Belajar dengan Pertemuan Tatap Muka Terbatas (Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Paudikdasmen Masa Pandemi)Tahun 2021

Sebenarnya, pemerintah telah menyiapkan tentang rencana kegiatan pembelajaran dengan mode tatap muka terbatas pada tahun ajaran 2021 ini. Akan tetapi, pandemi belum berakhir. Apalagi adanya varian baru yang muncul menyebabkan situasi belum sepenuhnya kondusif. Sehingga diberlakukan PPKM.

Maka, pada tahun ajaran baru ini, tetap dilaksanakan dengan mode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun, terdapat penurunan motivasi siswa ketika belajar di masa pandemi ini. Dalam pengantar pedoman penyelenggaraan pembelajaran masa pandemi, mengutip hasil penelitian Cahyani, Listiana dan Larasati (2020) disampaikan bahwa motivasi siswa dalam belajar di masa pandemi cenderung menurun.

 


Kemudian, Kemenristek mengeluarkan kebijakan berupa Surat Edaran No. 15 Tahun 2020. Kebijakan ini merupakan panduan dalam penyelenggaraan BDR dalam masa Darurat Penyeberan Covid-19. Dalam kebijakan tersebut terdapat pengertian bahwa PJJ dapat dilakukan dengan daring atau luring dengan berpedoman pada BDR. Silakan bisa melanjutkan mendalami informasi ke laman https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/.

Apa tujuan BDR? Tentu saja agar terus bisa belajar, tidak ada kata berhenti belajar sebagai kewajiban guru memastikan pemenuhan hak siswa untuk mendapatkan layanan belajar atau pedidikan selama pandemi berlangsung.

Selian itu, dengan adanya BDR, maka warda satuan pendidikan juga terlindungi serta mencegah penularan virus korona ini. Pada kegiatan BDR, dimugkinkan lokasi belajar dan mengajar akan terpisah. Tetapi interaksi antara siswa dan guru tetap harus terjalin. Sehingga, untuk mengatasi ini, memerlukan sistem yang dapat memungkinkan terjadi interaksi langsung, meskipun secara maya.

Akhirnya, pilihan virtual meeting, seperti zoom, google meet, webex dan lainnya menjadi sebuah keniscayaan. Tentu saja disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah. Termasuk kondisi siswa, orang tua, sinyal, guru dan lingkungan lainnya. Intinya, semua komponen harus saling mendukung dalam mewujudkan pembelajaran ini.

Pemerintah, terus mengupayakan strategi, model dan atau cara yang paling efektif dan efisien yang dapat diterapkan oleh guru untuk melayani pembelajaran bagi siswa. Berbagai platform dan aplikasi virtual maupun asinkronous disediakan. Agar siswa dapat belajar dengan nyaman. Pembelajaran di TVRI, Radio, Ruang belajar, merupakan contoh dari cara dan mode layanan pendidikan bagi siswa.

Untuk ini, kita perlu bersyukur atas perhatian pemerintah. Kita perlu belajar untuk menerapkan platform yang paling sesuai dengan kondisi yang dialami.

Latar belalakang

Dasar hukum

Tujuan

Sasaran

Manfaat

Ruang lingkup

Sosialisasi

Ukuran keberhasilan

Ketentuan pokok penyelenggaraan

Tugas dan tanggun jawab satuan pendidikan

Ketentuan penyelenggaraan tatap muka terbatas

Sumber pendaaan dan seterusnya.

Kemudian, dalam pedoman penyelenggaraan pembelajaran Paudikdasmen dijelaskan tentang mekanisme, prosedur dan implementasi pembelajaran di masa pandemi.

Kemudian juga dijelaskan tentang strategi, pengelolaan rencana pelaksanaan pembelajaran kelas atau mata pelajaran, jadwal pembelajaran dan sebagainya.

Selengkapnya tentang pedoman, aturan, konsep, pengertian, glosarium, mind map, road map, prosedur, pijakan dan model implementasinya, dapat dibaca di Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran Paudikdasmen Masa Pandemi 2021.

Untuk memeroleh informasi tentang modul dan perangkat pembelajaran masa pandemi, bisa baca juga:

Modul Pembelajaran Jarak Jauh SMP Kelas 7,8,9

Jurnal Pembelajaran Guru Masa PJJ SD Lengkap

Soal-Soal PH, PTS, PAS SD Lengkap

Mengenal Platform Google Workspace fo Education Masa Pandemi

Demikian, sahabat pena yang luar biasa. Semoga saja pendemi segera selesai. Dan pembelajaran menjadi normal kembali. Semoga bermanfaat dan terima kasih masih setia bersama aleepenaku.com dalam meningkatkan literasi bangsa. Salam berbahagia.

4 comments for "Belajar dengan Pertemuan Tatap Muka Terbatas (Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Paudikdasmen Masa Pandemi)Tahun 2021"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.