Twibbonize PNG Megah Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021

Aleepenaku.com-Sahabat guru Indonesia yang hebat. Alhamdulillah, kita pada saat ini masih tetap dalam lindungan-Nya. Kesehatan dan kesempatan waktu untuk terus belajar dan berbagi merupakan anugerah Allah SWT yang luar biasa. Terutama hidayah dan petunjuk-Nya, sehingga kita tetap dalam RidaNya.

Bangsa Indonesia, sebagai bangsa yang besar merupakan bangsa yang kaya dengan beragam kekayaan. Baik kekayaan alam, sumber daya manusia, budaya, adat istiadat, dan lain sebagainya. Bangsa kita juga berdiri tegak kokoh dan kuat, juga dengan pengalaman sejarah yang wajib diketahui. Sehingga, tentang sejarah yang ada dalam negara kita, terus diajarkan di bangku sekolah.

Sejak kita di bangku sekolah, hingga kini siswa-siswa kita belajar sejarah, maka rasa syukur ini terus perlu ditingkatkan. Sebab, kita hidup di negara Indonesia dalam kedaaan aman, tentram, dan damai. Sebagai guru atau tenaga pendidik, kita seringkali menyampaikan sebagian sejarah tentang suatu peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Bahkan, sejarah pada masa kerajaan yang ada di bumi Nusantara, sejarah masa penjajahan Belanda dan Detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia serta sejarah setelah masa kemerdekaan RI.

Sejarah memiliki nilai yang tidak terhingga besarnya untuk kita semua. Dengan memahami sejarah, kita setidaknya cukup memahami apa yang terjadi sejak masa lampau hingga kini benar-benar merasakan hidup nyaman.

Sejarah adalah bukti bahwa bangsa kita adalah bangsa yang besar, kaya, luas, pernah berjaya di masa kerajaan dan memiliki banyak destinasi dan sumber daya yang mampu memantik pihak lain ingin menguasai bangsa kita. Sehingga, terjadilah masa penjajahan yang menyakitkan dan rakyat Indoneisa sangat menderita.

Namun, Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memberikan pertolongan dan kuasa-Nya sehingga dengan masa yang panjang, akhirnya bangsa kita mulai bangkit. Ketika berada pada kondisi terbatas karena dalam kuasa penjajah, maka pada tahun 1928 menjadi sejarah yang sangat berharga dan sangat perlu terus diingat, perjuangan, isi dan maknanya.

Sumpah Pemuda sebagai suatu tonggak yang utama ketika masa pergerakan kemerdekaan RI merupakan kristalisasi semangat dalam menegaskan semangat cita-cita berdirinya bangsa Indonesia ini.

Sumpah Pemuda lahir sebagai keputusan Kongres Pemuda kedua. Kongres ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 bertempat di Batavia (Jakarta: sekarang). Kemudian "Sumpah Pemuda" merupakan istilah yang disebutkan setelah pelaksanaan kongres tersebut. 

Apa saja isi Sumpah Pemuda itu?

Dalam ejaan Van Ophuijsen tertulis sebagai berikut (wikipedia.com).

Pertama :

"Kami poetra dan poetri Indonesia,, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia"

Kedoea :

"Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia"

Ketiga :

"Kami  poetra dan poetri Indonesia  mendjoendjoeng bahasa persatoean,, bahasa Indonesia "

Nah, dalam ejaan bahasa Indonesia seprti yang kita gunakan saat ini, maka Isi Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut.

Pertama :

"Kami Putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia"

Kedua :

"Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu,, bangsa Indonesia "

Ketiga :

"Kami Putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan,, bahasa Indonesia "

Apa Makna Sumpah Pemuda itu?

Dalam isi sumpah pemuda tersebut dapat dipahami maknanya bahwa semangat berbangsa dengan tumpah darah yang satu menjadi satu tekad untuk diwujudkan sebagai milik bangsa Indonesia. Bangsa kita juga hanya ada satu dengan semangat kebangsaan yang tinggi, yaitu bangsa Indonesia serta menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa, yaitu bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, dalam isi sumpah pemuda mengandung jiwa dan semangat perjuangan yang tinggi yang sangat perlu diapresiasi. Bahkan, jiwa dan semangat juang pada masa itu, seharusnya tetap melekat pada jiwa kita hari ini, terutama kepada generasi milineal kita. Siswa kita juga sangat penting untuk dikenalkan dengan Sumpah Pemuda, isi dan maknanya.

Nah, pada momentum Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 ini, masih dalam situasi pandemi, meskipun sudah mereda. Tentu saja semoga segera lenyap dari negara kita, juga dari bumi ini.

Dalam rangka menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021, admin aleepenaku berupaya berbagi twibbonize untuk instrumen sosialisasi hari bersejarah ini. Twibbon yang telah dibuat oleh sahabat sangat gagah. Siswa dan kita dapat memasangnya dengan mudah. 

Cara memasang foto siswa atau kita ke dalam bingkai foto twibbon adalah sebagai berikut.

1. Perhatikan bingkai twibbon yang menarik di halaman ini.

2. Klik "Pasang Foto Di Sini" yang berwarna biru.

3. Pilih foto yang menarik.

4. Atur tata letak foto pada bingkainya.

5. Unduh Foto.

6. Selesai.

Baiklah para sahabat, silakan siapkan foto kerennya, lalu dengan memilih bingkai yang dikehendaki di bawah ini.


Bagi sahabat yang ingin menggunakan twibbon gagah di atas, silakan Pasang Foto Di Sini.



Jika sahabat yang ingin menggunakan twibbon gagah 1, silakan Pasang Foto Di Sini.



Jika sahabat yang ingin menggunakan twibbon gagah 2, silakan Pasang Foto Di Sini.


Jika sahabat yang ingin menggunakan twibbon gagah 3, silakan Pasang Foto Di Sini.

Untuk mendapatkan twibbon lainnya yang gagah bersemangat dapat download di twibbonize.com.



Kemudian terkait dengan twibbon Hari Sumpah Pemuda lainnya, bisa link dibawah ini di kopi dan pastekan di laman internet. 

https://twb.nz/hari1sp2021

https://twb.nz/hari2sp2021

https://twb.nz/hari3sp2021

https://twb.nz/hari4sp2021

https://twb.nz/hari5sp2021

https://twb.nz/hari6sp2021

https://twb.nz/hari7sp2021

Rekomendasi artikel yang sering dibaca juga, disarankan:

2 comments for "Twibbonize PNG Megah Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021"

  1. Terima kasih ustadz atas pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ustadz atas kunjungannya. Bahagia sekali atas rawuh dipun ustadz

      Delete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.