Kesulitan dan Solusinya dalam Mendaftar Guru Penggerak Angkatan 5 Tahun 2021

Aleepenaku.com-sahabat calon guru penggerak yang hebat semuanya. Solusi Kesulitan Menjawab Esai (Uraian) Pendaftar Guru Penggerak Angkatan 5 Tahun 2021 merupakan jalan keluar bagi sahabat yang mengikuti seleksi guru penggerak angkatan 5 ini. Perlu diketahui bahwa Pendaftara GP Angkatan 5 dimulai pada  tanggal 4 Oktober 2021 hingga tanggal 29 Oktober 2021. Sehingga, setelah tanggal 29 Oktober 2021, tidak bisa lagi mendaftar Guru Penggerak pada angkatan 5 ini. Tunggulah kesempatan pada angkatan 6, jika masih ada peluang yang sama.

Gambar SS: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/faq/

Bagi yang belum mendaftar, segeralah mendaftar dengan Cara Mendaftar Guru Penggerak Angk. 5 yang relatif tepat. Para sahabat juga bisa menuju laman resmi kemdikbud:  https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

Sebagai bahan belajar, maka para sahabat juga bisa dan mengunduh Modul Calon Guru Penggerak (CGP) Kemdikbud Tahun 2021, Silakan SIMAK MODUL DI SINI.

Nah, bagi yang akan mendaftar, silakan dipahami langkah-langkah dan prosedurnya dengan menonton  tutorial video berikut. 


Nah, menurut pengalaman para sahabat yang telah mendaftar pada angkatan sebelumnya, beberapa kesulitan yang paling banyak dialami adalah sebagai berikut.

  1. Memahami soal uraian yang terkesan menumpuk dan memiliki multitafsir.
  2. Menentukan jawaban uraian atau esai dengan memenuhi ketentuan jumlah karakter.
  3. Beberapa pertanyaan, sepertinya memiliki maksud yang sama.
  4. Peserta belum bisa melihat peroleh skor atas jawaban yang diberikan.
  5. Jika listrik padam, perlu log in lagi dan hasilnya hilang sebelum disimpan.
  6. Menjawab esai secara berurutan dari nomor awal hingga akhir.
Sehingga, solusinya agar lebih lancar adalah sebagai berikut.
  1. Pada soal uraian yang terkesan menumpuk dan memiliki multitafsir, lakukan pemahaman pada setiap anak kalimat soal. Pahami setiap jeda koma. Sebab, mungkin saja pertanyaan tersebut memiliki maksud yang relevan. Artinya, jawab saja yang sesuai dengan pengalaman pribadi pendaftar. Janganlah menulis jawaban yang mengada-ada.
  2. Menentukan jawaban uraian atau esai dengan memenuhi ketentuan jumlah karakter adalah keharusan. Jika ada permintaan 1000-5000 karakter, berarti jawaban minimal adalh 1000 karakter. Jika menjawab tidak sesuai ketentuan, maka tidak bisa diinput. Sehingga proses akan mengalami kendala. Pastikan jawaban sesuai dengan permintaan. Termasuk tidak menjawab dengan jumlah karakter yang melebihi ketentuan.
  3. Beberapa pertanyaan, sepertinya memiliki maksud yang sama. Dalam satu soal, atau anak soal dari soal utama, kadang memiliki maksud yang sama. Caranya, pahami kata kunci pada kata tanya setiap soal. Maka, berdasarkan hal itu kita bisa menentukan jawaban relevan dengan kata tanya yang dimunculkan.
  4. Peserta belum bisa melihat peroleh skor atas jawaban yang diberikan. Untuk skor, memanglah belum bisa diketahu secara langsung. Tetapi, Kemdikbud memiliki sistem yang terbaik. Yakinlah. Hal terpenting, menjawablah sesuai realitas dan sebaik-baiknya.
  5. Jika listrik padam, perlu log in lagi dan hasilnya hilang sebelum disimpan. Untuk ini, setiap jawaban harus disalin ke word lain. Lebih baik lagi, jawaban esai terlebih dahulu ditulis di word, barulah pindah ke sistem online.
  6. Menjawab esai secara berurutan dari nomor awal hingga akhir. Hirarkinya, kita harus menjawab secara sistemik. Menjawab secara rinci dan berurutan. Lakukan sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang berlaku itu.
Dengan demikian, insyaAllah kita bisa mendaftar dan memberikan yang terbaik dengan jawaban yang jujur sesuai dengan kondisi realitas kita. Persoalan hasilnya, nanti Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang menentukan. Semoga berhasil.

Informasi yang penting banyak dibacajuga:








Demikian informasi yang dapat aleepenaku haturkan. Semoga bermanfaat

6 comments for "Kesulitan dan Solusinya dalam Mendaftar Guru Penggerak Angkatan 5 Tahun 2021"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.