminya. Semoga sahabat semuanya lulus menjadi ASN PPPK Guru.

Admin aleepenaku menyarankan juga untuk membaca informasi penting lainnya, yaitu:

Upaya Memperjuangkan Peserta PPPK Guru

Pengumuman yang Ditunda

Siapkan untuk TSK Berikutnya

Info PPPK 2021

Afirmasi dan Sistem Ranking PPPK Guru 2021

Peluang Peserta TSK jika NAB tetap

Solusi Pasca Tes Kompetensi 1

Informasi CASN 2021

Salam bahagia dan sehat. Semoga apa yang dicita-citakan ktia semua, akan dikabulkan-Nya. Amin. Semoga bermanfaat. 

2 comments for "Hal Terbaik Hari Ini: Peserta Seleksi PPPK Guru Bisa Bernapas Lega, Penurunan Nilai Ambang Batas"

  1. Terima kasih, Infoemasi berharga ini, Pak Ali. Saya sudah share kepada sahabat. Terutama yang mengikuti kompetisi tersebut,.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.